Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Bayi Dengan Pola Pemberian Makan Pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Klinik Bidan Yeni Selviana Kabupaten Tembilahan

Siti Arofah Siregar, Yolanda Meilina Hutabalian, Yendry Ananda, Yeni Selviana, Yolenta Nurhayati Gea, Yosnahadi Yosnahadi

Sari


ABSTRACT

 

Approximately 80% of children's brains experience development between the ages of 0-6 years. At this age, it is called the golden phase of a child's growth and development, all information regarding the good and bad words or behavior of people around them will be completely absorbed and will become the basis for the formation of character, personality and cognitive abilities (Pacific Cross, 2017). The aim of this research was to determine the relationship between maternal knowledge about baby development and feeding patterns for babies aged 6-12 months at the Yeni Selviana Midwife Clinic, Tembilahan Regency. The design used in this research is a descriptive type. The population in this study were all mothers with babies aged 6-12, totaling 45 people. The sample in this study was all mothers who had babies aged 6-12, totaling 45 people. The sampling technique uses total sampling. Analysis of research data was univariate and bivariate analysis using the Rho sperm test. The results of the research explain that there is a relationship between maternal knowledge about baby development and feeding patterns for babies aged 6-12 months at the Yeni Selviana Midwife Clinic, Tembilahan Regency with a P value of 0.006. The conclusion of the research is that there is a relationship between maternal knowledge about baby development and feeding patterns for babies aged 6-12 months at the Yeni Selviana Midwife Clinic, Tembilahan Regency.

 

Keywords: Knowledge, Feeding Patterns, Babies Aged 6-12 Months

 

 

ABSTRAK

 

Kurang lebih 80% otak anak mengalami perkembangan pada usia 0-6 tahun. Pada usia inilah disebut denga fase emas tumbuh kembanv anak, segala informasi mengenai kata-kata atau perilaku orang baik-buruk di sekitar akan diserap seluruhnya dan akan menjadi dasar terbentuknya karakter, kepribadian, serta kemampuan kognitif (Pasific Cross, 2017). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan antara pengetahuan ibu tentang perkembangan bayi dengan pola pemberian makan pada bayi usia 6-12 bulan di Klinik Bidan Yeni Selviana Kabupaten Tembilahan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif yang menggunakan. Populasi dalam penelitian ini semua ibu yang mempunyai bayi berumur 6-12 berjumlah 45 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai bayi berumur 6-12 berjumlah 45 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisa data penelitian adalah anlias univariat dan bivariat dengan uji sperman Rho. Hasil penelitian menjelaskan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang perkembangan bayi dengan pola pemberian makan pada bayi usia 6-12 bulan di Klinik Bidan Yeni Selviana Kabupaten Tembilahan dengan nilai Pvalue 0,006. Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang perkembangan bayi dengan pola pemberian makan pada bayi usia 6-12 bulan di Klinik Bidan Yeni Selviana Kabupaten Tembilahan. 

Kata Kunci: Pengetahuan, Pola Pemberian Makan, Bayi Umur 6-12 Bulan


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


azijah, I., & Aadawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak: Bayi, Balita, Dan Usia Prasekolah. LindanBestari.Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Pertumbuhan_Dan_Perkembangan_Anak_Bayi_B/C0kqeaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Perkembangan+Bayi&Pg=Pa21&Printsec=Frontcover

Adnyani, N. P. A. (2020). Literatur Review: Pemberian Makanan Pendamping Asi (Mp-Asi) Pada BalitaUsia6-24 Bulan (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika Bali).

Alang, A. Z. (2021). Problema Mental Anak Dalam Pertumbuhan Dan Perkembangannya. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 8(2), 184-195.

Armini, N. W., Sriasih, N. G. K., Marhaeni, G. A., & Skm, M. (2017). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita Dan Anak Prasekolah. Penerbit Andi.

Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door To Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak Di Tkit Raudlotul Mu’minin. Ijip: Indonesian Journal Of Islamic Psychology, 2(1), 84-111.

Azka, F., Prastia, T. N., & Pertiwi, F. D. (2020). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Teknik Menyusui Di Kelurahan TegalgundilKotaBogor. Promotor, 3(3), 241-250.

Falicha, T., Th Ninuk, S. H., & Nurul Huda, S. (2016). Kecukupan Energi Protein Dan Lemak Pada Makanan Pendamping Air Susu Ibu Dan Status Gizi Balita Usia 6-23BulanDiKecamatanMinggir KabupatenSlemanYogyakarta (DoctoralDissertation,Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Hanindita,M.(2021).Mommyclopedia: 456 Fakta Tentang Asi Dan Menyusui.Pt Gramedia Pustaka Utama.Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Mommyclopedia_456_Fakta_Tentang_Asi_Dan/Ufkjeaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Ibu+Menyusui&Printsec=Frontcover

Hanindita,M.(2021).Mommyclopedia: 456 Fakta Tentang Asi Dan Menyusui.Pt Gramedia Pustaka Utama.Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Mommyclopedia_456_Fakta_Tentang_Asi_Dan/Ufkjeaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Ibu+Menyusui&Printsec=Frontcover

Indah, D. E. R. R. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Bayi Dengan Pola Pemberian Makan Pada Bayi Umur 6-12 Bulan Di KelurahanJenggrik.Universitas MuhammadiyahSurakarta.Http://V2.Eprints.Ums.Ac.Id/Archive/Etd/440

Mustofa,B.(2022).Dinsos Pppa - Anak DiUsiaEmas.Https://Dinsos.Kulonprogokab.Go.Id/Detil/624/Anak-Di-Usia-Emas

Mufida, L., Widyaningsih, T. D., & Maligan, J. M. (2015). Prinsip Dasar Makanan Pendamping Air Susu Ibu (Mp-Asi) Untuk Bayi 6 €“24 Bulan: Kajian Pustaka [InPressSeptember2015]. JurnalPanganDanAgroindustri, 3(4.

Nevid, J. S. (2021). Perkembangan Anak: Konsepsi Dan Aplikasi Psikologi. Nusa Media. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Perkembangan_Anak_Konsepsi_Dan_Aplikasi/Amdweaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Perkembangan+Bayi&Pg=Pa25&Printsec=Frontcover

Nevid, J. S. (2021). Perkembangan Anak: Konsepsi Dan Aplikasi Psikologi. Nusa Media. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Perkembangan_Anak_Konsepsi_Dan_Aplikasi/Amdweaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Perkembangan+Bayi&Pg=Pa25&Printsec=Frontcover

Novi, B. (2018). Bacaan Wajib Orang Tua. Diva Press.

Nurhidayah, S. (2008). Pengaruh Ibu Bekerja Dan Peran Ayah Dalam Coparenting Terhadap Prestasi Belajar Anak. Soul: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 1(2), 1-14.

Putri, A. S., Indria, D. M., & Erna, Ulistyowati. (2021). Pengaruh Pengetahuan Ibu Dan Pola Pemberian Makanan Pendamping Asi Terhadap Status Gizi Bayi Usia 6-12 Bulan DiKecamatan Pujon Kabupaten Malang. Unisma, 1–9.

Rohmayanti, R., Margono, M., Agusta, H. F., Rinjani, W. A., Cahyani, N., Wijayanti, T., & Rana, Y. L. (2020). Pembentukan Kelompok Pendukung Asi (Kp-Asi) Tingkatkan Cakupan Asi Dan Mpasi. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7-15.

Vanni, S. O. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dwi Utama Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Yuliana, W., Rr, R. H., & Nulhakim, B. (2022). Education About Breast Milk Supplementary Foods 4 Star Balanced Menu With Nutritional Puzzel Media. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan Stikes Pemkab Jombang, 8(4).




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i2.13192

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler