INOVASI KEGIATAN DESA JATIMULYO KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN “GRUP ASIK (GRUP ASI EKSLKLUSIF)”

Ledy Octavia Iqmi* -  UNMAL, Indonesia
Ratna Dewi Putri -  UNMAL, Indonesia

Menyusui adalah suatu proses alamiah. Berjuta-juta ibu diseluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang ASI. Bahkan ibu yang buta huruf pundapat menyusui anaknya dengan baik. Maka dari itu dibuatlah inovasi Grup ASIK (ASI Eksklusif) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahamaan, informasi maupun solusi terhadap pemberian ASI Eksklusif pada bayi berusia 0-6 bulan. Grup ASIK beranggotakan Ibu-ibu hamil, Ibu-ibu menyusui atau ibu yang memiliki Bayi 0-6 bulan,yang kemudian dipandu oleh Bidan Desa sebagai Motivator sekaligus menentukan tindak lanjut, sedangkan kader bertugas untuk mengumpulkan data ibu-ibu yang akan bergabung di Grup ASIK. Diharapkan ibu-ibu merasa nyaman, merasa didukung, dicintai, dan diperhatikan, sehingga membuat produksi hormon oksitosin meningkat untuk melancarkan produksi ASI .Dilakukan kegiatan penyuluhan inovasi Grup ASIK pada tanggal 31 Maret 2021 di Dusun III RT 30di Desa Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Hasilnya ibu-ibu peserta penyuluhan mengalami peningkatan pengetahuan mengenai pentingnya pemberian ASI Eksklusif pada bayi dari umur 0-6 bulan. Bidan desa Jatimulyo beserta kader bersedia melanjutkan inovasi Grup ASIK (Asi Eksklusif), dengan cara mengajak Ibu-Ibu hamil dan menyusui untuk bergabung dengan Grup ASIK. Ibu menyusui semakin terbuka terhadap masalah yang dihadapi ibu selama memberikan ASI Eksklusif dan mau berbagi pengalaman dalam Grup, sehingga dapat diberikan solusi oleh Bidan Desa maupun kader setempat untuk ditindak lanjuti.

Kata Kunci: Ibu Hamil,Grup ASIK, ASI Eksklusif

  1. Kurniasari, D., Putri, R. D., & Hermawan, D. (2019). PENYULUHAN TUMBUH KEMBANG BALITA DI DESA JATIMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. JURNAL PERAK MALAHAYATI, 1(1).
  2. Iqmy,Octaviani L,. (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, PENDIDIKAN,
  3. PEKERJAAN IBU YANG MEMPUNYAI BAYI UMUR 6-12 BULAN DENGAN
  4. PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA PURWODADI KECAMATAN
  5. GISTING KABUPATEN TANGGAMUS. JURNAL KEBIDANAN MALAHAYATI
  6. Materinty, D., Sari, N. E., & Halidesna, H. (2021). SOSIALISASI PEMBERIAN OLAHAN MAKANAN DARI DAUN KELOR (PUDING AGAR-AGAR, RISOLES, PUTU AYU DAUN KELOR) UNTUK MENINGKATAN DAN MEMPERLANCAR PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI DI DESA KALIASIN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2021. JURNAL PERAK MALAHAYATI, 3(1), 13-20.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License