PERBEDAAN ANTARA METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG SEKS BERISIKO DI SMA YAYASAN BAKTI KOTA PRABUMULIH 2016

Desta Tri Yani, Christin Angelina Febriani

Sari


ABSTRAK

Masa remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa, remaja perempuan yang mengetahui tentang seks berisiko sebesar 65% sedangkan remaja laki-laki yang mengetahui tentang seks berisiko sebesar 62%. Kejadian sek beresiko di Sumatera Selatan 56%, Kota Palembang 50% dan Prabumulih 45%. Tujuan penelitian ini diketahui perbedaan antara metode Numbered Heads Together (NHT) dengan metode Buzz Group terhadap pengetahuan remaja tentang seks berisiko di SMA Yayasan Bakti Kota Prabumulih 2016. Jenis penelitian kuantitatif, dengan sampel 30 responden. Analisa data dengan uji T-Dependent dan T-Independent dengan derajat kerpercayaan (CI) 95% dan α=5%. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan signifikan pengetahuan remaja tentang seks berisiko sebelum (46,93) dan sesudah (82,67), dilakukan metode NHT dengan t-value (<0,001), ada perbedaan yang signifikan pengetahuan remaja tentang seks berisiko sebelum (55,73) dan sesudah (82,13%) dilakukan metode buzz group dengan t-value (<0,001). Tidak ada perbedaan antara metode NHT (35,73) dengan Buzz Group (26,40) dengan t-value (0,128). Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa terdapat perbedaan signifikan pengetahuan setelah diberi penyuluhan dengan metode NHT dan metode Buzz Group. Tetapi tidak ada perbedaan yang signifikan antara metode NHT dan metode Buzz Group. Disaranka untuk SMA Yayasan Bakti Kota Prabumulih, diharapkan agar memberikan informasi melalui penyuluhan dengan menggunakan metode NHT atau Buzz Group kepada peserta didik, keduanya sama baiknya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Riska Ayu, Ida Sofiyanti & Puji Pranowowati, (2016), Perbedaan Pengetahuan Tentang HIV-AIDS Pada Siswa Dengan Metode buzz group dan Metode Ceramah Di SMAN 2 Ungaran 2016, Semarang.

Caniago, (2013), Efektivitas Modul Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Berbantuan Modul untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA AL-Irsyad Kota Tegal, UNNES, Semarang.

Kemenkes RI, (2011), Modul Pelatihan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), Bagi Tenaga Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI, Jakarta.

Kumalasari & Andhyantoro, (2012), Kesehatan Reporduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta Selatan.

Kurniasih & Sani, (2015), Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru, Kata pena, Jakarta Timur.

Maryanah, (2014), Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Kerjasama dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VII C SMPN 1 Manisrenggo Kabupaten Klaten, Yogyakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo, (2010), Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi, PT Renika Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo, (2012), Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, PT Renika Cipta, Jakarta.

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualtitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suprijanto, (2012), Pendidkan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi, Bumi Aksara, Jakarta

Wahidah, (2013), Pengaruh Penerapan Metode Numbered Head Together (NHT) Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa di Mts N Maguwoharjo, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v5i3.1093

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##





Published by: Faculty of Public Health, Malahayati University

Jurnal Dunia Kesmas indexed by:

   
pISSN: 2301-6604dan eISSN: 2549-3485

Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas. 
Whatsapp : +62 813-7966-3738 (Fitri Ekasari) dan +62 852-2824-8738 (Nurul Aryastuti )

"

_______________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.