PENYULUHAN TENTANG BAHAYA SEKS BEBAS PADA REMAJA DI DESA RAMA MURTI III SEPUTIH RAMAN LAMPUNG TENGAH

Neneng Siti Lathifah* -  unmal, Indonesia
Nurul Isnaini -  UNMAL, Indonesia

Kesehatan Reproduksi Muda Mudi (KERMUDI) yang artinya mengajak remaja untuk mengetahui tentang bahaya sex bebas dengan berbagai implikasi dan dampak negatifnya merupakan suatu masalah global yang mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Berdasarkan permasalahan tersebut penyuluhan pendidikan kesehatan di kalangan remaja perlu dilakukan agar remaja dapat lebih mengerti dan memiliki daya tangkal terhadap pengaruh negatif. Metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab dipilih untuk menjelaskan mengenai karakteristik dan perkembangan motorik remaja di desa rama murti III. Dengan memperhatikan persentase kehadiran dan keaktifan peserta dalam setiap sesi tanya jawab dapat disimpulkan bahwa peserta mampu mengenali dampak perilaku seks bebas di kalangan remaja. Harapannya mereka mampu secara mandiri menjauhi dan menghindari hal tersebut. Rekomendasi kegiatan ini adalah perlunya penyuluhan dilaksanakan secara berkala, terprogram, dan berkesinambungan, khususnya sehingga kesadaran dan daya tangkal remaja terhadap perilaku seks bebas dapat lebih ditingkatkan.

 

Kata Kunci : Seks Bebas, Remaja

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arikunto, Suharsimi. 2002.Prosedur pengolahan SAP. Jakarta : PT Rhineka Cipta
  3. Atfa, M. R. (2019). Pelaksanaan bimbingan dan konseling kesehatan reproduksi remaja dalam upaya penanggulangan perilaku seks bebas pada siswa Madrasah Aliyah Yayasan Taman Pendidikan Islamiyah (YATPI) Godong Grobogan (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
  4. Ayu, G. F. (2019). KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DALAM MENYIAPKAN GENERASI EMAS BIMBINGAN DAN KONSELING. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 13-22.
  5. Jalilah, N. H., & Prapitasari, R. (2021). KESEHATAN REPRODUKSI DAN KELUARGA BERENCANA. Penerbit Adab.
  6. Kabain, H. A. (2020). Peran Keluarga, Guru, dan Sekolah Menyelamatkan Anak dari Pengaruh Napza. Alprin.
  7. Lathifah, N. S., Isnaini, N., Yantina, Y., Retnowati, R., & Yustiana, L. (2021). Konseling Kesehatan Reproduksi Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kesuburan Dan Kesadaran Kesehatan Prakonsepsi. JURNAL PERAK MALAHAYATI, 3(1), 51-60.
  8. PINDAWANTI, A. Y. (2018). STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK ORANGTUA YANG SAMA-SAMA BEKERJA MENGHADAPI KENAKALAN REMAJA ANAKNYA (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
  9. Putri, R. D., & Oktavika, A. T. (2021). PENYULUHAN TENTANG BAHAYA SEKS BEBAS PADA REMAJA DI DESA RAMA MURTI III SEPUTIH RAMAN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2021. JURNAL PERAK MALAHAYATI, 3(1), 29-36.
  10. Sulaiha, S., Us, K. A., & Malik, A. (2021). UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK REMAJA DI DESA TANAH TUMBUH KABUPATEN MUARO BUNGO (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
  11. Uly, Z. H. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK KELUARGA PEDAGANG DI DESA CIKEMBULAN PEKUNCEN BANYUMAS (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
  12. Utami, V. W., Iqmy, L. O., & Fatimah, M. (2020). PENGABDIAN MASYARAKAT TENTANG BAHAYA SEKS BEBAS DI SMA NEGRI 15 BANDAR LAMPUNG. JURNAL PERAK MALAHAYATI, 2(1), 15-19.

SENGKUNI JOURNAL views Statistic Jurnal Perak Malahayati : Pengabdian Keapada Masyarakat Stat

JURNAL PERAK MALAHAYATI : Pengabdian Keapada Masyarakat

indexed by:


Secretariat Office:
Universitas Malahayati
Mail  : Jl. Pramuka No. 27, Kemiling, Kota Bandar Lampung
Telp  : 085279526789
email: jurnalperak@malahayati.ac.id

<" Copyright UNIVERSITAS MALAHAYATI
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License