Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Brand Image dengan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat OTC di Apotek X Jakarta Timur

Lidya Pratiwi Afri Tjaja, Novi Yantih, Iha Haryani Hatta

Sari


ABSTRACT

 

The increasingly fierce competition in the pharmaceutical business has forced pharmacies to develop strategies so that more consumers are interested in buying and purchasing OTC medicine products. East Jakarta Pharmacy X's strategy to influence consumer purchasing decision on OTC medicine products using service quality, price and brand image. The purpose of this study focuses on knowing the direct and indirect effect of service quality, price, and brand image with purchase intention on purchasing decisions OTC medicine products at pharmacy X in East Jakarta. The research sample was 200 respondents who were consumers who had purchased OTC medicine products at pharmacy X in East Jakarta at least twice. The sampling technique is purposive sampling. The data analysis technique used Partial Least Square (PLS) Structural Equation Modeling (SEM) analysis which was processed with the help of Smart PLS 3.0 software. The results of the study prove that the service quality, price, and brand image variable directly has a positive and significant effect on purchasing decisions. The price variable directly has a positive and significant effect on purchasing decisions. The service quality, price, and brand image variable has a positive and significant effect on purchasing decisions with purchase intention.

 

Keywords: Service Quality, Price, Brand image, Purchase Intention, Purchase Decision

 

ABSTRAK

 

Persaingan bisnis farmasi yang semakin ketat membuat apotek merancang strategi agar lebih banyak konsumen berminat membeli dan melakukan pembelian produk obat OTC di Apotek X Jakarta Timur. Strategi apotek X Jakarta Timur untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk obat OTC menggunakan kualitas pelayanan, harga dan citra merek. Tujuan penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek dengan minat beli terhadap keputusan pembelian produk obat OTC di Apotek X Jakarta Timur. Sampel penelitian sejumlah 200 responden yang merupakan konsumen yang pernah membeli produk obat OTC di Apotek X Jakarta Timur minimal dua kali. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS) yang diolah dengan bantuan software Smart PLS 3.0. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek, Minat Beli, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Amanah, D. (2011). Pengaruh Promosi Dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent Di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis Program Studi Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan, 3(3), 221-233.

Ariono, I. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Kelompok Referensi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kredit Sepeda Motor Di Pt. Federal International Finance Cabang Wonosobo. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 5(1), 1-13.

Diarti Dsp, Budi P, Wiratmo. Studi Kualitas Pelayanan Apotek Ditinjau Dari Tingkat Kepuasan Konsumen Di Kecamatan Sumbersari Jember (Study Of Pharmacy Quality Service According To Costumer Satisfaction Levels In Sumbersari Jember). E-Jurnal Pustaka Kesehatan. 2014; 2(3): 432-438.

D'ornay, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Sulselbar Cabang Parepare. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(2), 174-183.

Faizah, N. R., Suryoko, S., & Saryadi, S. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran O-Mamamia Steak And Ice Cream Cabang Jati Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(2).

Herlambang, A. S., & Komara, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal Of Economics, Management And Banking), 7(2), 56-64.

Herlambang, A. S., & Komara, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal Of Economics, Management And Banking), 7(2), 56-64.

Junianto, D. (2021). Patron Client Pabrik Gula Versus Petani Tebu: Dampaknya Terhadap Relationship Marketing, Kualitas Layanan, Corporate Image, Kepuasan Dan Loyalitas (Doctoral Dissertation, Stie Perbanas Surabaya).

Kementerian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek. Jakarta: 2014, H 3.

Koesuma, Z. Y. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli. Universitas Diponegoro Semarang.

Kotler P, Armstrong G, Opresnik Mo. Principles Of Marketing. London: Pearson Education Limited; 2018, H 284-285.

Kotler P, Keller Kl. A Framework For Marketing Management. Essex: Pearson Education Limited; 2016, H 102-103.

Kurniawati Di, Sampurno, Djoharsjah Mx. Brand Image, Quality Product, Price Marcks Venus Powder On Purchase Decision It’s Impact Customer Satisfaction. Jurnal Ekonomi. 2017; 19(3): 314-331.

Kusuma, A. R. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kompetensi Tenaga Penjualan, Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pt. Ratna Intan Kusuma Di Semarang) (Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro).

Louisrianda, R., & Tabrani, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Garuda Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(3).

Mundir, A. (2015). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).

Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.

Rita, Julian S. Peran Purchase Intention Sebagai Variable Intervening Pada Pengaruh Product Quality, Price Dan Country Of Origin Terhadap Purchase Decision. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (Jpmk). 2021; 1(2): 196-208.

Santikayasa, I. M. A., & Santika, I. W. (2019). Peran Citra Toko Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen (Doctoral Dissertation, Udayana University).

Wulandari, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Kesehatan, Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Bpjs Di Rumah Sakit Umum Daerah Kemayoran (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Yazid, I., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Apotek K-24 Jl. Gadjah Mada Yogyakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 305-314.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i12.12004

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler