PERBANDINGAN EFEKTIFITAS DAN DAYA LARVASIDA INFUSA DAUN SIRIH (Piper betle L.) DAN INFUSA DAUN SIRSAK (Annonamuricatab L.) TERHADAP LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI

Ani Hartati

Sari


Pemberantasan nyamuk Aedes aegypti sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit demam berdarah dengan menggunakan insektisida sintesis mempunyai kekurangan, salah satunya adalah insektisida tersebut sukar didegradasi oleh alam. Untuk itu diusahakan pencarian insektisida alami yang berasal dari tanaman. Tanaman sirih dan sirsak merupakan dua tanaman yang berasal dari famili yang potensial sebagai insektida nabati.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui LC90 dari infusa daun sirih dan infusa daun sirsak. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari kedua infusa dibandingkan dengan temefos (Abate®) sebagai insektisida sintesis yang banyak digunakan sebagai larvasida nyamuk Aedes aegypti.
Terdapat lima konsentrasi infusa masing-masing daun yang dibuat, yaitu 2%, 4%, 6%, 8%, dan 10%. Sebagai kontrol negatif adalah akuades dan kontrol positifnya adalah temefos 1 ppm. Ke dalam masing-masing cairan dimasukkan sepuluh ekor larva instar III nyamuk Aedes aegypti. Kemudian dicatat larva yang mati tiap jam selama 6 jam, kemudian jam ke-12. Percobaan dilakukan tiga kali. Larva yang mati dinyatakan dalam persentase. Data dalam persentase diolah sehingga bisa dilakukan uji Anova dan dilanjutkan dengan uji LSD. Kedua infusa juga dilakukan skrining fitokimia untuk mengetahui kandungan kimianya.
Infusa daun sirih dan infusa daun sirsak keduanya mengandung alkaloid, flavonoid, dan tanin. LC90 6 jam dari infusa daun sirih adalah 6,18% sedangkan daun sirsak 9,59%. Keduanya kurang efektif dibandingkan dengan temefos. Tidak ada perbedaan yang bermakna antara infusa daun sirih dibandingkan daun sirsak meskipun LC90 berbeda. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang daya larvasida pada stadium larva yang berbeda dan kandungan kimia dari kedua daun yang bersifat insektisida.
Kata kunci : Infusa, sirih, sirsak, Aedesaegypti

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/jdk.v4i3.438

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Kepada Penulis yang ingin mensubmit artikelnya agar mengisi google form terlebih dahulu https://docs.google.com/forms/d/1Pi5I4n1hIuS_vVh27xp4lBZa3pUQTB7sKWipmJ5okz0/edit


Published by: Faculty of Public Health, Malahayati University

Jurnal Dunia Kesmas indexed by:

   
pISSN: 2301-6604dan eISSN: 2549-3485

Jl. Pramuka No. 27 Kemiling Bandar Lampung Cq. Tim Jurnal Dunia Kesmas. 
Whatsapp : +62 813-7966-3738 (Fitri Ekasari) 

"

_______________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.