Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua terhadap Emotional Quotient (EQ) pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun)

Panzilion Panzilion, Ferasinta Ferasinta, Leni Rozani, Andry Sartika

Sari


ABSTRACT

 

Emotional intelligence is the ability to recognize, process, and control emotions so that children are able to respond positively to any conditions that stimulate emotions. Children's emotional quotient is influenced by environmental factors, especially by the family, especially parents. The role and involvement of parents is reflected in the implementation of parenting, so that parents are expected to play a role in increasing emotional quotient (EQ). The purpose of this study was to determine the relationship between parenting style and Emotional Quotient (EQ) in pre-school children (4-6 years).The research design used was observational analytic with a cross sectional design. Sampling using purposive sampling technique. The sample in this study was 38 parents who had children aged 4-6 years. The results of the study, in the univariate analysis of 38 respondents, there were 34 parents (89.5%) who applied authoritative parenting styles, 1 parent (2.6%) applied authoritarian parenting styles, and 3 parents (7.9%) adopt permissive parenting styles. Whereas 37 (97.4%) children had a good emotional quotient, and 1 (2.6%) child had a poor emotional quotient. The bivariate analysis was carried out using the Chi-square test with a significance level of α 95% (0.05), in this study it showed p value = 0.003 < α = 0.05. It can be concluded that there is a significant relationship between parenting style and emotional quotient (EQ) in preschool-aged children (4-6 years) at the Dharma Wanita Association Kindergarten, Bengkulu City.

 

Keywords: Parenting Style Type, Emotional Quotient (EQ)

 

 

ABSTRAK

 

Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali, mengolah, dan mengontrol emosi agar anak mampu merespon secara positif setiap kondisi yang merangsang munculnya emosi. Emotional quotient yang dimiliki anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan, terutama oleh keluarga yaitu khususnya orang tua. Peran dan keterlibatan orang tua yang tercermin didalam pelaksanaan pola asuh, sehingga orang tua diharapkan ikut berperan dalam peningkatan emotional quotient (EQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tipe pola asuh orang tua terhadap Emotional Quotient (EQ) pada anak usia pra sekolah (4-6 Tahun). Desain penelitian yang digunakan adalah  analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang tua yang memiliki anak dengan usia 4-6 tahun. Hasil penelitian, pada analisis univariat dari 38 responden terdapat 34 orang tua (89,5%) yang menerapkan tipe pola asuh  otoritatif, 1 orang tua (2,6%) menerapkan pola asuh otoriter, dan 3 orang tua (7,9%) menerapkan pola asuh permisif. Sedangkan 37  (97,4%)  anak emotional quotient nya baik, dan 1 (2,6%) anak  emotional quotient nya kurang baik. Pada analisis bivariat dilakukan dengan uji Chi-square dengan tingkat kemaknaan α 95% (0,05), pada penelitian ini menunjukkan p value = 0,003 < α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tipe pola asuh orang tua terhadap emotional quotient (EQ) pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Dharma Wanita Persatuan Kota Bengkulu.

 

Kata Kunci: Tipe Pola Asuh Orang Tua, Emotional Quotient (EQ)


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


World Health Organization. Pusat Data Dan Informasi Kemenkes RI.2018.

Shaleh, M. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86-102.

Ferasinta, F., & Dinata, E. Z. (2020). Pengaruh Pemberian Edukasi Dengan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Ibu Dalam Merawat Balita Dengan Diare. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 15(3), 206-210.

Fitriani, L. (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Lentera, 17(1).

Ferasinta, F., Nurhayati, N., & Yanti, L. (2022). The Effect Of Playing Collage Therapy In Increasing Motor Skills Development In Preschool Children. Indian Journal Of Forensic Medicine & Toxicology, 16(3), 173-175.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Ferasinta, F., & Dinata, E. Z. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Menggunakan Playdough Terhadap Peningkatan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 9(2), 59-65.

Anggita, R., & Ferasinta, F. (2023). Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Dengan Permainan Engklek. Jurnal Ners Generation, 2(1).

Ferasinta, F., & Dinata, E. Z. (2020). The Effect Of Education With The Leaflet Media On Motivation In Caring Baby With Diarrhea. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 3(2), 165-172.

Santrock,JW. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta : Elangga.

Ferasinta, F., Padila, P., & Anggita, R. (2022). Menilai Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lompat Tali. Jurnal Kesmas Asclepius, 4(2), 75-80.

Rozani, L., Ferasinta, F., & Andrianto, M. B. (2022). Pengalaman Orang Tua Dalam Merawat Anak Thalassemia Mayor. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 10(2), 145-149.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.

Ferasinta, F., Nurhayati, N., Yanti, L., & Oktarianita, O. (2021, November). Pengaruh Terapi Bermain Kolase Terhadap Peningkatan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah. In Seminar Nasional Kesehatan Abdurrab Dan Seminar Hasil Penelitian (Pp. 68-70).

Nurmeli, I., & Ferasinta, F. (2023). Analisis Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Montase. Jurnal Ners Generation, 2(2).

Ferasinta, F., & Dinata, E. Z. (2020). The Effect Of Education With The Leaflet Media On Motivation In Caring Baby With Diarrhea. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 3(2), 165-172.

Rozani, L., Ferasinta, F., Panzilion, P., & Novitasari, S. (2023). Hubungan Ibu Preeklamsia Dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Mahesa: Malahayati Health Student Journal, 3(5), 1240-1246.

Novitasari, S., Ferasinta, F., & Padila, P. (2023). Faktor Media Terhadap Kejadian Bullying Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 5(1), 1-7.

Ferasinta, F. (2020). Perspektif Orangtua Terkait Kemandirian Anak Autis Pada Aspek Sosial. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 8(2), 102-106.

Ferasinta, F., & Dinata, E. Z. (2021). Teknik Distraksi Dalam Penurunan Skala Nyeri Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Riset Media Keperawatan, 4(2), 63-67.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i8.10825

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler