Pengaruh Pembelajaran Metode Online terhadap Peningkatan Pembelajaran pada Mahasiswa

Sari Wahyuni, Eli Indawati

Sari


ABSTRACT

 

Learning Improvement is a very important evaluation carried out in order to find out whether or not a learning method is effective. The purpose of conducting this research is to determine whether there is an influence of online method learning on improving learning in students. Data collection was carried out by distributing questionnaire sheets, the design of this study was descriptive with a cross sectional approach. The sample used in this study was undergraduate students of STIKes Abdi Nusantara with a total population of 121 and 93 samples used. The results of the Chi-Square test for improving learning before and after applying the online method based on the results of Bivariate Analysis with a sample of 93 responses (n = 93) obtained data that from 93 student respondents with an effective learning process as many as 58 respondents (62.3%), and ineffective as many as 35 students (37.7%) obtained a p-Value of 0.003 (p-value) which means that there is an influence between online learning methods on improving learning in students. From the results of this study, it is expected for all undergraduate students of STIKes Abdi Nusantara to be able to improve the learning process in students well, and maintain a positive attitude and reflect an attitude of discipline and responsibility.

 

Keywords: Learning Improvement, Online Method Learning.

 

 

ABSTRAK

 

Peningkatan Pembelajaran merupakan evaluasi yang sangat penting dilakukan dalam rangka mengetahui efektif atau tidaknya suatu metode pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran metode online terhadap peningkatan pembelajaran pada mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan lembar kuesioner, desain penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa program sarjana STIKes Abdi Nusantara dengan jumlah penduduk 121 dan 93 sampel yang digunakan. Hasil uji Chi-Square untuk peningkatan pembelajaran sebelum dan sesudah menerapkan metode daring berdasarkan hasil Analisis Bivariat dengan sampel sebanyak 93 respon (n=93) diperoleh data bahwa dari 93 responden siswa dengan proses pembelajaran efektif sebanyak 58 responden (62,3%), dan inefektif sebanyak 35 siswa (37,7%) memperoleh p-Value sebesar 0,003 (p-value) yang berarti terdapat pengaruh antar metode pembelajaran online terhadap meningkatkan pembelajaran pada siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi seluruh mahasiswa program sarjana STIKes Abdi Nusantara untuk dapat meningkatkan proses pembelajaran pada mahasiswa dengan baik, serta menjaga sikap positif dan mencerminkan sikap disiplin dan tanggung jawab.

 

Kata Kunci: Peningkatan Pembelajaran, Pembelajaran Metode Online.


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abdul Wahid. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(Meningkatkan Presgtasi), 173–179.

Azis, T. N. (2019). Pendidikan Moral Sebagai Pembentukan Karakter. 1, 16– 21

Fadhillah, I., & Wulan, T. (2020). Peran Pendidik Dalam Pengembangan Identitas Diri Mahasiswa Melalui Character Building. Efektor, 7(2), 148–163.Https://Doi.Org/10.29407/E.V7i2.15233

Firdaus, I. (2017). Urgensi Soft Skills Dan Character Building Bagi Mahasiswa. Jurnal Tapis, 13(1), 60–73.

Ghozali, A. L., Sumardjoko, B., Fathoni, A., & Rahmawati, L. E. (2021). Program Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 216.Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.V8i2a8.2021

Harahap, A. C. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(No 1), 1–11.

Hartati & Nurdin. (2019). Analisis Profitabilitas,Pertumbuhan Aset Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderator. Pengertian Metodologi Penelitian, 32–41.

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam MeningkatkanProsesPembelajaran DiMadrasah.Jurnal PendidikanUniga,14(1), 308. Https://Doi.Org/10.52434/Jp.V14i1.913

Kurniawan, D. E., & Setiowati, A. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 8(1), 22–28. Https://Doi.Org/10.24176/Jkg.V8i1.8030

Luh, N., & Windayani, I. (2022). Pendampingan Pembelajaran Dalam Jaringan ( Online ) Di Tk Widya Kumara Shanti. 2(2), 168–177.

Maulana, F., & Supriyanto, A. (2020). Manfaat Pendidikan Terhadap Perkembangan Karakter Mahasiswa Di Universitas Negeri Malang. … Nasional Arah Manajemen Sekolah…,4150.Http://Conference.Um.Ac.Id/Index.Php/Apfip/Article/View/372

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V3i2.142

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Moral.

Jipsindo, 8(1), 29–43. Https://Doi.Org/10.21831/Jipsindo.V8i1.38954

Ramadhani, S. R., & Rahmah, A. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Soft Skill Berbasis Media Sosial: Studi Kasus Perguruan Tinggi. Jurnal Informatika Terpadu, 7(1), 39–46. Https://Doi.Org/10.54914/Jit.V7i1.344

Roqib, M. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Profetik. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 240–249. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V0i3.2747

Rubiani. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Pada Sekolah Dasar Di Zaman Digital.Artikel Jurnal, 3(4), 3.

Santika, I. W. E. (2020). Efektifitas. Indonesian Values And Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Siswa, P., Ipa, K. X., & Negeri, S. M. A. (N.D.). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Pembentukan Karakter Pada Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 9 Manado.

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I.,

Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S.

N. A., Preiser, W. F. E., Ostroff, E., Choudhary, R., Bit-Cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析title. Frontiers In Neuroscience, 14(1), 1–13.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100. Http://Jurnal.Stahnmpukuturan.Ac.Id/Index.Php/Widyacarya/Article/View/796

Subekti. (2021). Pendahuluan. 598–605.

Syafa, I. P., Putri, M., Setiawati, N. Z. E., & Marin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Berbasis E-Modul Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 315–330.

Toisuta, J. S. (2021). Peran Dosen Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 4(1), 23–42. Https://Doi.Org/10.34081/Fidei.V4i1.178

Wahyuni, A., & Nucifera, P. (2021). Survei Pembentukan Karakter Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Biodik, 7(4),107114.Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V7i4.14659

Wibowo, G. V., Putro, K. Z., & Khotimah, I. A. (2022). Pembelajaran Online Pada Mata Kuliah Sosial-Emosional Aud Bagi Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Research And Development Journal Of Education, 8(1), 25. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V8i1.10086

Widiyanto, M. A. (2022). Pengaruh Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Ibadah Online Terhadap Pembentukan Karakter Remaja Pemuda. Didache: Journal Of Christian Education, 3(1), 21. Https://Doi.Org/10.46445/Djce.V3i1.517

Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 5763.Https://Doi.Org/10.33365/Ji-Mr.V2i1.436

Yanti, I. C. (2022). Analisis Character Building ( Nilai Karakter Mandiri Dan Integritas Siswa ) Pada Pembelajaran Jarak Jauh. 5(4), 615–625.

Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Ndonesia. Al Ghazali , Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 1631.Https://Www.Ejournal.Stainupwr.Ac.Id/Index.Php/Al_Ghzali/Article/View/101




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i7.10712

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler