Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial pada Anak Usia 1-6 Tahun di Kota Depok
Sari
ABSTRACT
Some of the countries with the largest use of the first gadget include China with 574.2 million, USA with 184.2 million, India with 167.9 million, Russia with 58.2 million, Japan with 57.4 million, Indonesia with 52.2 million and Brazil with 48.6 million. To know the relationship between the duration of gadget use and social personal in children aged 1-6 years in Depok City. This study used an analytical survey method with a cross-sectional design. The population in this study were children aged 1-6 years in Depok City with a total of 166,773 children. The sample in this study were 150 children. This sampling technique uses probability sampling. The data analysis used was univariate (frequency distribution) and bivariate (chi square test). 69.3% (104 children) of children aged 1-6 years using gadgets > 1 hour per day and 52.7% (79 children) being in the low category of children aged 1-6 years. The results of the chi square test show that there is a relationship between the duration of gadget use and personal social behavior in children aged 1-6 years in Depok City (P Value = 0.000). There is a relationship between the duration of gadget use and personal social behavior in children aged 1-6 years in Depok City.
Keywords: Duration, Gadget, Personal Social
ABSTRAK
Beberapa Negara yang penggunaan gadget terbesar yang pertama diantaranya Cina sebanyak 574.2 juta, USA sebanyak 184,2 juta, India sebanyak 167,9 juta, Rusia sebanyak 58,2 juta, Jepang sebanyak 57,4 juta, Indonesia sebanyak 52,2 juta dan Brazil sebanyak 48,6 juta. Diketahuinya hubungan durasi penggunaan gadget terhadap personal sosial pada anak usia 1-6 tahun di Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 1-6 tahun di Kota Depok sebanyak 166.773 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 anak. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan probality sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat (distribusi frekuesin) dan bivariat (uji chi square). Anak usia 1-6 tahun durasi penggunaan gadget > 1 jam perhari sebesar 69,3% (104 anak) dan personal social anak usia 1-6 tahun dalam kategori rendah sebesar 52,7% (79 anak). Hasil uji chi square ada hubungan durasi penggunaan gadget terhadap personal social pada anak usia 1-6 tahun di Kota Depok (P Value = 0,000). Ada hubungan durasi penggunaan gadget terhadap personal social pada anak usia 1-6 tahun di Kota Depok.
Kata Kunci: Durasi, Gadget, Personal Sosial
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Anil, A., & Shaik, S. (2019). Third Eye Syndrome- A Gadget Screen Addiction Among Medical Professionals In Chennai, Tamilnadu, India. National Journal Of Research In Community Medicine, 8(3), 249–254. Https://Doi.Org/10.26727/Njrcm.2019.8. 3.249-254.
Aulya, Y., Suprihatin, S., & Arantika, R. (2020). Durasi Dan Frekuensi Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Permata Hati Kelapa Dua Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Jurnal Kebidanan Malahayati. Https://Doi.Org/10.33024/Jkm.V6i4.291
Chusna, P. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. 17, No. 2.
Diah A.S.A. (2020). Hubungan Game Online Dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. 994-999. Kurniawan, H. (2018). Literasi Parenting . Jakarta: Pt Gramedia.
Farizal, E.B. (2018). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 2-5 Tahun Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Di Wilayah Kerja Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Tahun 2018 Menara Ilmu Vol. Xii. No.12, Oktober 2018. Xii(12), 140–147.
Hadi R Dan Sumardi L. (2023). Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume 6, Nomor 2:1062-1066.
Kartika T., Multiudin A.I Dan Marlina L. (2022). Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini (0-4 Tahun). Jurnal Perawat Indonesia, Volume 6 No 2:1001-1011
Lanca, C., & Saw, S. M. (2020). The Association Between Digital Screen Time And Myopia: A Systematic Review. Ophthalmic And Physiological Optics, 40(2), 216–229. Https://Doi.Org/10.1111/Opo.12657.
Narullita, D. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Prasekolah Di Kab. Bungo. Jurnal Pustaka Keperawatan, 1(01), 27-33. Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial Dan
Nuraini F Dan Wardhani J.D. (2023). Hubungan Durasi Bermain Gadget Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7 Issue 2: 2245-2256.
Puji A.S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keaagamaan Volume 17 Nomor 2.
Putri E.O., Utami A., Dan Lestari R.F. (2020). Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Perilaku Sosial Pada Anak Prasekolah. Jurnal Cakrawala Promkes. Vol. 2 No. 2: 80-86.
Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.17509/Jpa.V1i1.7148 Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Profesi, 13, 72–78. Https://Doi.Org/10.26576/Profesi.124.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sunita, I. &. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatkan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaaktivitas.
Tasya A., Alini Dan Erlinawati. (2023). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Usia 4-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa (Jkj): Persatuan Perawat Nasional Indonesia.Volume 11 No 1 Hal 11 – 18.
Tien A.P. (2020). Membangun Kecerdasan Emosi Dan Sosial Anak Usia Dini Bogor : Lindan Bestari.
Oktafia D.P, Triana N.Y Dan Suryani R.L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literature Review. Borneo Nursing Journal. Volume 4 Nomor 1: 31-47.
Yumarni V.(2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi. Vol 8 No 2: 107-119.
Zuhra H., Husnaini N Dan Imran K.S. (2022). Dampak Penggunaangadgetterhadapperkembangansosial Emosional Anak Usia 2-3 Tahundi Dusun Oi Sajakabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 Nomor 2 :1-15.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i9.10907
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler