HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN ETOS KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RS PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018

Nopi Sani

Sari


Manajemen sumber daya manusia diperlukan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Perawat merupakan salah satu unsur penting dalam proses pelayanan kesehatan khususnya dalam pemberian asuhan keperawatan kepada pasien. Salah satu tolak ukur dalam penilaian mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit adalah dengan menilai mutu pelayanan keperawatan yang ada di ruangan rawat inap. Banyak faktor yang dapat meningkatkan produktivitas kerja perawat diantaranya adalah disiplin kerja, lingkungan kerja dan etos kerja. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan disiplin kerja, lingkungan kerja dan etos kerja dengan produktivitas kerja perawat di ruang rawat inap RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung tahun 2018. Responden berjumlah 104 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan teknik pengambilan simple random sampling. Data dianalisis dengan univariat dan bivariat (Chi-Square). Analisis univariat menunjukkan karakteristik responden yang beragam dan produktivitas kerja yang baik  (78,8%). Terdapat hubungan antara disiplin kerja, lingkungan kerja, dan etos kerja dengan produktivitas kerja.

Kata Kunci


Produktivitas; etos kerja; perawat; disiplin kerja; lingkungan kerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asbakhul‘ulum, M. (2010). Hubungan Disiplin Kerja Dengan Produktivitas Kerja Karyawan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Blitar. Skripsi Tidak Dipublikasikan Fakultas Psikologi Universitas Islam NegeriMaulana Malik Ibrahim Malang

Fajariadi, D., (2014). Analisis Etos Kerja, Iklim kerja dan Disiplin kerja Terhadap Produktivitas Kerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Faslah, R., & Savitri, M. T. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Karyawan Pt. Kabelindo MurnI, Tbk. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis.

Hasibuan, H. Malayu SP (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta

Hastono, S. P. (2016). Analisis data pada bidang kesehatan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ilyas, Yaslis. (2012). Kiat sukses manajemen tim kerja. Gramedia Pustaka Utama.

Jais, A. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja dan lingkungan kerja Terhadap prestasi kerja Pegawai pada Rumah Sakit Umum Daerah H. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba (Doctoral dissertation, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Kementerian Kesehatan RI, (2016). Profil Kesehatan Indonesia 2015, Kemenkes RI, Jakarta.

Mangkunegara, A.A.P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perusahaan. Bandung. Perusahaan Rosda.

Profil Kesehatan Rumah Sakit Bintang Amin. (2017). Profil Kesehatan Rumah Sakit Bintang Amin Tahun 2017. Bandar Lampung.

Sedarmayanti, (2011), Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Penerbit Mandar Maju, Bandung.

Susanti, F. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Produktivitas Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap RSUD Cibinong Tahun 2014.

Trianto, A., & Toto, S. (2010). Effect Of Compensation, Discipline, And Work Motivation On Employee Productivity Of PT Kukdong International. Journal Faculty Of Economics Gunadarma.

Tulus, Tu’u. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi belajar. Jakarta: Grasind




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v6i3.2207

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.