Gambaran Pengetahuan Penanganan Cedera Sprain & Strain pada Siswa/I di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Hidayatul Muslimin 2

Rizki Fadilah, Ikbal Fradianto, Suhaimi Fauzan, Mita Mita, Faisal Kholid Fahdi

Sari


ABSTRACT

 

The highest prevalence of injury occurs in school-age children. Injuries can be an emergency problem and can lead to very serious injuries if it is not treated properly. Furthermore, the readiness of knowledge and skills for early emergency response are very important points in order to avoid worsening the patient's condition. The purpose of this study is that to determine the overview of injury treatment knowledge of students at Islamic Junior Highscool Hidayatul Muslimin 2 Islamic Boarding School. The approach in this study used descriptive quantitative with a population of students of Islamic Junior Highscool Hidayatul Muslimin students with a research sample of 97 respondents. Meanwhile, data collection used primary data which the researcher obtained from the results of filling out the questionnaire. The result of this study shows that the level of knowledge of students at Islamic Junior Highscool Hidayatul Muslimin 2 still has a low level of knowledge that is 4.1% of the population. It is divided into three categories, good 67%, very good 16.5%, and fairly 12.4%. The conclusion of this study is that the level of knowledge of Islamic Junior Highscool Hidayatul Muslimin 2 students towards the treatment of sprain injuries and strain is still lacking in knowledge

 

Keywords: Sprain, Strain, Injury, Knowledge Level, School Nurses.

 

 

ABSTRAK

 

Prevalensi peristiwa cedera paling tinggi terjadi pada anak dengan usia sekolah. Cedera bisa jadi permasalahan kegawatdaruratan serta memunculkan cedera yanng sangat serius bila tidak diatasi dengan cara yang benar. Kesiapan pengetahuan serta ketrampilan kegawatdaruratan awal sebagai poin yang sagat berarti guna menghindari memburuknya keadaan penderita. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Gambaran pengetahuan penaganganan cidera oleh para siswa/I Sekolah Menengah Pertama di Pondok Pesantren Hidayatul Muslimin 2. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan Kuantitatif deskriptif dengan populasi Siswa/I MTS Hidayatul Muslimin 2 dengan sampel penelitian sebanyak 97 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan Responden di Sekolah Menengah Pertama Hidayatul Muslimin 2 masih terdapat tingkat pengetahuannya kurang yakni sebanyak 4,1% dari populasi. Pengetahuan Baik 67%, Pengetahuan Sangat baik 16,5%, Pengetahuan Cukup 12,4%. Kesimpulan dari penelitian ini penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan Siswa/siswi Sekolah Menegah Pertama Hidayatul Muslimin 2 terhadap penanganan cedera sprain dan strain ini masih ada yang tingkat pengetahuannya kurang.  

 

Kata Kunci: Sprain, Strain, Cedera, Pengetahuan, Remaja.


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Collaborators, G. 2017 C. of D. (2018). Global , regional , and national age-sex-specific mortality for 282 causes of death in 195 countries and territories , 1980 – 2017 : a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2017. Lancet, 392, 1980–2017. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(18)32203-7

Esmaeilpoor, A., Mohebbi, S. Z., Moghadam, N., Ahmadian, M., Razeghi, S., & Khami, M. R. (2021). Self-reported experience of orofacial injury, preventive practice, and knowledge of Iranian adolescent martial art athletes towards sports-related orofacial injuries. BMC Sports Science, Medicine and Rehabilitation, 13(1). https://doi.org/10.1186/S13102-021-00363-4

Hardyanto, J., & Nirmalasari, N. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Penanganan Pertama Cedera Olahraga Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Olahraga Di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v6i1.195

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan (1st ed.). Prenadamedia Publisher.

Kadek, N., Widiastuti, P., Made, I., Adiputra, S., Keperawatan, S. I., Wira, S., & Bali, M. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 11(1), 23–31. https://doi.org/10.36565/JAB.V11I1.409

Kuo-Ming, Wang, Lin, Y.-H., & Huang, Y.-C. (2012). The Knowledge and Attitude of Sports Injury Prevention and Management of Senior High School Athletes in Taiwan Running title: Sport Injury Prevention The Knowledge and Attitude of Sports Injury Prevention and Management of Senior High School Athletes in Taiwan. Health Sciences, 112(365).

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman.

Nasri, N., & Leni, A. S. M. (2021). Pengetahuan Siswa Ekstrakurikuler Sekolah Menegah Atas Sederajat Kota Surakarta Tentang Pencegahan, Perawatan, Dan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga. Jurnal MensSana, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/menssana.06012021.13

Normadewi, B. (2012). Analisis Pengaruh Jenis Kelamin dan Tingkat Pengetahuan terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love of Money Sebagai Variabel Intervening. E-Prints Undip. http://eprints.undip.ac.id/35773/

Nur Syamsuddin, W., Sartika Sari, F., Mardiyah, S., Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta, M., & Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan, D. (2021). Pengaruh Pemberian Pelatihan Rice Terhadap Keterampilan Penanganan Cedera Strain Pada Atlet Pencak Silat Di Sragen.

Oktaviani, E., Feri, J., S. (2020). Pelatihan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan di Sekolah dengan Metode Simulasi. Journal of Character Educationn Society, 3(2), 403–413.

Pandey, A. R., Neupane, T., Chalise, B., Chaudhary, S., Shrestha, N., & Bista, B. (2020). Serious Injury and its Correlates among School Going Adolescents in Nepal: A cross-sectional study. J Nepal Health Res Counc, 18(3), 506–518. https://doi.org/10.33314/jnhrc.v18i3.2882

Pasaribu, M., Irvan, & Amir, A. (2022). Pengetahuan Cedera Olahraga pada Siswa MTsN Barito Selatan Kalimantan Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 145–152. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/209/189

Putra, A. W. S., & Podo, Y. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat dalam mitigasi bencana alam tanah longsor. Urecol 6th. http://journal.unimma.ac.id/index.php/urecol/article/view/1549/761

Rokhimah, A. N., & Pranowowati, P. (2019). Penyuluhan Alat Konstrasepsi terhadap Tingkat Pengetahuan Wanita Usia Subur. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, 251. https://doi.org/doi.org/10.15294/higeia/v3i2/30079

Selvasari, R. (Ed.). (2019). Perkembangan Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan. Deepublish.

Soni, R. K. (2019). Childhood home based unintentional injuries Surveillance in Punjab India. Online Journal of Public Health Informatics, 11(1), 2579. https://doi.org/10.5210/ojphi.v11i1.9915

Thoifah, I. (2015). Statistik pendidikan dan metoda penelitian kuantitatif / I’anatut thoifah. Madani.

Utami, R. A., Setiawan, A., & Fitriyani, P. (2019). Pengaruh Aplikasi Model “Simbol Andi” Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Anak Usia Sekolah Dengan Risiko Cedera Di Kota Depok. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(3), 182–190. https://doi.org/10.7454/jki.v22i3.592

Collaborators, G. 2017 C. of D. (2018). Global , regional , and national age-sex-specific mortality for 282 causes of death in 195 countries and territories , 1980 – 2017 : a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2017. Lancet, 392, 1980–2017. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(18)32203-7

Esmaeilpoor, A., Mohebbi, S. Z., Moghadam, N., Ahmadian, M., Razeghi, S., & Khami, M. R. (2021). Self-reported experience of orofacial injury, preventive practice, and knowledge of Iranian adolescent martial art athletes towards sports-related orofacial injuries. BMC Sports Science, Medicine and Rehabilitation, 13(1). https://doi.org/10.1186/S13102-021-00363-4

Hardyanto, J., & Nirmalasari, N. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Penanganan Pertama Cedera Olahraga Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Olahraga Di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v6i1.195

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan (1st ed.). Prenadamedia Publisher.

Kadek, N., Widiastuti, P., Made, I., Adiputra, S., Keperawatan, S. I., Wira, S., & Bali, M. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 11(1), 23–31. https://doi.org/10.36565/JAB.V11I1.409

Kuo-Ming, Wang, Lin, Y.-H., & Huang, Y.-C. (2012). The Knowledge and Attitude of Sports Injury Prevention and Management of Senior High School Athletes in Taiwan Running title: Sport Injury Prevention The Knowledge and Attitude of Sports Injury Prevention and Management of Senior High School Athletes in Taiwan. Health Sciences, 112(365).

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman.

Nasri, N., & Leni, A. S. M. (2021). Pengetahuan Siswa Ekstrakurikuler Sekolah Menegah Atas Sederajat Kota Surakarta Tentang Pencegahan, Perawatan, Dan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga. Jurnal MensSana, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/menssana.06012021.13

Normadewi, B. (2012). Analisis Pengaruh Jenis Kelamin dan Tingkat Pengetahuan terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love of Money Sebagai Variabel Intervening. E-Prints Undip. http://eprints.undip.ac.id/35773/

Nur Syamsuddin, W., Sartika Sari, F., Mardiyah, S., Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta, M., & Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan, D. (2021). Pengaruh Pemberian Pelatihan Rice Terhadap Keterampilan Penanganan Cedera Strain Pada Atlet Pencak Silat Di Sragen.

Oktaviani, E., Feri, J., S. (2020). Pelatihan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan di Sekolah dengan Metode Simulasi. Journal of Character Educationn Society, 3(2), 403–413.

Pandey, A. R., Neupane, T., Chalise, B., Chaudhary, S., Shrestha, N., & Bista, B. (2020). Serious Injury and its Correlates among School Going Adolescents in Nepal: A cross-sectional study. J Nepal Health Res Counc, 18(3), 506–518. https://doi.org/10.33314/jnhrc.v18i3.2882

Pasaribu, M., Irvan, & Amir, A. (2022). Pengetahuan Cedera Olahraga pada Siswa MTsN Barito Selatan Kalimantan Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 145–152. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/209/189

Putra, A. W. S., & Podo, Y. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat dalam mitigasi bencana alam tanah longsor. Urecol 6th. http://journal.unimma.ac.id/index.php/urecol/article/view/1549/761

Rokhimah, A. N., & Pranowowati, P. (2019). Penyuluhan Alat Konstrasepsi terhadap Tingkat Pengetahuan Wanita Usia Subur. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, 251. https://doi.org/doi.org/10.15294/higeia/v3i2/30079

Selvasari, R. (Ed.). (2019). Perkembangan Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan. Deepublish.

Soni, R. K. (2019). Childhood home based unintentional injuries Surveillance in Punjab India. Online Journal of Public Health Informatics, 11(1), 2579. https://doi.org/10.5210/ojphi.v11i1.9915

Thoifah, I. (2015). Statistik pendidikan dan metoda penelitian kuantitatif / I’anatut thoifah. Madani.

Utami, R. A., Setiawan, A., & Fitriyani, P. (2019). Pengaruh Aplikasi Model “Simbol Andi” Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Anak Usia Sekolah Dengan Risiko Cedera Di Kota Depok. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(3), 182–190. https://doi.org/10.7454/jki.v22i3.592




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i4.10122

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler