Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen yang Berdampak Pada Loyalitas (Studi Kasus Pada Klinik Kecantikan X di Cikarang)

Fikha Amelia Rachim, Novi Yantih, Indah Masri

Sari


ABSTRACT

 

In the healthcare sector, a good brand image has an impact on consumer perceptions of perceived quality and the level of trust in products. The beauty clinic tries to create a positive brand image by providing the best quality through products and services. This increase can assist in developing consumer trust so that it is expected to be able to generate high loyalty and profitability as well as a competitive. The purpose of this research is to obtain the influence of brand image, product quality and service quality on consumer trust which has an impact on loyalty. The method in this research is quantitative by filling out a questionnaire online through google forms and as many as 100 respondents who became the research sample. Data were analyzed using SEM (Structural Equation Modelling) with the help of software SmartPLS 3.3.3. This study shows that brand image has a positive and significant effect on consumer trust with a value of p=0.089<0.1. Brand image has a positive and significant effect on loyalty with a value of p=0.000<0.05. Product quality has a positive and significant effect on consumer confidence with a value of p=0.075<0.1. Product quality has a positive and significant effect on loyalty with a value of p=0.089<0.1. Service quality has a positive and significant effect on consumer confidence with a value of p=0.000<0.05. Service quality has no significant effect on loyalty with p=0.889>0.05.Consumer trust has a negative and significant effect on loyalty with  p=0.002<0.05. Brand image, product quality and service quality have a positive and significant effect on loyalty through consumer trust with p=0.003<0.05.

 

Keywords: Brand Image, Product Quality, Service Quality, Consumer Trust, Loyalty, Beauty Clinic

 

 

ABSTRAK

 

Dalam sektor kesehatan, citra merek yang baik berdampak pada persepsi konsumen terhadap kualitas yang dirasakan dan tingkat kepercayaan pada produk. Klinik kecantikan berusaha menciptakan citra merek yang positif dengan memberikan kualitas terbaik melalui produk dan layanan. Peningkatan ini dapat membantu dalam mengembangkan kepercayaan konsumen sehingga diharapkan mampu menghasilkan loyalitas dan profitabilitas yang tinggi serta keunggulan kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengaruh citra merek, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepercayaan konsumen yang berdampak kepada loyalitas. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan mengisi kuesioner secara online melalui google forms dan sebanyak 100 responden yang menjadi sampel penelitian. Data dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan software SmartPLS 3.3.3. Penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dengan nilai p = 0,089 < 0,1. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dengan nilai p = 0,075 < 0,1. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan nilai p = 0,089 < 0,1. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Kualitas layanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai p = 0,889 > 0,05. Kepercayaan konsumen memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas dengan nilai p = 0,002 < 0,05. Citra merek, kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepercayaan konsumen dengan nilai p = 0,003 < 0,05.

 Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Kepercayaan Konsumen, Loyalitas, Klinik Kecantikan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Akbar, K., & Lataruva, E. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Atribut Produk Terhadap KeputusanPembelianHandphone Atau Smartphone Samsung Jenis Android (Studi Pada MahasiswaUniversitasDiponegoro) (DoctoralDissertation,Fakultas Ekonomika Dan Bisnis).

Astuti, I. D. (2020). Pengaruh Produk DanPhysicalEvidence Terhadap Keputusan Pemilihan Arena Futsal (Studi Pada Premier Futsal Kediri) (Doctoral Dissertation, Iain Kediri).

Dwiyama, F. (2019). Brand Image: Upaya Memasarkan Pendidikan Bagi Lembaga Yang Kurang Mampu Bersaing. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 880-891.

Evelina, N., Waloejo, H. D., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). JurnalIlmuAdministrasi Bisnis, 1(1), 203-213.

Herlina, H. (2019). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minimarket Indomaret Di Desa Gunung Sari KabupatenLombokBarat (DoctoralDissertation,Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Kristiadi, A., Agustinus, R., Fauzia, C., & Mahardika, R. (2022). Peran Brand Image Dalam Mediasi Hubungan Celebrity Endoser Dengan Brand Equity Dari Traveloka.

Ninik, T., Hasiholan, L. B., & Minarsih,M.M.(2015). Pengaruh Jingle Iklan, Desain Produk Dan CitraMerekTerhadapKeputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Vario Di Pt. Zirang Honda Semarang. Journal Of Management, 1(1).

Nugraha, B. S. (2013). Pengaruh BrandImageTelkomselTerhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Simpati (Studi Kasus Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis & ManajemenUniversitasWidyatama) (Doctoral Dissertation, Universitas Widyatama).

Pakaya, M. F., Umar, Z. A., & Rahman, E. (2023). Pengaruh Strategi Digital Marketing Dan CitraMerekTerhadapKeputusan Pembelian Konsumen. Jurnal MiraiManagement, 8(2),46-54.

Prianto,A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas PelayananTerhadap Keputusan PembelianProdukPeaceRacingDesign(Prd)SecaraOnline (DoctoralDissertation, Universitas Satya Negara Indonesia).

Purbohastuti, A. W. (2018). Faktor PenyebabBeralihnya Konsumen Ojek Pangkalan MenjadiOjek Online. TirtayasaEkonomika, 13(2), 238-251.

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand AwerenessTerhadap Keputusan PembelianProduk. JurnalStudi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111-116.

Rangkuti, F. (2004). The Power Of Brands. Gramedia Pustaka Utama.

Setiawaty, N. A. (2017). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap MinatBeliKonsumenSmartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas Gunadarma, Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(1).

Soliha, E., & Fatmawati, N. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.”. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal Of TheoryAndAppliedManagement, 10(1), 1-20.

Sondakh,C.(2015). Kualitas Layanan, CitraMerekDanPengaruhnyaTerhadapKepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus Bni Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3.

Sulila,I.(2015). ImplementasiDimensiLayanan Publik Dalam Konteks Otonomi Daerah. Deepublish

Supriyadi,S., Wiyani, W., & Nugraha, G.I.K.(2017).Pengaruh Kualitas ProdukDanBrandImageTerhadapKeputusanPembelian. JurnalBisnisDanManajemen, 4(1).

ViviDalvioni,V.I.V.I.(2021). PengaruhMotivasiKonsumen, Kualitas Pelayanan, Dan Word Of Mouth DalamMasaPandemiTerhadapKeputusanPembelianMcdonald’s(StudiKasusMcdonald'sCabangArion) (DoctoralDissertation,SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Zailani, A. (2022). Hubungan Efektivitas Iklan Televisi Dan Citra Merek Kopi “White Coffee”PadaMinatBeliMasyarakatDesaKalisoroKecamatanTawangmanguKaranganyar. JurnalEconomina, 1(2), 248-263.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i11.11361

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler