HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK DIRA MEDIKA GOTONG ROYONG BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017

Muhammad Arifki Zainaro, Dherlirona Dherlirona, Ayesha Norabela

Abstract


ABSTRACT: PATIENT SATISFACTION AND QUALITY OF CARE AT CLINIC (DIRA MEDIKA) GOTONG ROYONG BANDAR LAMPUNG    Background: The degree of public health of a country is influenced by the presence of health facilities. The health facilities reviewed in this section consist of health care facilities and government health education institutions that produce health workers. High quality healthcare services are an integral part of WHO's goals by using a key health care approach. Until now access to health services has become a priority in all WHO state members of the Southeast Asian region. Purpose: Known relationship of patient satisfaction and quality of care at Clinic Dira Medika Gotong Royong Bandar Lampung. Methods: This research type was quantitative research with cross sectional design. The population of this study were all patients who visited the Clinic Dira Medika Gotong Royong Bandar Lampung on December-February 2017 with the sample of 91 respondents with Accidental sampling technique. Data analysis used univariate and bivariate analysis used chi square. Results: Rating by responden in courtesy in poor category of 34 (37,4%),  of 50 (54,9%) Communication was unfavorable,  29 (31,9%) less of credibility, of 51 (56,0%) stated that security was poor and of 52 (57,1%) were dissatisfied. There influencing of courtesy with p value = 0.002, Communication p value = 0,001 Credibility p value = 0.001. Security and satisfaction p value = 0,001 Conclusion: There was correlation of patient satisfaction and quality of care at Clinic Dira Medika Gotong Royong Bandar Lampung. Suggestion to management to be improving quality of care by workshops to the staff nurses.

 

Pendahuluan: Derajat kesehatan masyarakat suatu negara dipengaruhi oleh keberadaan sarana kesehatan. Sarana kesehatan yang diulas pada pada bagian ini terdiri dari fasilitas pelayanan kesehatan dan institusi pendidikan kesehatan milik pemerintah yang menghasilkan tenaga kesehatan. Pembangunan kesehatan merupakan penyelenggaraan upaya kesehatan oleh bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Jasa layanan kesehatan yang bermutu tinggi merupakan bagian terpadu dari tujuan WHO dengan menggunakan pendekatan kunci berupa layanan kesehatan primer. Hingga saat ini akses ke layanan kesehatan telah menjadi prioritas di semua anggota negara bagian WHO wilayah Asia Tenggara. Berdasarkan prinsip pemerataan, indikator cakupan paling banyak digunakan untuk memantau kinerja layanan kesehatan. Efektifitas dan efisiensi layanan kesehatan saat ini mendapat perhatian yang sama baik dari para pembuat kebijakan, penyedia layanan kesehatan dan masyarakat. Tujuan: Diketahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Klinik Dira Medika Gotong Royong Bandar Lampung. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang  berkunjung ke Klinik Dira Medika Gotong Royong Bandar Lampung sampai dengan bulan Desember-Februari 2017 yaitu sebanyak 3.015 pasien, sampel sebanyak 91 responden dengan teknik Accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan chi square.

  Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa Diketahui courtesy kurang baik dan sebanyak 34 responden (37,4%) 50 responden (54,9%) mengatakan Communication kurang baik, sedangkan 41 responden (45,1%) menyatakan Communication baik. 29 responden (31,9%) credibility kurang baik 51 responden (56,0%) menyatakan security kurang baik Diketahui sebanyak 52 responden (57,1%) tidak puas. Ada pengaruh courtesy p value = 0,002 communication p value = 0,001 Credibility t p value = 0,001 Security terhadap kepuasan pasiendi Klinik Dira Medika Gotong Royong Bandar Lampung kepuasan pasiendi Klinik Dira Medika Gotong Royong Bandar Lampung p value = 0,001 Simpulan: Terdapat hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Klinik Dira Medika Gotong Royong Bandar Lampung. Disarankan bagi klinik untuk kebijakan pemerintahan daerah dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan di Klinik pratama yang bekerjasama dengan BPJS pada umumnya dan Klinik Dira Medika  pada khususnya.  


Keywords


Patient, satisfaction, quality of care. Kata Kunci : Kesehatan, kualitas pelayanan, kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, (2015). Profil Klinik Dira Medika Gotong Royong Bandar Lampung 2015. Ferry Efendi, M. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas: teori dan praktik dalam keperawatan. Ferry Efendi.

Gde Muninjaya, A. A. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan.

Herman, H., Sudirman, S., & Nizmayanun, N. (2014). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2).

Herman, H., Sudirman, S., & Nizmayanun, N. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2).

IDI, 2007. Sistem Pelayanan Kesehatan Nasional Berorientasi Pelayanan Primer, Kedudukan, Peranan, dan Pendidikan Dokter Layanan Primer. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia.

Jakarta Jacobis, R. (2013). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas Di BLU RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4). Kemenkes, 2011. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Profil Kesehatan Indonesia 2013. Diakses dari http://www.depkes.go.id/resources/download/ pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profilkesehatan-indonesia-2013.pdf

Khoiri, A. N. (2014). Pelaksanaan Supervisi Asuhan Keperawatan Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Dan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Jombang (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).

Machmud, R. (2008). Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 2(2), 186-190.

Munizu, M. (2013). Dampak Praktek Manajemen Mutu Total terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Organisasi: Kasus Industri Perikanan di Propinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Perdagangan & Ilmu Sosial Pakistan , 7 (1) Nugroho, H. W. (2009). Komunikasi dalam keperawatan gerontik. EGC.

Prasetya, N. A. N. (2009). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Informasi Obat Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta (Doctoral Dissertation, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta).

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Imlementasi Simulasi PhET dan Kit Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Rahmulyono, A. (2008). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Depok I di Sleman. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Rahmulyono, A. (2008). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Depok I di Sleman. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Riyadi, R. (2015). Mutu pelayanan kesehatan peserta jaminan kesehatan nasional di puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v12i2.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.