PENGETAHUAN SISWA SLTA TENTANG HIV/AIDS DI SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS (SMA) GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017

Nurul Isnaini

Abstract


Pendahuluan: Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyebabkan penyakit Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS). HIV menyerang system kekebalan tubuh dan merusak bagian dari system itu. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada lokasi penelitian yaitu SMA Gajah Mada Bandar Lampung terhadap 20 siswa SMA, dari 20 orang siswa sebanyak 25% siswa mengaku bahwa mereka telah mengetahui kepanjangan dari HIV/AIDS, 50% siswa mengaku sedikit mengetahui tentang cara penularan HIV/AIDS dengan melakukan hubungan seksual, 25% siswa tidak mengetahui sama sekali tentang HIV/AIDS. Tujuan penelitian Diketahui gambaran pengetahuan siswa SLTA tentang HIV/AIDS di SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun 2017.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey deskriptif. populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA di SMA Gajah Mada Bandar Lampung kelas X-XII sebanyak 480 orang dengan sampel sebanyak 218 responden, teknik sampling dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Data diambil dengan kuesioner. Analisa data dilakukan dengan univariat.
Hasil: Pada penelitian diketahui pengetahuan siswa SLTA tentang HIV/AIDS di SMA Gajah Mada Bandar Lampung dalam kategori baik yaitu sebanyak 45 responden (20,7%). Pengetahuan siswa SLTA tentang HIV/AIDS di SMA Gajah Mada Bandar Lampung kategori cukup sebanyak 65 responden (29,8%). Pengetahuan siswa SLTA tentang HIV/AIDS di SMA Gajah Mada Bandar Lampung kategori kurang sebanyak 108 responden (49,5%). Jadi tingkat pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS pada kelas X di SMA Gajah Mada Bandar Lampung dapat dikategorikan berpengetahuan kurang lebih banyak jika dibandingkan dengan pengetahuan yang cukup dan baik. Diharapkan pihak sekolah bekerjasama dengan institusi kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada siswanya khususnya mengenai HIV/AIDS agar siswa-siswanya berpengetahuan baik tentang HIV/AIDS.


Keywords


Pengetahuan, HIV/AIDS, siswa SLTA

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Keenam. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Budiman.( 2013). Kapita selekta: pengukuran pengetahuan dan sikap. Salemba Medika: Jakarta.

Judarwanto. (2012). Manifestasi klinis dan Klasifikasi HIV AIDS Pada Anak Menurut WHO . http://dokterindonesiaonline.com/tag/manifestasi-klinis-dan-klasifikasi-hiv-aids-menurut-who/. Diakses 5 Februari 2017.

Kotabaru lampung. (2014). Kota rawan hiv aids http://kotabarulampung. blogspot.com/2014/12/kota-rawan-hivaids.html . diakses 5 Februari 2017

Mentri Kesehatan Republik Indonesia. (2012). Pedoman Nasional pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak (PPIA). Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. (2011). Asuhan Keperawatan pada pasien terinfeksi HIV/AIDS. Jakarta. Salemba Medika.

Nursalam., (2011). Manajemen Keperawatan aplikasi dlam praktik keperawatan profesional edisi 3. Salemba Medika. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v11i4.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.