HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS BUMIRATU KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2016

Dwi Astuti Widia Ningrum

Abstract


Pelayanan kesehatan harus selalu mengupayakan kebutuhan dan kepuasan pasien. Jaminan mutu pelayanan kesehatan menjadi bagian yang integral dan menyeluruh, dari kegiatan jaminan mutu pelayanan kesehatan. Pelayanan publik oleh aparatur pemerintah dewasa ini belum dapat memenuhi kualitas dan kepuasan pelanggan.  Tujuan penelitian diketahuinya hubungan persepsi mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Bumiratu Kabupaten Pringsewu 2016.

Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien rawat jalan dengan besar sampel 302 orang. Teknik pengammbilan sampel dengan accidental sampling. Analisis data menggunakan chi-square dan multivariate dengan uji regresi logistic berganda.

Hasil analisis pada dimensi reliability 58,3%, responsiveness 60,3%, assurance 60,6%, tangible 59,9% dan empathy 58,6% pasien mengatakan pelayanan tidak baik. Yang tidak puas dengan mutu pelayanan yang diberikan sebanyak 57%. Secara bivariat diketahui bahwa ada hubungan dimensi pelayanan reliability (p=0,016; OR=1,820), responsiveness(p=0,036; OR=1,693), assurance p=0,015; OR=1,840), tangible (p=0,007; OR=1,956), tidak ada hubungan dimensi pelayanan empathy (p =0,384) dengan kepuasan pasien. Faktor yag paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien adalah dimensi pelayanan reliability dengan CI 95%, nilai p = 0,010 dan OR : 1,866.

Disarankan agar petugas menjalankan sistem standar operasional prosedur (SOP) pada pelayanan loket, menerapkan sistem antrian, cekatan dalam memberikan pelayanan administrasi dan penambahan sarana pelayanan kesehatan yang memadai.

Kata Kunci : Kepuasan, Mutu Pelayanan 


References


Adhytyo, Mulyaningsih (2013). Reliabilitas Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Salah Satu Puskesmas Kabupaten Ngawi, Jurnal, STIKES Aisyiyah Surakarta.

Budiarto, Eko, (2002). Biostatistika Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Cetakan II. Jakarta: EGC

Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, (2014). Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, Lampung

Elfindri, dkk, (2011). Metode Penelitian Kesehatan. Baduose Media : Jakarta

Hastono Priyo Sutanto, (2007). Analisis Data. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

Lupiyoadi Rambat, (2009). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2, PT. Salemba Empat, Jakarta

Mahmoed, Adnan, (2012). Revitalisasi Puskesmas. Jakarta : Rajut Publishing

Masye, Rattu & Wantania, (2014). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Di Instalasi Rawat Inap D RSUP

Notoatmodjo S, ((2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Permenkes RI Nomor 741 (2008). Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Kabupaten/Kota

Permenkes RI Nomor 75 (2014). Pusat Kesehatan Masyarakat

Pohan Imbalo. S., (2007). Jaminan mutu pelayanan kesehatan, Dasar-dasar pengertian dan penerapan” Penerbit Buku Kedokteran EGC

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Tim Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, (2015). Panduan Penyusunan Skripsi dan Tesis. Cetakan kesepuluh. Lampung




DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v8i1.903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020



Published by:
Faculty of Health Sciences, Malahayati University

Editorial Address:
Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas.
Whatsapp : 0822-8154-6379 (admin)