Pelatihan Bidan tentang Komunikasi Interpersonal dan Konseling (KIP/K) dalam Upaya Peningkatan Kualitas Antenatal Care di Puskesmas Kalitidu Kabupaten Bojonegoro
Sari
ABSTRAK
Indikator keteraturan pemeriksaan kehamilan menggambarkan kualitas pelayanan Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Pada tahun 2019 di Puskesmas Kalitidu cakupan Kunjungan Kehamilan (K4) di Puskesmas Kalitidu belum mencapai target 100% yaitu tercapai 91%. Komplikasi kehamilan targetnya 15-20%, tercapai 40.96% dan komplikasi persalinan 44,17%. Angka Kematian Bayi (AKB) sebesar 8,13/1000 KH. Sedangkan Bidan di wilayah Puskesmas Kalitidu yang belum mengikuti pelatihan KIP/K sebesar 20 orang (90,91%) dari 22 bidan.Tujuan umum untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Bidan melalui pelatihan bidan tentang Komunikasi Interpersonal dan Konseling (KIP/K) dalam upaya peningkatan kualitas ANC. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari di Puskesmas Kalitidu, diikuti 22 bidan dengan metode ceramah tanya jawab,demonstrasi dan praktik KIP/K. Hasil kegiatan adalah peningkatan kualitas Bidan dalam KIP/K yaitu peningkatan pengetahuan dengan nilai rata-rata post tes 94,55 %, keterampilan KIP/K nilai rata-rata 82,50%, terbentuknya Komitmen Bersama Bidan dalam mendukung mensukseskan kegiatan Bidan tentang KIP&K dalam upaya peningkatan kualitas ANC. Luarannya peningkatan kualitas Bidan, HKI, Modul dan jurnal. Saran: sosialisasi KIP/K pada Bidan yang belum mengikuti pelatihan dan 7 hak ibu hamil pada pelayanan ANC serta menerapkannya dalam pelayanan ANC.
Kata kunci: Bidan, KIP/K, Pengabmas, pelatihan.
ABSTRACT
The indicators of regularity for antenatal care describe the quality of services for the Maternal and Child Health Program (MCH). In 2019 at the Kalitidu Health Center cThe coverage of Pregnancy Visits (K4) at the Kalitidu Health Center has not reached the 100% target, which is 91%. The target for pregnancy complications is 15-20%, achieved 40.96% and delivery complications 44.17%. The Infant Mortality Rate (IMR) is 8.13/1000 KH. Meanwhile, 20 midwives in the Kalitidu Community Health Center have not attended KIP/K training (90.91%) out of 22 midwives. ANC quality. This training was held for three days at the Kalitidu Health Center, attended by 22 midwives with a question and answer lecture method, demonstration, and KIP/K practice. The result of the activity is an increase in the quality of Midwives in KIP/K, namely an increase in knowledge with an average post-test score of 94.55%, KIP/K skills an average score of 82.50%, the formation of a Joint Commitment of Midwives in supporting the success of Midwives' activities on KIP&K in an effort to improve the quality of ANC. The output is improving the quality of midwives, HKI, modules, and journals. Suggestion: socialization of KIP/K to midwives who have not attended training and 7 rights of pregnant women in ANC services and apply them in ANC services.
Keywords: Midwife, KIP/K, Community Service, training.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Febriati, L. D., & Novika, A. G. (2021). Pelaksanaan Komunikasi Interpersonal atau Konseling (KIP/K) Oleh Bidan Pada Asuhan Antenatal Care. Jurnal Kebidanan Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.36419/jki.v12i1.433
Handajani, S. R. (2016). Komunikasi Dalam Praktik Kebidanan. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Komunikasi-dalam-Praktik-Kebidanan.pdf
Kabupaten Bojonegoro. (2017). Profil Kesehatan Kabupaten Bojonegoro.
Kabupaten Bojonegoro. (2018). Profil Kesehatan Kabupaten Bojonegoro.
Kabupaten Bojonegoro. (2019). Profil Kesehatan Kabupaten Bojonegoro.
Kemenkes RI. (2014). Infodatin-Ibu. Kemenkes RI, 1.
Pantiawati, I. (2010). Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).
Puskesmas Kalitidu. (2018). Profil Kesehatan Puskesmas Kalitidu.
Puskesmas Kalitidu. (2019). Profil Kesehatan Puskesmas Kalitidu.
Sulistiyanti, A., & Sunarti. (2015). Kajian Pelaksanaan Antenatal Care Oleh Bidan di Wilayah Kerja Puskesmas Masaran Sragen. 5. https://ojs.udb.ac.id/index.php/infokes/article/download/63/63
Sunarni, N., Judistiani, T. D., Hinduan, Z. R., Sukandar, H., Madjid, T. H., & Setyono, I. L. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Konseling oleh Mahasiswa Kebidanan dengan Kepuasan Klien di Bidan Praktik Mandiri. In 40 | IJEMC (Vol. 3, Issue 2).
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i1.5309
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.