WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP BPJS RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RSIA ANUGRAH MEDICAL CENTER METRO

Marlia Maya Puspita, Ade Maria Ulfa, Robby Chandra

Sari


Pelayanan farmasi termasuk dalam salah satu jenis pelayanan rumah sakit yang minimal wajib disediakan oleh rumah sakit dan tidak dapat dipisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, salah satu indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk pelayanan farmasi rumah sakit adalah waktu tunggu pelayanan resep dengan standar waktu tunggu untuk pelayanan resep obat jadi maksimal 30 menit dan pelayanan resep obat racikan maksimal 60 menit. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui rata-rata waktu tunggu pelayanan resep BPJS rawat jalan di instalasi farmasi RSIA AMC Metro. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui pengamatan langsung/observasi dengan menggunakan Lembar Pengumpul Data, dengan sampel sebanyak 110 resep BPJS rawat jalan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan resep racikan selama 15,53 menit, sedangkan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan resep obat jadi selama 2,65 menit, hal tersebut menunjukkan pelayanan resep telah sesuai standar pelayanan minimal rumah sakit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayuningtyas, P. 2012. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum di Depo Farmasi Rawat Jalan RS Karya Bhakti Tahun 2011. Tesis, FKM, Universita Indonesia.

Aryani, F., Anggraini, D. & Yani, N.P., 2014. Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian Kategori Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Depo Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru. Jurnal, 3 (September), 4-9

Embrey M., 2012, Managing Access to Medicines and Health Technologies, Arlington, USA

Indrasanto et al., 2006, Glosarium Data & informasi kesehatan, Pusat Data dan Informasi Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Giddings,M.J.,Gray,A.L.,& Hannon, T.A. (2005) ., Improving Pharmacy Services at Lerdsin Hospital., Worchester: Worchester Polytechnic Institute. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2008.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan RI, 2016.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit.

Maftuhah Aida, Susilo Rinto, 2016. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Depo Farmasi RSUD Gunung Jati Kota Cirebon Tahun 2016. Jurnal.

Puspitasari, A., 2011. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum di Depo Farmasi Rawat Jalan RS. Karya Bhakti Tahun 2011. Tesis, Universitas Indonesia.

Rusdianah,. E, 2017. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Jurnal, Volume VII Nomor 1, Februari 2017.

Septini, R, 2012. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Askes Rawat Jalan Di Yanmasum Farmasi RSPAD Gatot Subroto Tahun 2011. Tesis, FKM, Universitas Indonesia.

Siregar, Sri Endang, 2018. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta Undang-Undang Republik Indonesia, 2009. Undangundang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Widiasari E, 2009. Laporan Praktikum Kesehatan Masyarakat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tugu Ibu Depok Tahun 2009. Program Sarjana Kesehatan Masyarakat FKM UI, Depok.

Wongkar, L. 2000. Analisis Waktu Pelayanan Pengambilan Obat Di Apotek Kimia Farma Kota Pontianak. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33024/jfm.v1i2.1241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##