PENYULUHAN TENTANG INOVASI BUAH ALPUKAT DAN MADU UNTUK MENCEGAH RESIKO KETIDAK STABILAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA HANURA KEC. TELUK PANDAN KAB. PESAWARAN

ike ate yuviska* -  Program Studi Kebidanan, Indonesia
Susilawati Susilawati -  Prodi Kebidanan Universitas Malahayati

 

Penyakit hipertensi merupakan penyebab umum tejadinya stroke dan serangan janutung. Hipertensi dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi obat herbal, salah satunya adalah alpukat dan madu. Kandungan buah alpukat adalah MUFA (monounsatured fatty acid) yang berperan untuk menurukan kadar trigliserida dan kolestrol LDL darah yang tinggi. Kandungan yang lain yaitu niasin yang berperan untuk meningkatkan kolestrol HDL. Madu mengandung assetilkolin yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemberian jus alpukat dan madu terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi.

Kegiatan telah dilaksanakan pada hari Senin, 29 maret 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah lansia di desa hanura kec. Teluk pandan kab. Pesawaran. Kegiatan dilakukan dengan memberikan edukasi berupa penyuluhan dengan metode ceramah. Waktu yang diperlukan dalam penyampaian materi adalah 40 menit. Terdapat peningkatan pengetahuan lansia terhadap pemberian jus alpukat dan madu untuk menurunkan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi.
  1. Grey, et al., 2005. Lecture Notes Kardiologi, Edisi keempat, Erlangga, Jakarta.
  2. Kementrian Kesehatan RI, 2010. Hipertensi Penyebab Kematian Nomor tiga.
  3. Notoadmojdo, S., 2003. Ilmu Kesehatan Masyrakat, Rineka Cipta, Jakarta.
  4. Pfizer Indonesia, 2007. Mengapa Hipertensi dan Hiperkolestrol Harus diobati.
  5. Jiandita, M., & Anita, D. C. (2011). Pengaruh Pemberian Jus Alpukat dan Madu terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Posyandu Edelweis Dusun Serut Palbapang Bantul Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).
  6. Evizar, E., Astriana, A., Yuviska, I. A., & Sunarsih, S. (2021). PEMBERIAN JUS SEMANGKA TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA WANITA USIA SUBUR. MIDWIFERY JOURNAL, 1(3), 135-139.
  7. Mariza, A., Astriana, A., Yuviska, I. A., Azhari, D., Mustilah, F., Apridayanti, A., ... & Kristina, N. (2021). INOVASI KEGIATAN “TAPE BUMILA (DUTA PEDULI IBU HAMIL ANEMIA)” DESA KALI BENING RAYA KECAMATAN ABUNG SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA. JURNAL PERAK MALAHAYATI, 3(1), 61-64.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License