Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SMA Patriot Kota Bekasi

Murtian Clara Adelia Febiyanti, Anna Rizana

Sari


ABSTRACT

 

Clean and healthy living behavior is a step that must be taken to achieve optimal health for each individual, especially for groups of adolescents, it is very important to be made aware of the importance of maintaining their health, this aims so that adolescents can adopt healthy living behaviors. To have a healthy condition is not easy, but efforts must be made to live a healthier life and create a comfortable environment. This effort must start from instilling a healthy mindset in adolescents which must be initiated and cultivated by themselves. This effort is made to realize the highest public health as a capital for the quality of productive human resources. Striving for this behavior requires a joint commitment to support each other in improving the health of adolescents, especially families so that health development can be achieved optimally. To analyze the relationship between the level of knowledge of adolescents with clean and healthy living behavior. The type of research method used in this research is quantitative research and with a cross-sectional approach, which is a form of observational (non-experimental) study. The technique used is probability sampling by means of random sampling. From 151 respondents, the chi square test value showed that there was a relationship between the knowledge level of adolescents and clean and healthy living behavior at Patriot High School, Bekasi City, with a P-value of 0.011 (p <0.05), so Ha was accepted and Ho was rejected. There is a relationship between the level of knowledge of adolescents with clean and healthy living behavior at Patriot High School, Bekasi City. It is hoped that it can be additional information as an effort to increase knowledge and healthy living behavior so that in the next life it has good PHBS quality.

 

Keywords: Knowledge, Clean and Healthy Living Behavior.

 

 

ABSTRAK

 

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai kesehatan yang optimal bagi setiap individu, khususnya kelompok remaja sangat penting untuk disadarkan akan pentingnya menjaga kesehatannya, hal ini bertujuan agar remaja dapat menerapkan perilaku hidup yang sehat. Untuk memiliki kondisi yang sehat itu tidak mudah, tetapi harus diupayakan untuk hidup yang lebih sehat serta menciptakan lingkungan yang nyaman. Upaya ini harus dimulai dari menanamkan pola pikir sehat pada remaja yang harus dimulai dan diusahakan oleh diri sendiri. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan kesehatan masyarakat setinggi-tingginya sebagai satu modal bagi kualitas sumber daya manusia yang produktif. Dalam mengupayakan perilaku ini dibutuhkan komitmen bersama-sama saling mendukung dalam meningkatkan kesehatan remaja khususnya keluarga sehingga pembangunan kesehatan dapat tercapai secara optimal. Menganalisis hubungan tingkat pengetahuan remaja dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Jenis metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif serta dengan pendekatan cross sectional yaitu merupakan bentuk studi observasional (non eksperimental). Teknik yang digunakan adalah probability sampling dengan cara random sampling. Dari 151 responden di dapatkan nilai uji chi square menunjukkan adanya hubungan tingkat pengetahuan remaja dengan perilaku hidup bersih dan sehat di SMA Patriot Kota Bekasi dengan P-value 0,011 (p<0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya hubungan tingkat pengetahuan remaja dengan perilaku hidup bersih dan sehat di SMA Patriot Kota Bekasi. Diharapkan dapat menjadi tambahan informasi sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan perilaku hidup bersih sehat agar dikehidupan selanjutnya memiliki kualitas  PHBS yang baik.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Amalia, N. R. (2020). Literature Review Hubungan Tingkat Pengetahuan Vulva Hygiene Dengan Kejadian Keputihan Pada Remaja.

Anwar, H. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar (Sd) Negeri 239 Sarajoko Kabupaten Bulukumba Pada Era New Normal Pandemi Covid 19.

Arnoldusmawe, V. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Remaja Sekolah Menengah Atas Di Makassar .

Astutik, P. W. (2013). Peranan Kadar Nitrit Oksida (No) Darah Dan Asupan Lemak Pada Pasien Hipertensi Dan Tidak Hipertensi. J Gizi Klinik Indonesia, 55-60.

Charisma, A. M. (2020). Implementasi Sadar Covid-19 Berbasis Cipta Karya Masyarakat Dalam Phbs (Perilaku Hidup Bersih Sehat) Di Era New Normal. . In Prosiding Seminar.

Dwinita Febriyani, E. R. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan, Usia, Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Kepala Keluarga Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Carolus Journal Of Nursing.

Feronika, D. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan Remaja Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Sekolah Dengan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Di Smp Negeri 7 Samarinda.

Hasan, R. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Disekolah Sma Negeri 8 Makassar. 185.

Herniyanti, R. F. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dengan “Yok Maku”(Mandi Dan Potong Kuku) Di Sd Negeri 62 Pekanbaru.

Hotima, S. H. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Era New Normal. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu.

Kemenkes. (2018). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.

Kemkes. (2016). Phbs.

Makful, N. A. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Santri Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dengan Penerapan Phbs Di Pondok Pesantren Khusus Putri As-Syafi’iyah.

Mardhatillah. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Siswa Smpn 28 Kota Padang.

Margareta, S. S. (2021). Gabaran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Daring Di Masa Pandemi Covid 19.

Munawir, A. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Lanjut Usia Di Tatanan Rumah Tangga.

Novitasari. (2022). Hubungan Sikap Dan Perilaku Phbs Pada Remaja Di Desa Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.

Pamungkas, P. P. (2019). Hubungan Keteladanan Orangtua Dan Tanggung Jawab Siswa Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo.

Putro. (2017). Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja.

Rudyarti. (2019). Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Terhadap Sikap Kebersihan Diri Pada Remaja Di Yayasan Lentera Harapan Karawang. Universitas Medika Suherman.

Simbolon, P. (2022). Perilaku Kesehatan.

Suhardin. (2015). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Pengetahuan.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i11.11084

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler