Hubungan Kesiapan dengan Frekuensi Penggunaan Evidence-Based Practice dalam Laporan Kasus pada Mahasiswa Praktik Profesi Ners
Sari
ABSTRACT
Evidence-Based Practice (EBP) is an important aspect for students to become professional nurses. In implementing EBP, self-assessment regarding readiness is needed to evaluate themselves in using EBP. One factor that influences the use of EBP is students' readiness to use EBP. Having a strong belief in readiness to use EBP results in higher implementation of EBP use in practice.This research aims to see whether students' better readiness in using EBP is in line with the high frequency of EBP use, uses a correlative descriptive research design using the Chi-Square test, the sample was 102 students from the 45th professional nursing program at the Faculty of Nursing, Padjadjaran University by using the total sampling technique. The instrument for assessing readiness uses Upton's (2006) EBPQ questionnaire. Assessment of the frequency of EBP use by calculating the number of EBP uses in each case report. The results of this study show that 80.4% of respondents are ready, and respondents use EBP at a high frequency, 38.2%. This study shows a significant relationship between readiness and the frequency of EBP use in case reports with a p-value 0.012. This research finds that having a strong belief in readiness to use EBP results in higher levels of implementation. Therefore, habituation in applying EBP is necessary in order to become a professional nurse
Keywords: Evidence-Based Practice, Frequency of Use, Readiness
ABSTRAK
Evidence-Based Practice (EBP) merupakan salah satu aspek penting agar mahasiswa kelak menjadi perawat yang profesional. Dalam menerapkan EBP, dibutuhkan self-assessment mengenai kesiapan agar mahasiswa dapat mengevaluasi diri untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam penggunaan EBP. Salah satu faktor yang mempengaruhi penggunaan EBP pada mahasiswa adalah keyakinan mahasiswa dalam kesiapan penggunaan EBP. Memiliki keyakinan yang kuat dalam kesiapan penggunaan EBP menghasilkan implementasi penggunaan EBP dalam praktik yang lebih tinggi Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah dengan semakin baiknya kesiapan mahasiswa dalam penggunaan EBP sejalan dengan tingkat frekuensi penggunaan EBP yang tinggi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelatif menggunakan uji Chi-Square. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program profesi Ners angkatan 45 Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling sebanyak 102 mahasiswa. Instrumen dalam menilai kesiapan menggunakan kuesioner EBPQ milik Upton (2006). Penilaian frekuensi penggunaan EBP dengan menghitung jumlah penggunaan EBP dalam masing-masing laporan kasus.Hasil penelitian ini gambaran kesiapan 80,4% siap, dan responden menggunakan frekuensi EBP yang tinggi yaitu sebanyak 38,2%. Studi ini menghasilkan ada hubungan yang signifikan antara kesiapan dengan frekuensi penggunaan EBP pada laporan kasus dengan p-value 0,012. Temuan pada penelitian ini adalah memiliki keyakinan yang kuat dalam kesiapan penggunaan EBP menghasilkan implementasi penggunaan EBP dalam praktik yang lebih tinggi sehingga pembiasaan dalam menerapkan EBP perlu dilakukan agar menjadi perawat yang profesional.
Kata Kunci: Evidence-Based Practice, Frekuensi Penggunaan, Kesiapan
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ashktorab, T., Pashaeypoor, S., Rassouli, M., & Alavi-Majd, H. (2015). Nursing Students’ Competencies In Evidence-Based Practice And Its Related Factors. Nursing And Midwifery Studies, 4(4). Https://Doi.Org/10.17795/Nmsjournal23047
Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia. (2021). Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia Tahun 2021. Aipni, 185.
Demak, I. P. K., & Pasambo, T. A. (2016). Hubungan Self Directed Learning Readiness Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fkik Untad. Medika Tadulako, 3(2), 31–39.
Elvia, B. S., Fiqh, Kautsar Farizqi, & Rachmat, S. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33.
Fadhila, A., & Asriyadi, F. (2020). Hubungan Pengetahuan Dengan Kesiapan Penerapan Evidence-Based Practice Pada Mahasiswa Profesi Ners Umkt Tahun 2019. Borneo Student Research, 2(1), 71–77.
Faisol. (2022). Manajemen Nyeri. KementrianKesehatanRepublik Indonesia.Https://Yankes.Kemkes.Go.Id/View_Artikel/1052/Manajemen-Nyeri
Hamdiah, D.-, & Budiyanto, A. (2022). Hubungan Antara Nyeri Dan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Pasien Pasca Operasi Di Ruang Bedah. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 6(2), 191–199. Https://Doi.Org/10.22487/Ghidza.V6i2.564
Harper, M. G., Gallagher-Ford, L., Warren, J. I., Troseth, M., Sinnott, L. T., & Thomas, B. K. (2017). Evidence-Based Practice And U.S. Healthcare Outcomes: Findings From A National Survey With Nursing Professional Development Practitioners. Journal For Nurses In Professional Development, 33(4), 170–179. Https://Doi.Org/10.1097/Nnd.0000000000000360
Harun, H., Kurnia Herliani, Y., & Setyawati, A. (2018). Hubungan Pengetahuan Terhadap Kompetensi Mahasiwa Profesi Ners Dalam Penerapan Evidence Based Practice. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 14(1).Https://Doi.Org/10.26753/Jikk.V14i1.274
Harun, H., Kurnia Herliani, Y., & Setyawati, A. (2019). Pengetahuan, Sikap Dan Kesiapan Mahasiswa Program Profesi Ners Dalam Penerapan Evidence Based Practice. 3(2), 117–122.
Kemenkes Ri. (2022). Rencana Kinerja Tahunan (Rkt) Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Tahun 2022. Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan.
Lestari, T. R. P. (2014). Upaya Menghasilkan Tenaga Perawat Berkualitas Nursing Education : Effort To Produce Quality Nurses Personnel. 1–10.
Ligita, T. (2012). Pengetahuan , Sikap Dan Kesiapan Perawat Klinisi Dalam Implementasi Evidence-Base Practice. Ners Jurnal Keperawatan, 8, 83–95.
Makki, B. I., Salleh, R., Memon, M. A., & Harun, H. (2015). The Relationship Between Work Readiness Skills, Career Self-Efficacy And Career Exploration Among Engineering Graduates: A Proposed Framework. Research Journal Of Applied Sciences, Engineering And Technology, 10(9), 1007–1011. Https://Doi.Org/10.19026/Rjaset.10.1867
Melnyk, B. M., Npp, C., Fineout-Overholt, E., & Mays, M. Z. (2008). The Evidence-Based Practice Beliefs And Implementation Scales : Psychometric. 1.
Ryan, E. J. (2016). Undergraduate Nursing Students’ Attitudes And Use Of Research And Evidence-Based Practice - An Integrative Literature Review. Journal Of Clinical Nursing, 25(11–12), 1548–1556. Https://Doi.Org/10.1111/Jocn.13229
Sari, A. P., & Asriyadi, F. (2020). Hubungan Perilaku Dengan Kesiapan Penerapan Evidence-Based Practice Pada Mahasiswa Profesi Ners Umkt Tahun 2019. Borneo Student Research, 2(1), 71–77.
Saunders, H., & Katri Vehviläinen-Julkunen. (2015). The State Of Readiness For Evidence-Based Practice Among Nurses: An Integrative Review. Applied Nursing Research, 31. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijnurstu.2015.10.018
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents (Vol. 3, Issue April). Http://Repository.Uindatokarama.Ac.Id/Id/Eprint/1405/1/Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran.Pdf
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i3.13926
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler