Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Pencegahan Covid-19 pada Siswa di SMPN 13 Pesawaran
Sari
ABSTRACT : RELATIONSHIP OF KNOWLEDGE AND ATTITUDE WITH COVID-19 PREVENTION BEHAVIOR IN STUDENTS AT SMPN 13 PESAWARAN
Introduction: Based on observations made on offline students (outside the network) it was found that there were students who did not understand, obey and apply health protocols at school. It was found (39.7%) of students did not comply with the health protocol outside the supervision of the teacher, such as not bringing a mask to school, not keeping the distance between friends, and still having students touching the face area.
Objective: It is known how the relationship between knowledge and attitudes with Covid-19 prevention behavior in students at SMPN 13 Pesawaran.
Methods: This research uses quantitative research with observational analytic methods, namely research that tries to understand the relationship between variables by analyzing the data that has been obtained. The research design used is a cross-sectional design to determine the relationship between knowledge and attitudes with COVID-19 prevention behavior in offline students at State Junior High School (SMP N) 13 Pesawaran.
Results: Statistical test of knowledge using chi-square, obtained P-Value 0.000 so that P-Value (0.0<0.5) then there is a relationship with the value of Odds Ratio 9.8 attitude statistic test using chi-square, obtained P-Value 0.01 so P-Value (0.1<0.5) then there is a relationship with the value of Odds Ratio 8.
Conclusions and suggestions: Students of SMPN 13 Pesawaran have less than optimal knowledge and attitudes accompanied by less than optimal behavior in preventing Covid-19. To further improve supervision of school residents so that they always comply with health protocols to break the transmission line of Covid-19.
Keywords: Knowledge, Attitude, Covid-19 Prevention Behavior
INTISARI : HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA SISWA DI SMPN 13 PESAWARAN
Pendahuluan : Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada siswa luring (luar jaringan)ditemukan adanya siswa yang belum memahami, mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan disekolah. Ditemukan (39,7%) siswa yang tidak mematuhi protokol kesehatan diluar pengawasan guru seperti tidak membawa masker saat kesekolah, tidak menjaga jarak antar teman dan masih adanya siswa yang menyentuh area wajah.
Tujuan : Diketahui bagaimana hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan Covid-19 Pada Siswa Di SMPN 13 Pesawaran.
Metode : Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitaif dengan metode analitik observasional, yaitu penelitian yang mencoba memahami hubungan antar variable dengan menganalisis data yang telah diperoleh. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain cross-sectional untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan COVID-19 pada siswa yang luring di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 13 Pesawaran.
Hasil : Uji statistik pengetahuan menggunakan chi-square, didapat P-Value 0.000 sehingga P-Value ɑ (0.0<0.5) maka terdapat hubungan dengan nilai Oods Ratio 9.8 uji statistik sikap menggunakan chi-square, didapat P-Value 0.01 sehingga P-Value ɑ (0.1<0.5) maka terdapat hubungan dengan nilai Oods Ratio 8.
Kesimpulan dan saran : Siswa SMPN 13 Pesawaran memiliki pengetahuan dan sikap yang kurang optimal diiringi dengan perilaku yang kurang optimal dalam pencegahan Covid-19. Agar bisa lebih meningkatkan pengawasan pada warga sekolah agar selalu mematuhi protokol kesehatan agar dapat memutus tali penularan Covid-19.
Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Perilaku Pencegahan Covid-19
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andini, N. P. P. P. (2021). GAMBARAN SIKAP PENCEGAHAN COVID-19 MASYARAKAT DI DESA BELUMBANG KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN TAHUN 2021 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Denpasar).
Detiro, M. D. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Pencegahan COVID-19 Pada Mahasiswa Kedokteran di Provinsi Aceh. https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=85785
Dewi, W. A. dan M. (2016). Teori dan Pengukuran PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MANUSIA (Cetakan II). Nuha Medika.
Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2021). Situasi Terkini Perkembangan COVID-19 05 Februari 2021. https://dinkes.lampungprov.go.id/tag/covid-19/
Handayani, R. T., Arradini, D., Darmayanti, A. T., Widiyanto, A., & Atmojo, J. T. (2020). Pandemic Covid-19, Body Immunity Response, and Herd Immunity. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 10(3), 373-380.
Jumiati, I. (2018). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP BULLYING PADA SISWA DI SD NEGERI 01 NGESREP KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (2020). Apa Yang Harus Dilakukan Masyarakat Untuk Cegah Penularan Covid-19. 2020, 1–24. https://promkes.kemkes.go.id/download/enjn/files86548Pedoman apa yang harus dilakukan-CEGAH-COVID-19.pdf
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Germas. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/REV-04_Pedoman_P2_COVID-19__27_Maret2020_TTD1.pdf&ved=2ahUKEwiYrfzt5afuAhXXT30KHVMFAzoQFjABegQICRAB&usg=AOvVaw0Y1nwxnLW0f8EYFuaA451z&cshid=1611052411794
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 05 Februari 2021. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-05-februari-2021
Lathifah, H. (2021). upaya guru pai dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di smpn 1 geger madiun (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Mahardhani, A. J., & KP, M. (2020). Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(2), 65-76.
Marzuki, I., Bachtiar, E., Zuhriyatun, F., Purba, A. M. V., Kurniasih, H., Purba, D. H., ... & Airlangga, E. (2021). COVID-19: Seribu Satu Wajah. Yayasan Kita Menulis
Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori
Komunikasi.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. PT Rineka Cipta.
Ray, V. N. M., Samion, M., & Lukito, A. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat Terhadap Pencegahan Pandemi COVID-19 di Kota Tanjung Balai. IV(I), 39–45. https://www.ojsfkuisu.com/index.php/stm/article/view/70
Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Deepublish
Pertiwi, A., & Sunarti, S. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Perilaku Pijat Balita di PUSKESMAS Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara.
Purandina, I. P. Y. (2020). Pendidikan Karakter Tumbuh Selama Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 99.
ahmat, P. S. (2021). Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.
Zulaiha, D., & Rohman, A. (2020). Strategi Guru dan Keterlibatan Orangtua dalam Pemahaman Konsep Sains Anak Selama Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (2), 1248-1260.Ramadhani, F., & Nuryani, N. (2020). Knowledge Have Correlation with Preventive Practice Covid-19 in College Students of Gorontalo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(3), 108-117.
Rosidin, U., Rahayuwati, L., & Herawati, E. (2020). Perilaku dan peran tokoh masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi covid-19 di Desa Jayaraga, Kabupaten Garut. Umbara, 5(1), 42-50.
Syakurah, R. A., & Moudy, J. (2020). Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(3), 333-343
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v3i4.4744
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License