PENGARUH REWARD DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA PERAWAT

Usastiawaty Cik Ayu Saadiah Isnainy, Andri Nugraha

Abstract


REWARD, JOB SATISFACTION, MOTIVATION AND JOB PERFORMANCE AMONG NURSING STAFF

Background: Nurse performance is the activity of the nurses in implementing their authority, duties and responsibilities as well as possible. From the results of prasurvey, obtained the result of temporary analysis the low performance of nurses was suspected due to job satisfaction, reward system, motivation of the nurse.

Purpose: These study to known the influence of Reward and Job Satisfaction To Motivation and Performance of Nurses at Pertamina Bintang Amin Hospital Bandar Lampung.

Methods: This was quantitative study with analytical design and cross sectional approach. This research was conducted since February to March 2018. Data analysis was done trough path analysis (Path Analysis).

Results: showed there is significant influence of reward (p-value:0.048), job satisfaction (p-value:0.001) and motivation (p-value:0.000) to nurse performance. Value of coefficient beta reward ( 0.105), nurse satisfaction (0.311) and motivation (0.609) to nurse performance.

Conclusion: Hospital institutions need to increase nurses motivation, so nurses always have good performance by providing intensive to nurses who work overtime and have good performance, facilitating the need for nurses to create job satisfaction, as well as providing support to continue education.

Pendahuluan: Kinerja perawat adalah aktivitas perawat dalam mengimplementasikan sebaik–baiknya suatu wewenang, tugas dan tanggung jawabnya. Dari hasil prasurvey didapatkan hasil  analisis sementara rendahnya kinerja perawat diduga  terletak pada kepuasan kerja, sistem penghargaan, motivasi kerja perawat tersebut. Tujuan: Diketahui pengaruh Reward dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi dan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Pertamina Bintang  Amin Bandar Lampung.

Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan analitik pendekatan cross sectional, dan telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2018. Analisa data menggunakanan alisis jalur (Path Analysis).

Hasil: ada pengaruh signifikan antara Reward (p-value:0.048), Kepuasan Kerja (p-value:0.001), dan Motivasi (p-value:0.000) terhadap Kinerja perawat. Diketahui ada pengaruh positif antara Reward (beta:0.105), Kepuasan Kerja (beta:0.311) dan Motivasi (0.609) terhadap Kinerja.

Kesimpulan: Institusi pelayanan keperawatan di Rumah Sakit melalui bidang keperawatan bekerjasama dengan pihak manajemen rumah sakit perlu meningkatkan motivasi kepada perawat, agar perawat selalu memiliki kinerja yang baik. Memfasilitasi kebutuhan perawat agar bisa menciptakan kepuasan kerja, serta mendukung perawat pelaksana melanjutkan pendidikan.

 


Keywords


Reward, Job Satisfaction, Motivation, Performance, Staff Nurse Reward, Kepuasan Kerja, Motivasi, Kinerja, Perawat

Full Text:

PDF

References


Analisa, L. W., & Rahardjo, M. (2011). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro)

Astuti, N & Sudharma. (2013). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan dan Kinerja Karyawan pada Hotel Bakungs Beach Cottage Kuta Bali. Universitas Udayana.

Bawono, D. C., & Nugraheni, R. (2015). Analisis Pengaruh Pemberian Insentif, Kepemimpian dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Perawat (Studi pada Perawat Ruang RSUD Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Faizin., & Winarsih. (2008). Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Lama Kerja Perawat Dengan Kinerja Perawat Di Rsu Pandan Arang Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Febrianti, S. (2014). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadapat MotivasiKerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja. Universitas Brawijaya.

Handoko. (2007). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE Yogyakarta.

Hariyati, S. T. (2014). Perencanaan Pengembangan dan Utilisasi Tenaga Keperawatan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Hasibuan. (2009). Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah, Edisi Revisi, Jakarta : Bumi Aksara

Johan. (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karywan di Restoran SOHO Makassar. Universitas Bina Nusantara.

Notoadmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan. Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika.

Pohan, I. S. (2015). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Rangkuti, F. (2013). SWOT balanced scorecard. Gramedia Pustaka Utama.

Samsuni, S. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(1), 113-124.

Trisnantoro, L. (2018). Memahami penggunaan ilmu ekonomi dalam manajemen rumah sakit. UGM press

Vera, S. (2016). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruangan Rawat Inap RS Islam Ibnu Sina Bukittinggi (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Edisi kelima. Jakarta : Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v12i4.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HOLISTIK JURNAL KESEHATAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.