Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Brand Image dengan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat OTC di Apotek X Jakarta Timur

Lidya Pratiwi Tjaja, Novi Yantih, Lha Haryani Hatta

Sari


ABSTRACT

 

The increasingly fierce competition in the pharmaceutical business has forced pharmacies to develop strategies so that more consumers are interested in buying and purchasing OTC medicine products. East Jakarta Pharmacy X's strategy to influence consumer purchasing decision on OTC medicine products using service quality, price and brand image. The purpose of this study focuses on knowing the direct and indirect effect of service quality, price, and brand image with purchase intention on purchasing decisions OTC medicine products at pharmacy X in East Jakarta. The research sample was 200 respondents who were consumers who had purchased OTC medicine products at pharmacy X in East Jakarta at least twice. The sampling technique is purposive sampling. The data analysis technique used Partial Least Square (PLS) Structural Equation Modeling (SEM) analysis which was processed with the help of Smart PLS 3.0 software. The results of the study prove that the service quality, price, and brand image variable directly has a positive and significant effect on purchasing decisions. The price variable directly has a positive and significant effect on purchasing decisions. The service quality, price, and brand image variable has a positive and significant effect on purchasing decisions with purchase intention.

 

Keywords: Service Quality, Price, Brand image, Purchase Intention, Purchase Decision

 

 

ABSTRAK

 

Persaingan bisnis farmasi yang semakin ketat membuat apotek merancang strategi agar lebih banyak konsumen berminat membeli dan melakukan pembelian produk obat OTC di Apotek X Jakarta Timur. Strategi apotek X Jakarta Timur untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk obat OTC menggunakan kualitas pelayanan, harga dan citra merek. Tujuan penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek dengan minat beli terhadap keputusan pembelian produk obat OTC di Apotek X Jakarta Timur. Sampel penelitian sejumlah 200 responden yang merupakan konsumen yang pernah membeli produk obat OTC di Apotek X Jakarta Timur minimal dua kali. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS) yang diolah dengan bantuan software Smart PLS 3.0. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek, Minat Beli, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anggraini, N. (2017). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kelurahan Jati Padang Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Public Administration Journal (Paj), 1(2).

Bahari, A. F. (2020). Analisis Kualitas Layanan Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Narapidana Di Lapas Narkotika Kelas Ii A Pamekasan. Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 7(1), 84-102.

Dewantara, G. P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi (Studi Pada Po. Rosalia Indah Solo-Jakarta) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Diarti Dsp, Budi P, Wiratmo. Studi Kualitas Pelayanan Apotek Ditinjau Dari Tingkat Kepuasan Konsumen Di Kecamatan Sumbersari Jember (Study Of Pharmacy Quality Service According To Costumer Satisfaction Levels In Sumbersari Jember). E-Jurnal Pustaka Kesehatan. 2014; 2(3): 432-438.

Dzulfukor, I. (2022). Service Quality Research To Increase Customer Satisfaction At Yamaha 71 Motor Pamulang Workshop. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(4), 295-306.

Gunawan, G. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan. Fokus: Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 20(2).

Harahap, T. R. (2021). Analisis Peranan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Layanan Pada Dinas Pencegah Dan Pemadam Kebakaran Kota Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 5(4), 116-121.

Kasizi, P. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Provider Tri Di Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Widyatama).

Kementerian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek. Jakarta: 2014, H 3.

Khairani, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Taman Rekreasi Selecta Batu (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Kotler P, Armstrong G, Opresnik Mo. Principles Of Marketing. London: Pearson Education Limited; 2018, H 284-285.

Kotler P, Keller Kl. A Framework For Marketing Management. Essex: Pearson Education Limited; 2016, H 102-103.

Kurniawati Di, Sampurno, Djoharsjah Mx. Brand Image, Quality Product, Price Marcks Venus Powder On Purchase Decision It’s Impact Customer Satisfaction. Jurnal Ekonomi. 2017; 19(3): 314-331.

Muhith, A., Siyoto, S., & Rahmah, R. E. (2017). Hubungan Karakteristik Pasien Pengguna Kartu Bpjs Dengan Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Deket Kabupaten Lamongan. Medica Majapahit, 9(1), 72-83.

Pranoto, I. A., Firayanti, Y., & Ahmadi, A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Tiptop Laundry Pontianak. Jurnal Economina, 2(6), 1218-1232.

Rita, Julian S. Peran Purchase Intention Sebagai Variable Intervening Pada Pengaruh Product Quality, Price Dan Country Of Origin Terhadap Purchase Decision. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (Jpmk). 2021; 1(2): 196-208.

Rosyihuddin, M. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Puskesmas Sidayu Kabupaten Gresik) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114-126.

Sussanti, S. (2021). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Pindah Kependudukan Di Kantor Kelurahan Tatura Utara Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Jurnal Administrator, 3(2), 71-77.

Thamrin, L. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Operasional Pada Kepuasan Pelanggan, Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan.(Studi Kasus Pada Pelanggan Pt Nur Rachmadi Bersama (Baraya Travel)) (Doctoral Dissertation, Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung).




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i11.11364

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler