HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN IBU DENGAN LAMA KALA I DI PMB WIRAHAYU PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020

siti maisyaroh

Sari


ABSTRAK: HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN IBU DENGAN LAMA KALA I DI PMB WIRAHAYU PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020.

 

Latar belakang : Menurut Sukarni, K (2013), gejala klinik lama persalinan terjadi pada ibu dan juga pada janin, ibu yang mengalami kecemasan dalam menghadapi persalinan akan menyebabkan gelisah, letih, suhu badan meningkat, berkeringat, nadi cepat, pernapasan cepat dan meteorismus, sedangkan pada janin akan berakibat denyut jantung janin cepat atau hebat atau tidak teratur bahkan negatif, air ketuban terdapat mekonium, kental kehijau-hijauan, berbau. Selama fase kala 1 aktif ibu bersalin mengalami nyeri (skala 6-9), gelisah, cemas, dan tidak dapat beristirahat dengan tenang. Kondisi ini akan mengakibatkan detak jantung meningkat, tekanan darah dan temperatur juga meningkat.

Tujuan : diketahui Hubungan Kecemasan Ibu Dengan Lama Kala I Di PMB Wirahayu Panjang Bandar Lampung Tahun 2020. 

Metode : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan Desain penelitian ini menggunakan analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin Di PMB Wirahayu Panjang Bandar Lampung dengan rata-rata kunjungan/bulan berjumlah 36 responden dengan jumlah Sampel berjumlah 36 responden. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling.

Hasil : Berdasarkan analisis univariat, diketahui bahwa Di PMB Wirahayu Panjang Bandar Lampung Tahun 2020, responden yang mengalami kecemasan dan tidak berjumlah sama rata yaitu 18 responden (50,0%) dan rata-rata responden mengalami lama kala I yang normal berjumlah 23 responden (63,9%). Berdasarkan uji statistik, diketahui tidak ada hubungan kecemasan dengan lama kala I Di PMB Wirahayu Panjang Bandar Lampung Tahun 2020 dengan p-value 1,000 dan nilai OR 1,273.

Kesimpulan : tidak ada hubungan kecemasan dengan lama kala I Di PMB Wirahayu Panjang Bandar Lampung

Saran : Hasil penelitian ini diharapkan agar pihak PMB dapat menjelaskan dan memberikan informasi kesehatan tentang persiapan persalinan, mengadakan konsultasi kepada ibu yang mengalami kecemasan pasca persalinan, melakukan evaluasi dan identifikasi kepada ibu hamil yang akan melakukan persalinan agar tidak mengalami komplikasi.

Kata Kunci : Tingkat Kecemasan & Lama Kala I


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.