Efektivitas edukasi kesehatan menggunakan permainan tebak gambar dan audiovisual terhadap pemahaman kesehatan gigi dan mulut

Fenita Purnama Sari Indah, Tri Okta Ratnaningtyas, Rita Dwi Pratiwi, Ida Listiana, Desty Alyumah

Abstract


The effectiveness of educational videos and picture charades: A health teaching device in improving oral health knowledge among elementary school students 

Background: Dental and oral health was one of the public health problems that required comprehensive treatment. Dental and oral health care efforts have to begin from an early age. To overcome the problem among elementary school students need health education used to counseling methods that were under the criteria target of health education.

Purpose: To determine of the effectiveness of educational videos and picture charades: A health teaching device in improving oral health knowledge among elementary school students.

Method: A quasi-experiment design with a non-equivalent control group with pretest posttest with a sample of 60 people. The group by a video method of 30 respondents and the group by picture charades of 30 respondents, The sample taken by purposive sampling. The technique of collecting data used to a questionnaire sheet. This studied used to Wilxocon signed rank test statistics and Mann Whitney test for data analysis.

Results: There was a significant difference in oral health knowledge on educational videos group also picture charades group among elementary school students before and after interventions with (p value = 0.015) and (p value = 0.010) and differences both groups with (p value = 0.011).

Conclusion: The video method and picture charades were in the same effective for increasing the knowledge of dental and oral health for fourth-grade students at Government Elementary School (SDN Muncul 3).

Keywords: Educational; Videos; Picture charades; A health teaching device; Oral health knowledge; Elementary school students

Pendahuluan: Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan penanganan secara komperehensif. Upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Untuk mengatasi masalah pada siswa sekolah dasar dapat dilakukan dengan penyuluhan kesehatan menggunakan metode penyuluhan yang sesuai dengan kriteria sasaran penyuluhan kesehatan. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan dari duapuluh siswa memiliki pemahaman kurang tentang kesehatan gigi dan mulut.

Tujuan: Mengetahui perbedaan pemahaman tentang kesehatan gigi dan mulut antara penyuluhan kesehatan dengan metode audiovisual dan permainan tebak gambar.

Metode: Penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan non-equivalent control group design with Pretest Posttest design dengan sampel yaitu 60 orang. Untuk kelompok metode audiovisual sebanyak 30 responden dan untuk kelompok permainan tebak gambar sebanyak 30 responden dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisa data menggunakan uji statistik uji wilcoxon signed rank test dan uji mann whitney test.

Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman tentang kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan dengan metode audiovisual (p value = 0,015) dan permainan tebak

gambar (p value = 0,010) serta perbedaan diantara kedua pengguna metode penyuluhan kesehatan (p value = 0,011).

Simpulan: Metode audiovisual dan permainan tebak gambar sama - sama efektifnya untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas IV SDN Muncul 3. Namun, jika dibandingkan kedua metode ini, metode permainan tebak gambar lebih dapat meningkatkan pemahaman siswa.


Keywords


Kesehatan gigi dan mulut; Audiovisual; Permainan tebak gambar; Pengetahuan

References


Aisyah, D. W., Gipayana, M., & Djatmika, E. T. (2017, June). Mengembangkan Kebermaknaan Belajar Dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teching. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Andriany, P., Novita, C. F., & Aqmaliya, S. (2016). Perbandingan efektifitas media penyuluhan poster dan kartun animasi terhadap pengetahuankesehatan gigi dan mulut (Studi pada Siswa/i Kelas V SDN 24 Kota Banda Aceh). Journal of Syiah Kuala Dentistry Society, 1(1), 65-72.

Bagaray, F. E., Wowor, V. N., & Mintjelungan, C. N. (2016). Perbedaan efektivitas DHE dengan media booklet dan media flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN 126 Manado. e-GiGi, 4(2).

Da Costa, F. (2021). Perbandingan pendidikan kesehatan gigi menggunakan media poster dan media video dalam meningkatkan pengetahuan gigi dan mulut pada murid SD Inpres Batu Putih (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kupang).

Fatmasari, D., Utami, W. J. D., & Supriyana, S. (2020). Edukasi dan pendampingan selama 21 hari dengan mogigu meningkatkan perilaku menggosok gigi dengan benar pada anak dan orang tua SD Bulusan Semarang. Jurnal Kesehatan Gigi, 7(1), 29-34.

Fitriana, L. B. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang cara menggosok gigi dengan video pembelajaran pada anak usia sekolah. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5(2), 378-382

Gayatri, R. W. (2017). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi anak sdn kauman 2 malang. JHE (Journal of Health Education), 2(2), 194-203.

Ghea, P. N. (2018). Edukasi dengan media permainan ular tangga terhadap pengetahuan kebersihan gigi dan mulut pada siswa sekolah dasar (Studi pada Siswa Siswi di SD Muhammadiyah 2 Pontianak) (Doctoral dissertation).

Hanif, F., & Prasko, P. (2018). Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Video dan Boneka Tangan terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1-6.

Hardianti, H. (2017). Pengaruh penyuluhan melalui metode simulasi dan audiovisual terhadap tingkat keterampilan menggosok gigi pada murid SD Inpres Cambaya IV (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Kantohe, Z. R., Wowor, V. N., & Gunawan, P. N. (2016). Perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan media video dan flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak. e-GiGi, 4(2), 96-101 . https://doi.org/10.35790/eg.4.2.2016.13490

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Riset kesehatan dasar. Jakarta, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Ni’mah, M.(2017). Pengaruh paket pendidikan kesehatan gigi terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan gosok gigi di SD Inpres 02 Cireundeu Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017).

Rahman, A. O., & Purwakanthi, A. (2020). Penyuluhan cara menyikat gigi melalui media video di PAUD Islam Annur Jambi. Jurnal MEDIC (Medical Dedication), 3(2), 64-67.

Ria, R. J., & Kurniawati, D. (2020). Efektivitas media promosi kesehatan gigi dan mulut terhadap tingkat pengetahuan anak usia 6-12 tahun (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sari, R. P., Elianora, D., & Bakar, A. (2017). Perbandingan efektivitas penyuluhan dengan video dan animasi tentang makanan kariogenik terhadap pengetahuan siswa kelas IV di SDN 027sungai Sapih Kec. Kuranji, Padang. B-Dent: Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah, 4(2), 117-125.

Shorayasari, S., Effendi, D. P., & Puspita, S. (2017). Perbedaan pengetahuan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang menggosok gigi dengan video modeling. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(1). https://doi.org/10.26553/jikm.2017.8.1.43-48

Tandilangi, M., Mintjelungan, C., & Wowor, V. N. (2016). Efektivitas dental health education dengan media animasi kartun terhadap perubahan perilaku kesehatan gigi dan mulut siswa SD Advent 02 Sario Manado. e-GiGi, 4(2).

Ulfa, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kembali isi cerita kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22-34.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v15i1.3809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Holistik Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.