HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PUSAT INFORMASI DAN KONSULTASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DENGAN PEMANFAATAN PUSAT INFORMASI DAN KONSULTASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (PIK-KRR) DI MADRASAH ALIYAH AL-MAKMUR KECAMATAN WONOSOBO KAB TANGGAMUS
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan data primer. Jumlah populasi 71 responden dimana pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisisa data dilakukan dengan analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi-Squere.
Hasil penelitian sebagian besar berpengetahuan kurang 52 orang (73.2 %) jika dibandingkan dengan pengetahuan baik. Dalam memanfaatkan PIK berada pada kategori kurang baik sebanyak 50 orang (70.4 %). Hasil uji statistik diperoleh p-value = 0,000 < α = 0,05 menyimpulkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi dengan pemanfaatan PIK-KRR.Saran penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam membimbing remaja khususnya dalam program peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan yaitu penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja, bina keluarga remaja ( BKR), sehingga pelaksanaan PIK KRR di sekolah-sekolah dapat dimanfaatkan dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cuningham, gary., at al. 2000. Obstetri Williams Edisi 21 volume 1. Jakarta; EGC.
Mansjoer,dkk. 2006. Modul Mahasiswa Kesehatan Reproduksi ; Yayasan Pendidikan Perempuan Bekerjasama dengan Pusat Pendidikan Tenaga
Kesehatan Depkes RI dan Ikatan Bidan Indonesia.
Marta adisoebrata,D. 1992. Obstetri Sosial dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Bandung
Suyanto. 2009.Riset Kebidanan Metodologi dan aplikasi. Bandar Lampung ;Mitra Cendikia Offset
Syebubakar,dkk. 2008 Let speak out for MDGs Hasil Laporan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia . Jakarta
DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v10i1.208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.