Hubungan Dukungan Sosial dengan Tindakan Mengkonsumsi Alkohol pada Anak Remaja

Frendy Fernando Pitoy, Sthefani Stefrianti Maneking

Sari


ABSTRACT

 

Consuming alcohol is an unhealthy lifestyle. The behavior is not easy to stop because alcohol is addictive which can cause people to become addicted. Negative social support can bring teenagers into wrong decision, including the act of consuming alcohol. This study aims to determine the relationship between social support and the act of consuming alcohol among adolescents in Baturapa II Village.

This study uses a descriptive correlation method through a cross-sectional approach. Participants were collected using a total sampling technique with a total of 30 people. Data analysis shows the result that there is a significant value with a value of p = 0.000. Furthermore, the data showed that from 30 participants, the majority, namely 23 (76.7%) had negative social support and 23 (76.7%) consumed alcohol. There was a significant relationship between social support and the act of consuming alcohol among adolescents in Baturapa II Village. It is recommended that the local village government be able to assist in providing positive support for adolescents by providing restrictions on liquor sellers not to serve teenagers.

 

Keywords: Adolescence, Alcohol Consumption, Social Support

 

 

ABSTRAK

 

Mengkonsumsi alkohol adalah salah satu pola hidup yang tidak sehat. Perilaku tersebut tidak mudah untuk dihentikan karena alkohol bersifat adiktif yang dapat mneyebabkan orang kecanduan. Dukungan sosial yang salah dapat membawa remaja ke dalam hal yang tidak baik termasuk tindakan mengkonsumsi alkohol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan social dengan Tindakan mengkonsumsi alkohol pada anak remaja di Desa Baturapa II. Penelitian ini menggunakan metode descriptive correlation melalui pendekatan cross-sectional. Partisipan dikumpulkan dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 30 orang. Analisis data menunjukan hasil bahwa terdapat nilai signifikan dengan nilai p = 0.000. Lebih lanjut data menunjukkan bahwa dari 30 partisipan remaja, terdapat sebagian besar yaitu 23 (76.7%) memiliki dukungan sosial yang negatif dan 23 (76.7%) yang mengkonsumsi alkohol. Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan tindakan mengkonsumsi alkohol pada remaja di Desa Baturapa II. Direkomendasikan kepada pihak pemerintah desa setempat agar supaya dapat membantu dalam memberikan dukungan yang positif terhadap remaja dengan cara memberikan batasan kepada penjual minuman keras untuk tidak melayani remaja membeli minuman keras.

 

Kata Kunci: Dukungan Sosial, Konsumsi Alkohol, Remaja


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adiputra, I. M., Nurani, S. N., & Wirani, D. A. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Konsumsi Alkohol. Keperawatan Jiwa, Komunikas Dan Manajemen Kesehatan, 1-102.

Amanupunnyo, N. (2016, April 2). Repository Unhas. Retrieved From Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebiasaan Remaja Dan Dewasa Muda Mengkonsumsi Alkohol Di Desa Waipirit Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram: Http://Www.Repository.Unhas.Ac.Id

Amsar, R. (20215, Maret 21). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Minum Minuman Keras Pada Remaja Laki-Laki Di Kelurahan Pekuncen Rt 31 Rw 07 Wirobrajan Yogyakarta. Retrieved From Naskah Publikasi:Http://Opac.Say.Ic.Id/225/1/Naskah%20publikasi.Pdf

Anugraheni, D. S. (2019). Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Dengan Perilaku Minum-Minuman Keras Pada Remaja Laki-Laki Di Dusun Padan Keji Muntilan Magelang Jawa Tengah (Doctoral Dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Arumsari, P. V. (2018). Status Identitas Diri Remaja Yang Mengkonsumsi Minuman Beralkohol. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 44-52.

Asri, D. N., & Suharni, S. (2021). Modifikasi Perilaku: Teori Dan Penerapannya.

Durado. (2013, Maret 10). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Konsep Diri Pada Remaja Di Sma Negri 1 Manado. Retrieved From Http://Www.Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Jkp/Article/View/2163/1721

Handayani, D. S. (2017). Hubungan Peer Pressure Dengan Misbehavior Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Pondok Pesantren (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).

Harnilawati. (2013). Konsep Dan Proses Keperawatan Keluarga. Takalar Sulawesi Selatan: Pustaka As Salam.

Hendra, F. I. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Dukungan Sosial Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Mengkonsumsi Alkohol Atau Tidak Pada Remaja Di Smk Katolik Sta. Ursula Dumoga. 36.

Irianto, K. (2014). Seksologi Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Khairudin, K., Mukhlis, M. (2019). Peran Religiusitas Dan Dukungan Sosial Terhadap Subjective Well-Being Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(1), 85-96.

Kompas (2021). Teori Prilaku Manusia. Kompas.Com. Diakses Dari: Https://Www.Kompas.Com/Skola/Read/2021/01/28/183432569/Teori-Perilaku-Manusia

Mufidha, A. (2019). Dukungan Sosial Teman Sebaya Sebagai Prediktor Psychological Well-Being Pada Remaja. Acta Psychologia, 1(1), 34-42.

Maula, L. K., & Yuniastuti, A. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penyalahgunaan Dan Adiksi Alkohol Pada Remaja Di Kabupaten Pati. Public Health Perspective Journal, 170.

Nurhayati, L. (2018). Peer Pressure (Tekanan Dari Teman Sebaya). Teenshealth. Diakses Dari: Https://Rsd.Sidoarjokab.Go.Id/Pages/Artikel/Peer-Pressure-Tekanan-Dari-Teman-Sebaya-Pada-Remaja

Nur’aini, S. S. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Mengonsumsi Miras Pada Mahasiswa. Fakultas Psikologi: Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Priyoto. (2015). Perubahan Dalam Perilaku Kesehatan : Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Riskesdas. (2018). Laporan Provinsi Sulawesi Utara . Manado: Balitbangkes.

Rokom (2014). Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan. Sehat Negriku. Diakses Dari: Https://Sehatnegeriku.Kemkes.Go.Id/Baca/Rilis-Media/20141211/3011602/Bahaya-Minuman-Beralkohol-Bagi-Kesehatan/

Santrok, J. (2012). Remaja : Edisi 11 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Saputro, F. A. D., Hastuti, Y. D., & Arisdiani, T. (2014). Pengaruh Peran Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Alkohol Pada Remaja Putra. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah Stikes Kendal, 4(2), 70-81.

Sarafino, E. P., Smith, T. W, King, D., B., & Delongis, A. (2020). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. Canada: John Wiley & Sons.

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2).

Setiadi. (2013). Konsep Dan Penulisan Riset Keperawatan Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Sumarlin, R. (2021, November 11). Perilaku Konformitas Pada Remaja Yang Berada Di Lingkungan Peminum Alkohol. Retrieved From Gunadarma Library:Http://Www.Gunadarma.Ac.Id/Library/Articles/Graduate/Psychology/2009/Artikel 10203145.Pdf

Taroreh, W. (2013, 16 Maret). Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Kebiasaan Minum Minuman Keras Pada Remaja Di Desa Atep Satu Kecamatan Langowan Selatan. Retrieved From Http://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Jkp/Article/View/2252/1809

Tumanggor, R., Rodho, K., Nurochim. (2017). Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana.

Ulfah, D. (2015, Maret 21). Faktor-Faktor Penggunaan Me=Inuman Keras Dikalangan Remaja Di Desa Losari Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Retrieved From Http;//Www.Lib.Unnes.Ac.Id/628/1/1224.Pdf

Wijaya, I. P. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingginya Konsumsi Alkohol Pada Remaja Putra Di Desa Keramas Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar. 18.

Weiss, G., Lonnquist, L. (2016). The Sociology Of Health, Healing, And Illness. New York: Routledge.

Wijayanti, D. (2016). Hubungan Antara Tekanan Teman Sebaya Dengan Perilaku Agresi Pada Komunitas Street Punk Di Kota Blora (Doctoral Dissertation, Program Studi Psikologi Fpsi-Uksw).

Yafi, A. M. (2018). Hubungan Tekanan Teman Sebaya Dengan Perilaku Minum Minuman Keras Pada Remaja Di Kota Malang (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i9.11058

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler