Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Bullying Di SMA Tamansiswa Rancaekek
Sari
ABSTRACT
This research is motivated by the rampant phenomenon of bullying among teenagers. The phenomenon of bullying is a problem that is still ongoing, often parents and schools consider this bullying behavior a natural thing to happen without thinking about the long-term impacts that will occur in the future. This bullying behavior occurs due to the lack of knowledge of teenagers and the ignorance of parents and schools in seeing bullying. The KPAI commissioner explained that the cases of violations that occurred in 2019 were dominated by bullying in the form of physical violence, psychological violence, and sexual violence . To find out how the level of knowledge of adolescents about the dangers of bullying . Methods quantitative descriptive research. The research instrument used a bullying knowledge level questionnaire . The sample in this study was SMA Tamansiswa Rancaekek class XII students using a total sampling of 62 students. In this study, a univariate analysis was conducted in the form of a frequency distribution using SPSS. Frequency distribution of respondents ( Age , Gender). The results of this study showed that from 62 respondents, more than half of the respondents 38 people (61.3 % ) had a good level of knowledge . This study shows the level of knowledge of adolescents in Class XII SMA Tamansiswa Rancaekek, namely the level of knowledge is good. Thus, students are expected to be able to maintain, explore and increase young people's knowledge about bullying.
Keywords : Adolescents, Bullying, Knowledge Level
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena bullying dikalangan remaja. Fenomena Bullying merupakan sebuah masalah yang saat ini masih berlanjut, seringkali orang tua maupun pihak sekolah menganggap perilaku bullying ini hal yang alami terjadi tanpa memikirkan dampak jangka panjang yang akan terjadi dimasa depan. Perilaku Bullying ini terjadi karena pengetahuan remaja yang kurang serta ketidaktauan orang tua dan pihak sekolah dalam melihat bullying. Komisioner KPAI menjelaskan kasus pelanggaran yang terjadi pada tahun 2019 didominasi oleh bullying berupa kekerasan fisik, kekerasan psikis, dan kekerasan seksual. Tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan remaja tentang bahayanya bullying. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan bullying. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Tamansiswa Rancaekek kelas XII dengan menggunakan total sampling sebanyak 62 Siswa. Pada penelitian ini dilakukan analisis univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dengan menggunakan SPSS, Distribusi frekuensi responden (Usia, Jenis kelamin). Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dari 62 responden yaitu lebih dari setengah responden 38 orang (61,3%) memiliki tingkat pengetahuan baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan tingkat pengetahuan remaja di Kelas XII SMA Tamansiswa Rancaekek yaitu Tingkat Pengetahuan Baik. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat mempertahankan, mendalami serta meningkatkan pengetahuan tremaja tentang hayanya bullying.
Kata kunci: Bullying, Remaja, Tingkat Pengetahuan
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
A’ini, A. D. N. (2020). Hubungan Harga Diri Dan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik (JIKA), 3(2), 28 - 37.
Agustin Sukmawati, A. P. (2020). Dampak Cyberbullying Pada Remaja Di Media Sosial. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 1(1), 55-65.
Andhita Nurul, K. T. D. (2017). Gambaran Negative Automatic Thoughts pada Remaja Korban Bullying di Sekolah Menengah Pertama Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Psikology, Vol 4 No 2.
Arikunto, S. (2006). In Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang,D. D. B. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (01),55-66.
Devi,N. (2018). Pemberian Pendidikan Kesehatan Dapat Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Bullying. Jurnal Keperawatan Pangkalpinang, 1(1), 36-43.
ELA ZAIN ZAKIYAH, S. H. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM ISSN2442-448X Vol 4, No: 2 Hal: 129 - 389 Juli 2017.
KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA. (n.d.). Bullying. Retrieved from https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/8e022-januari-ratas-bullying-kpp-pa.pdf
Kementrian Kesehatan RI. (2017). Retrieved from Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.: https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-reproduksi-remaja.pdf
Kholilah, Masrully. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Semen Gresik. Tesis. Surabaya: Universitas Nahdlathul Ulama Surabaya.
Kompas. (2020, Agustus 2). Retrieved from 4 Kasus "Bullying" di Sejumlah Daerah, Dibanting ke Paving, Amputasi hingga Korban Depresi Berat: https://regional.kompas.com/read/2020/02/08/06060081/4- kasus-bullying-di-sejumlah- daerah-dibanting-ke-paving-amputasi-hingga?page=all
KPAI. (2019). Catata KPAI di Hardiknas kasus anak Bully guru meningkat drastis. Retrieved from https://www.kpai.go.id/publikasi/catatan-kpai-di-hardiknas-kasus-anak-bully-guru-meningkat-drastis
KPAI. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI. Retrieved from https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai#:~:text=KPAI%20mencatat%20dalam%20kurun%20waktu,laporan%20dan%20trennya%20terus%20meningkat.&text=Umumnya%20bullying%20adal
Kustanti, Erin Ratna. (2015). Gambaran Bullying Pada Pelajar Di Kota Semarang. Jurnal Psikologi Undip , Vol.14 No.1 April 2015, 29-39.
Livana, P. H., Susanti, Y., & Silviani, M. A. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap pada Remaja melalui Pendidikan Kesehatan tentang Dampak Bullying. . Jurnal Ners Widya Husada , 5(3), 113-122.
Masturoh, I. d. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Retrieved from Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2018/09/Metodologi-Penelitian-Kesehatan_SC.pdf
Maya, N. (2015). Fenomena Cyberbullying Di Kalangan Pelajar. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, ISSN. 2442-6962 Vol 4 no 3.
Menesini, E. &. (2017). Bullying in schools: the state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health and Medicine, 22, 240–253.
Mintasrihardi, A. K. (2019). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja. jurnal Ilmu Administrasi Publik ISSN 2615-5826, Vol. 7 No. 1 Maret 2019, Hal. 44-55.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Noviana, E., Pranata, L., & Fari, A. I. (2020). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA SMA TENTANG BAHAYA BULLYING. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 3(2),75-82.
Nurhayati, T. (2016). Perkembangan perilaku psikososial pada masa pubertas. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(1).
Nurita,D. (2018). Hari Anak Nasional KPAI Catat Kasus Bullying Paling Banyak. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/1109584/hari-anak-nasional-kpai-catat-kasus-bullying-paling-banyak/full&view=ok
Okezone. (2018, Maret). Bullying Siswa SMP di Tangsel, Korban Dipukul Pakai Batu. Retrieved from Okezone: https://megapolitan.okezone.com/read/2018/03/07/338/1869092/bullying-siswa-smp-di-tangsel-korban-dipukul-pakai-batu
Prayunika, D. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan Bullying Di SMP Negeri 11 dan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Naskah Publikasi.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Putra, M. D. R. E., & Apsari, N. C. (2021). HUBUNGAN PROSES PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS REMAJA DENGAN TAWURAN ANTAR REMAJA. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 14-24.
Rahayu, F. S. (2012). CYBERBULLYING SEBAGAI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 22-31. doi: https://doi.org/10.21609/jsi.v8i1.321
Rifauddin, M. (2016). Fenomena cyberbullying pada remaja. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah al-Hikmah, 4(1), 35-44.
Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku cyberbullying remaja di media sosial. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(2), 98-111.
Sitasari, N. W. (2017). Persepsi Tentang Perilaku Bullying Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi Volume 15 Nomor 2 Desember 2017.
sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Syena, I. A., Hernawaty, T., & Setyawati, A. (2019). Gambaran Cyberbullying Pada Siswa. Jurnal Keperawatan BSI, 7(2), 88-96.
Unicef. (2018). Bullying. Retrieved from https://www.unicef.org/egypt/bullying
Unicef. (2018). Tips Children and Adolescent. Retrieved from https://www.unicef.org/egypt/bullying/tips-children-and-adolescents
United States Government. (2020). What Is bullying. Retrieved from https://www.stopbullying.gov/bullying/what-is-bullying
Wawan dan Dewi M . (2011). In Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap, dan Perilaku Manusia (p. 11). Yogyakarta: Nuha Medika.
Wulandari, A. (2014). Karakteristik pertumbuhan perkembangan remaja dan implikasinya terhadap masalah kesehatan dan keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1), 39-43.
Yamin , A., Shalahudini , I., Rosidin , U., & Somantri , I. (2018). Pencegahan Perilaku bullying Pada Siswa-Siswi SMP 2 Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran.
Yuniliza. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Terhadap Bullying Di SMAN 3 Kota Bukittinggi. Maternal Child Health Care Journal.
Zakiyah,Ela Zain., Humaedi, Sahadi., Santoso, Meilany Budiarti. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM ISSN: 2442-448X Vol 4, No: 2 Hal: 129 - 389 Juli 2017.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i4.6124
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License