PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA BOOKLET TENTANG PENCEGAHAN PRIMER & SEKUNDER TERHADAP PENGETAHUAN PASIEN CORONARY ARTERY DISEASE (CAD) DI KLINIK SEHAT NATURAL CILEDUG TANGERANG SELATAN TAHUN 2016

Naziah Naziah, Nuraini Nuraini, M. Arifki Zainaro

Abstract


Pendahuluan Pendidikan kesehatan dengan media booklet kepada penderita penyakit jantung koroner merupakan hal yang sangat penting karena dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pasien terhadap penyakit dan pengobatannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media booklet tentang pencegahan primer dan sekunder terhadap pengetahuan pasien CAD. Faktor –faktor yang dapat mempengaruhi pengetahuan dalam penkes adalah usia, pendidikan dan pengalaman seseorang.
Metode Desain penelitian adalah quasi eksperimen, dengan pendekatan nonequivalent pre-post test control group design.
Hasil Hasil analisis statistik didapatkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan dan kelompok intervensi yang diberikan perlakuan berupa pendidikan kesehatan dengan menggunakan media booklet infromasi tentang pencegahan primer dan sekunder pada pasien CAD dengan p= 0.000.
Diskusi Tingkat pengetahuan kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol tanpa diberikan pendidikan kesehatan.Penelitian selanjutnya agar melibatkan komponen edukasi dan counseling dengan media yang lebih menarik terhadap pasien-pasien coronary artery disease (CAD) dan sebagai protap dalam menajalankan pembinaan terhadap pasien rawat jalan.


Keywords


Pendidikan kesehatan, pengetahuan, pasien CAD

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Aisyiyah, F. N. (2009). Faktor risiko hipertensi pada empat Kabupaten/Kota dengan prevalensi hipertensi tertinggi di Jawa dan Sumatera (Doctoral dissertation, Bogor Agricultural University).

Apriadji, Wied Harry. (2010). Variasi Makanan Sehat Bayi Cetakan XI. Jakarta: Puspa Sehat

Azwar, Saifuddin. (2008). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Chang, Ester. Daily, Jhon dan Elliot, Doug. (2010). Patofisiologi Aplikasi Pada Praktik Keperawatan. Jakarta: EGC.

Dharma K, K. (2011). Metodelogi penelitian keperawatan. Jakarta: TIM

Ferry Efendi, M. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas: teori dan praktik dalam keperawatan.

Ferry Efendi. Hanuma, S., & Kiswara, E. (2011). Analisis Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Hastono dan Sabri. (2007). Statistik Kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo

Persada. Janti, S. (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. In Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) (pp. 155-160).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2012). Profil Departemen Kesehatan Republik Indonesia 2012. Di akses dari www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/buletin/buletin-

ptm.pdf Malaeny, C.

S., Katuuk, M., & Onibala, F. (2017). Hubungan Riwayat Lama Merokok Dan Kadar Kolesterol Total Dengan Kejadian Penyakit Jantung Koroner Di Poliklinik Jantung Rsu Pancaran Kasih Gmim Manado. Jurnal Keperawatan, 5(1).

Notoadmojo, S. (2010).Promosi kesehatan teori dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2013).Metodologi penelitian kesehatan.

Jakarta: RinekaCipta Nurmadinisia, R. (2012). Efektifitas Program Pemberian Makanan Tambahan Pada Ibu hamil Kekurangan Energi Kronis di Kota Depok

Oldridge, N. B. (2008). "Cardiac rehabilitation exercise programme."

Sports Medicine 6: 45. Rikmiarif, D. E. (2012). Hubungan pemakaian alat pelindung pernapasan dengan tingkat kapasitas vital paru.

Unnes Journal of Public Health, 1(1). Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Singgih, Santoso. (2011). Structural Equation Modeling (SEM) dan Aplikasi dengan Amos 18. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas

Gramedia. Sitorus, M. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Tumbel, F. M. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran Cooperative script dipadu Problem posing dan kemampuan akademik siswa terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir dan pemahaman konsep biologi pada SMA di Kota Bitung Sulawesi Utara.(Disertasi). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Yuliani, F., Oenzil, F., & Iryani, D. (2014). Hubungan Berbagai Faktor Risiko Terhadap Kejadian Penyakit Jantung Koroner Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(1).

Yusuf, R. (2013). Analisis faktor yang berhubungan dengan kejadian stroke berulang pada pasien stroke di RSUD dr. H Chasan Bosoerie Ternate. Keperawatan, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v12i1.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Please fill up form https://bit.ly/32za7nj

If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs (500.000 IDR).

Decision Letter of The rector-University of Malahayati No. 1356.10.411.07.19