Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Keperawatan Terkait Protokol Kesehatan Selama New Normal di Universitas Tanjungpura
Sari
ABSTRACT
Limited face-to-face learning is one of the policies issued by the government in the New Normal era. This policy is done to reduce direct contact with people to prevent the spread of COVID-19. The rapid development of the virus is caused by non-compliance with health protocols so students are required to implement health protocols to suppress the spread of COVID-19. Knowledge and attitudes play an important role in compliance with the application of health protocols, so this research is needed. To analyze the relationship between students knowledge and attitudes regarding health protocols during the new normal. This research is a quantitative study with a correlational study design and a cross sectional approach. Determination of the sample using purposive sampling with 155 respondents. The analysis of this study uses the Kendall's Tau test. The characteristics of respondents consist of gender categories, age and academic year. Most of the respondents is female (86.45%), age ranged from 19-21 years (68.4%) and in the second semester of academic year (47.1%). Most of the respondents have a sufficient level of knowledge (52.26%) and most of the respondents attitudes are in the positive category (60%). The results of the correlation test obtained a p-value of 0.048 and a correlation coefficient of 0.153. There is a relationship between the level of knowledge and attitudes of students regarding health protocols. The correlation coefficient value indicates that the two variables have a weak positive relationship. This means that a sufficient level of knowledge has been able to have an impact on a positive attitude in implementing the COVID-19 health protocol. Students are expected to improve the application of health protocols, especially in the campus area.
Keywords: COVID-19, Health Protocol, Knowledge, Attitude
ABSTRAK
Pembelajaran tatap muka terbatas menjadi salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dimasa New Normal. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak langsung dengan orang-orang sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19. Perkembangan virus yang cepat disebabkan oleh ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan sehingga mahasiswa diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran COVID-19. Pengetahuan dan sikap berperan penting dalam kepatuhan penerapan protokol kesehatan sehingga diperlukannya penelitian ini. Menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap mahasiswa keperawatan terkait protokol kesehatan selama new normal. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan desain studi korelasional dan pendekatan cross sectional. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan 155 responden. Analisis penelitian ini menggunakan uji Kendall’s Tau. Karakteristik responden terdiri dari kategori jenis kelamin, usia dan tahun akademik. Sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (86,45%), usia berada pada rentang 19-21 tahun (68,4%) dan tahun akademik semester 2 (47,1%). Sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan dalam kategori cukup (52,26%) dan sebagian besar sikap responden dalam kategori positif (60%). Hasil uji korelasi diperoleh nilai p-value 0,048 dan nilai koefisien korelasi 0,153. Ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa terkait protokol kesehatan. Nilai koefisien korelasi menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan positif yang lemah. Hal ini bermakna bahwa tingkat pengetahuan yang cukup sudah mampu memberikan dampak pada sikap yang positif dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan penerapan protokol kesehatan terutama di area kampus.
Kata Kunci: COVID-19, Protokol Kesehatan, Pengetahuan, Sikap
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Akbar, A., Hardy, F. R., & Maharani, F. T. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Tindakan Pencegahan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta. Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat, 98–110.
Alfikrie, F., Akbar, A., & Anggreini, Y. D. (2021). Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa dalam Pencegahan COVID-19. Borneo Nursing Journal, 3(1), 1–6. https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ
Aqita, M. A. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unversitas Sumatera Utara Terkait Protokol Kesehatan Pencegahan Infeksi COVID-19.
Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Budiman, & Riyanto, A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Salemba Medika.
Driposwana Putra, I., Malfasari, E., Yanti, N., Erlin, F., Hasana, U., Harahap, A. S., & Hendra, D. (2021). Tingkat Kepatuhan Mahasiswa Kesehatan Dalam Berprotokol Kesehatan Pasca Lebih Dari Satu Tahun Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(2), 429–434. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/7331
Hartati, R., Imbiri, M. J., & Setiani, D. (2020). Gambaran Pengetahuan Mahasiswa Tentang Infeksi COVID-19 Selama Pembelajaran Daring Di Poltekkes Kemenkes Jayapura. Gema Kesehatan, 12(1), 7–13.
Hutagalung, A. B. Y., & Siagian, E. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Covid-19 Terhadap Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Yang Praktik Di Rumah Sakit. Nutrix Journal, 5(2), 35–47. https://doi.org/10.37771/nj.vol5.iss2.578
I Nengah, B. ., Chrysella, Farah, Happy, Safiinatunnajah, Yunita, Ahmad, Ayu, D., Fitria, Hieronimus, Wahyu, & Rahem, A. (2020). Hubungan Usia Dengan Pengetahuan Dan Perilaku Penggunaan Suplemen Pada Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Farmasi Komunitas, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.20473/jfk.v7i1.21657
Juniartini, & Rasna. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141.
Kemdikbud RI. (2021). Kemendikbud Siapkan Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/kemendikbud-siapkan-kebijakan-pembelajaran-tatap-muka-terbatas#:~:text=Kemendikbud Siapkan Kebijakan Pembelajaran Tatap,di masa pandemi Covid-19.
Kemenkes RI. (2021). Kemenkes : Kunci Utama Pengendalian COVID-19 Adalah Perilaku Disiplin 3M. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20201014/4235370/kemenkes-kunci-utama-pengendalian-covid-19-adalah-perilaku-disiplin-3m/
Kemenkes RI. (2022). Peta Sebaran Transmisi Lokal dan Wilayah Terkonfirmasi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Lathifa, A. R., Kamalia, F., Putra, F. P., & Nuryanti, L. (2021). Student Compliance in Doing Health Protocols during the Covid-19 Pandemic. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–8.
Lestari, A. O. A. W. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pada Masyarakat Kelurahan Pegirian. Jurnal Promkes, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.20473/jpk.V7.I1.2019.1
Muslimah, A. I., & Pramintari, R. D. (2019). Pengembangan Model Siber Konseling untuk Remaja Akhir. SOUL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 11(1), 1–12. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/soul/article/view/2155
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Nurmala, I., Rahman, F., Nugroho, A., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan. Airlangga University Press.
Patimah, I., Yekti, S., Alfiansyah, R., Taobah, H., Ratnasari, D., & Nugraha, A. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Penularan Covid-19 pada Masyarakat. Jurnal Kesehatan, 12(1), 52–60. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK52
Ramadhani, K., & Khofifah, H. (2021). Edukasi Gizi Seimbang sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan pada Remaja di Desa Bedingin Wetan pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kesehatan Global, 4(2), 66–74. https://doi.org/10.33085/jkg.v4i2.4853
Riyadi, & Larasaty, P. (2020). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Masyarakat Pada Protokol Kesehatan Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19. Seminar Nasional Official Statistic, 45–54. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.431
Sari, L. T., & Suminar, E. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pencegahan COVID 19 di Stikes Patria Husada Blitar. Jurnal Penelitian Kesehatan, 2(10), 64–72.
Satgas COVID-19. (2021). Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). https://covid19.go.id/storage/app/media/Regulasi/2021/Agustus/se-ka-satgas-nomor-17-tahun-2021-tentang-ketentuan-perjalanan-orang-dalam-negeri-pada-masa-pandemi-corona-virus-disease-2019-covid-19.pdf
Sondakh, J. J. S., Warastuti, W., Susatia, B., Wildan, M., Sunindya, B. R., Budiyanto, M. A. K., & Fauzi, A. (2022). Indonesis Medical Students Knowledge, Attitudes, and Practices Toward COVID-19. Heliyon, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08686
Syamaun, S. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Sikap Dan Perilaku Keberagamaan. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 81–95. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6490
Syukur, A., Pertiwiwati, E., & Setiawan, H. (2018). Hubungan beban kerja dengan dokumentasi asuhan keperawatan. Nerspedia, 1(2), 164–171.
Veronika, V., Untari, E. K., & Nurbaeti, S. N. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Tentang Obat Generik. Jurnal Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN, 5(1), 1–11.
Zendrato, W. (2020). Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi COVID-19. Jurnal Education and Development, 8(2), 242–248.
Zuhana, Pebriani, S. H., & Saputra, A. (2021). Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Keperawatan terhadap Protokol Kesehatan di Masa New Normal. 12, 188–195.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i7.10325
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler