Sosialisasi Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Era Digitalisasi
Sari
ABSTRAK
Digital marketing merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mempermudah dalam mencari informasi produk. Meski demikian, para pelaku usaha, terutama yang mewakili usaha kecil dan menengah, masih mengandalkan metode pemasaran tradisional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pelaku UMKM di desa Timbuseng dalam pengelolaan pemasaran guna mendorong penjualan produk secara besar-besaran dan meningkatkan daya saing UMKM, serta penguasaan digital marketing dalam rangka menjaring calon konsumen melalui media sosial. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan pendekatan yang memadukan sosialisasi dengan gaya ceramah, mengidentifikasi masalah, serta diskusi tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini berimplikasi kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk lebih termotivasi dan semangat dalam berbisnis sehingga usaha yang mereka kelola dapat berkembang.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, Digital Marketing
ABSTRACT
Digital marketing is one of the strategies used by micro, small and medium enterprises (MSMEs) to meet consumer needs and make it easier to find product information. However, business actors, especially those representing small and medium enterprises, still use on traditional marketing methods. This activity aims to increase the knowledge and ability of MSME actors in Timbuseng village in marketing management to encourage massive product sales and increase MSMEs competitiveness, as well as mastery of digital marketing in order to attract potential consumers through social media. PKM activities are carried out with an approach that combines socialization with lecture style, problem identification, and question and answer discussions. The results of this activity have implications for micro, small and medium business actors to be more motivated and enthusiastic in doing business so that the businesses they manage can develop.
Keyword: Marketing Strategy, MSMEs, Digital Marketing
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Agustin, K., & Komalasari, E. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Dan Menengah ( Ukm ) Di Rattan Handmade Pekanbaru. 6(2), 97–106.
Asmawiyah. (2021). Meningkatkan Kinerja Usaha dalam Perspektif Kewirausahaan. Penerbit NEM.
Chinakidzwa, M., & Phiri, M. (2020). Exploring digital marketing resources, capabilities and market performance of small to medium agro-processors. A conceptual model. Journal of Business & Retail Management Research, 14(02), 1–14.
Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Jakarta: 2 Agustus 2018. Hal. 332-337.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41.
Hananto, B. A. (2019). Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 2, pp. 56-61
Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen. Journal of Business and Banking, 10(1), 91.
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659
Kotane. (2019). Assessment Of Trends In The Application Of Digital Marketing. 38(1), 123–127.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali
Levy, P., Morecroft, J., & Rashidirad, M. (2020). Developing a transformational digital strategy in an SME: The role of responsible management. Emerald Open Research, 2, 52.
Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1), 47–61.
Noviani, L. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok” Liar”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(01), 2076–2086.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114-136.
Sari, H., & Anggraeni, L. (2019). Peran tipe gambar, tagar, jumlah likes dan informasi harga pada Instagram terhadap intensi membeli. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 14(2), 71-80.
Shpak, N., Kuzmin, O., Dvulit, Z., Onysenko, T., & Sroka, W. (2020). Digitalization of the marketing activities of enterprises: Case study. Information (Switzerland), 11(2), 1–14.
Thaha, A. R., Maulina, E., Muftiadi, R. A., & Alexandri, M. B. (2021). Digital Marketing and SMEs: A Systematic Mapping Study. Library Philosophy and Practice, 2021, 1–19.
Tirtayasa, S., Nadra, I., & Khair, H. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19 The Effect of Marketing Strategy on Improving SMEsPerformance is moderated by Technology during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 20371.
Zulkarnain. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39.
Ziółkowska, M. J. (2021). Digital Transformation and Marketing Activities in Small and Medium-Sized Enterprises. Sustainability, 13(5), 2512.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i9.6780
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.