PENYULUHAN PENTINGNYA PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN PENYAKIT HIPERTENSI GUNUNG TERANG RT. 03 LK I WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEMILING BANDAR LAMPUNG

Eka Yudha Chrisanto -  Akademi Keperawatan Malahayati, Indonesia
Eka Trismiyana* -  Akademi Keperawatan Malahayati, Indonesia
Rika Yulendasari -  Keperawatan Malahayati, Indonesia

ABSTRAK

Kasus ternjadinya penyakit hipertensi mengalami kenaikan setiap tahunya, kenaikanya pun meningkat sekitar 972 juta orang atau 26,7% terutama dinegara berkembang. Kasus ini akan diperkirakan  meningkat menjadi 29,2 % atau 1,15 milyar kasus pada tahun 2025. Tujuan kegiatan ini diharapkan warga dapat mengerti tentang pentingnya pencegahan dan pengobatan hipertensi. Kegiatan ini telah dilaksankan pada hari Sabtu tanggal 30 Desember 2017. Adapun kegiatan yang dilakukan berupa penyuluhan kepada Bapak dan ibu-ibu serta para lansia tentang pentingnya pencegahan dan pengobatan hipertensi di Gunung Terang Rt. 03 Lk I  Bandar Lampung Wilayah Kerja Puskesmas Kemiling  Bandar Lampung dengan metode penyuluhan menggunakan leaflet. Terdapat pengaruh signifikan pada pengetahuan Bapak, ibu serta lansia sebelum dan sesudah penyuluhan pencegahan dan pengobatan hipertensi. Dengan demikian, pemberian edukasi dapat memberikan peningkatan pengetahuan, khususnya yang berkaitan dengan pencegahan dan pengobatan hipertensi.

Kata kunci: Hipertensi, tingkat pengetahuan, penyuluhan

 

Kata Kunci : Hipertensi, tingkat pengetahuan, penyuluhan

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.
  3. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan
  4. Centers for Disease Control and Prevention. (2014). High Blood Pressure. (Online)Tersedia di: https:// www.cdc.gov /bloodpressure/ family_history.htm (Sitasi 25 Desember 2017)
  5. Kemenkes RI. (2017). Riset kesehatan Dasar. https://ejournal.unair.ac.idJBE/article/download/3886/3895.pdf
  6. Pusat data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. (2016). Infodatin Situasi Lanjut Usia di Indonesia. Kementerian Kesehatan RI.
  7. Yonata, A., Satria, A. (2016). Hipertensi sebagai Faktor Pencetus Terjadinya Stroke. Majority Vol. 5 No. 3.