HUBUNGAN STATUS PEKERJAAN IBU DENGAN PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MOTORIK PADA ANAK USIA 5-7 TAHUN

Lia Kurniasari, Shella Karina

Sari


Periode sejak janin dalam kandungan sampai anak berusia 6 tahun merupakan periode yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat pada otak manusia. Salah satu perkembangan anak yang penting untuk dipantau pada periode ini adalah perkembangan motorik. Peran orang tua dalam perkembangan motorik sangat diperlukan terutama seorang ibu. Ibu yang seharusnya memberikan stimulasi dalam tumbuh kembang anak harus bekerja membantu ayah mencari nafkah, sehingga waktu tumbuh kembang anak tidak bisa dipantau oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan status perkerjaan ibu dengan pencapaian perkembangan motorik pada anak usia 5-7 tahun. Metode penelitian ini kuantitatif dengan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 130 responden. Analisis hubungan antara Status Pekerjaan Ibu dengan Pencapian Perkembangan Motorik Anak menggunakan rumus Person chi-Square dengan taraf signifikan α 5% dengan nilai P Value  0.371 > α 0,05 yang berarti tidak ada hubungan Status Pekerjaan Ibu dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Anak Usia 5-7 Tahun. Kualitas dalam pengasuhan anak menjadi hal yang paling diperlukan untuk setiap orang tua. Komunikasi dengan pihak lain yang terlibat seperti guru di sekolah menjadi salah satu upaya untuk memantau perkembangan anak di sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Kesehatan RI, 2010. Depkes RI, Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi DiniTumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar, Jakarta.

Hijja Cut Vina. W dan Suryane Sulistiana. S, 2018. Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah (3-5 tahun) dengan Ibu Yang Bekerja dan Ibu Yang Tidak Bekerja. Keperawatan (e-Kp) 4.

Hurlock, E.B., 1997. Hurlock, E.B. (1997). Perkembangan anak (child development) jilid 2. Diterjemahkan oleh Tjandrasa, M.M. Jakarta: PT. Erlangga.

Imaniah, M.D., 2013. Perbedaan Pencapaian Tugas Perkembangan Usia Anak Prasekolah Pada Ibu Yang Bekerja dan Ibu Yang Tidak Bekerja di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Keperawatan (e-Kp).

Kemenkes RI., 2014. Kemenkes RI, Profil Kesehatan Indonesia. Kemenkes RI: Jakarta.

Kota, D.K., n.d. Profil Dinas Kesehatan Kota Samarinda.

L, S., 2014. Saputra, L. Pengantar asuhan neonatus, bayi, dan balita. Bina Putra Aksara Publiser: Tangerang Selatan.

Laloan, M.M., Ismanto, A.Y., Bataha, Y., 2018. Perbedaan Perkembangan Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) Antara Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja Di Wilayah Kerja Posyandu Puskesmas Kawangkoan. Keperawatan (eKp) 6.

Soetjiningsih & Ranuh, I.N., 2014. Soetjiningsih & Ranuh, I. N. Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Soetjiningsih, R.G., 2013. Soetjiningsih, Ranuh G. Tumbuh kembang anak. Edisi ke-2. Denpasar: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Taju, C.M., Ismanto, A.Y., Babakal, A., 2015. Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dengan Perkembangan Motorik Halus Dan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah Di Paud Gmim Bukit Hermon Dan Tk Idhata Kecamatan Malalayang Kota Manado. Keperawatan (e-Kp) 2.

UNICEF., 2011. UNICEF. Programming Experiences in Early Child Development. New York : Early Child Development Unit Press.

Wiwin Wayan Ni, 2017. Ni Wayan Wiwin Asthiningsih dan Siti Khoiroh Muflihatin. Gambaran Perkembangan Personal Sosial, Adaptif-Motorik Halus, Bahasa, dan Personal Sosial Pada Anak Balita Dengan Metode DDST II Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda.Volume 5 No. 1 J. Ilmu Kesehat. 5.




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v8i4.2272

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##





Published by: Faculty of Public Health, Malahayati University

Jurnal Dunia Kesmas indexed by:

   
pISSN: 2301-6604dan eISSN: 2549-3485

Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas. 
Whatsapp : +62 813-7966-3738 (Fitri Ekasari) dan +62 852-2824-8738 (Nurul Aryastuti )

"

_______________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.