Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Personal Sosial dan Aspek Bahasa Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan

Sinta Prihatini, Diah Argarini, Rukmaini Rukmaini

Sari


ABSTRACT

 

During preschool age is a form of child development process that must experience significant personal social changes, by always developing their ability to socialize and also talk with teachers and peers. In socializing and communicating with clear language in children is one of the abilities that need to be mastered, because preschool children interact with other people. Preschool children who use their gadgets in their daily lives frequently and for a long time can affect the development of personal social and language aspects that are not appropriate. The purpose of this study is to identify the relationship of gadget use to the development of personal social and language aspects in preschool children (4-6 years) at Al-Hikmah Kindergarten, South Jakarta. This study employs a cross-sectional, descriptive-analytic methodology. With a sample size of 48 responders, the sampling method was complete sampling. Denver II and a questionnaire on device use made up the study tool. The association between device usage and the development of social and linguistic skills in preschoolers (ages 4-6) at Tk Al-Hikmah in South Jakarta was examined using the Chi-Square test. The results of the Chi-Square test research obtained a p value of 0.000 <0.05 which indicates that the personal social development and language aspects of preschool children (4-6 years) have a significant relationship with the use of gadgets. The use of technology and preschoolers' (4-6 year olds') personal, social, and language development are related, according to Al-Hikmah Kindergarten research, South Jakarta.

 

Keyword: Gadget Use, Social Personal Development, Language Aspects, Preschoolers

 

 

ABSTRAK

 

Pada masa usia prasekolah merupakan suatu bentuk proses perkembangan anak yang pasti mengalami perubahan personal sosial secara signifikan, dengan selalu megembangkan kemampuannya dalam bersosialisai dan juga bercakap dengan guru maupun teman sebaya. Dalam bersosialisasi dan bekomunikasi dengan bahasa yang jelas pada anak merupakan salah satu kemampuan yang perlu di kuasai, karena anak-anak terlibat dalam interaksi sosial. Anak-anak yang belum menikah dan yang menggunakan teknologi secara rutin mungkin akan terkena dampak negatif dalam hal perkembangan bahasa dan sosial mereka. Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi adanya hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 Tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan.  Metode Penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan hasil sampel 48 responden. Instrumen penelitian terdiri dari kuisioner penggunaan gadget dan Denver II. Data analisis menggunakan Uji Chi-Square untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget  terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah  (4-6 tahun) di Tk Al-Hikmah jakarta selatan. Hasil penelitian uji Chi-Square diperoleh nilai p value 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa perkembangan personal sosial  dan aspek bahasa anak usia prasekolah (4-6 tahun) memiliki hubungan yang signifikan dengan penggunaan gadget. Ada Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan personal Sosial dan Aspek bahasa anak usia Prasekolah (4-6 tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan. 

 

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Perkembangan Personal Sosial, Aspek Bahasa, Anak Prasekolah


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Azzahroh, P., Junita Sari, R., & Lubis, R. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal For Quality In Women’s Health, 4(1), 46–55. Https://Doi.Org/10.30994/Jqwh.V4i1.104

Dewi, A. K. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, 1-10.

Dwi Elka Fitri, M. D. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah.

Evalina Fajriani, F. Y. (2023). Faktor Keluarga Terhadap Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurul Hidayat, 1-8.

Firmawati. (2019). Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usiaprasekolah Di Tk Negeri Pembina Limboto Kabupaten Gorontalo, 1-9.

Hadi, R., & Sumardi, L. (2023). Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini (Vol. 6, Issue 2). Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id

Hartutik, S., Arista, A., & Andriyani, A. (2021). Aisyiyah Surakarta Journal Of Nursing Asjn Aisyiyah Surakarta Journal Of Nursing Personal Sosial Anak Pre School Di Paud Fullday Dan Reguler Di Wilayah Surakarta. Https://Jurnal.Aiska-University.Ac.Id/Index.Php/Asjn

Henni Anggraini, S. E. (2020). Pelatihan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini, 1-8.

Hijriyani, S. Y. (2020). Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, 181-190.

Imron, R. (2019). “Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Prasekolah Di Kabupaten Lampung Selatan , 1-6.

Iswidharmanjaya. (2020). Jakarta: Bisakimia.

Keli, E. (2022). Hubungan Antara Pengguna Gadget Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Tk Muhajirin Dukuh Kupang Surabaya.

Khadijah. (2022). Khadijah Sri Mardiana Nuri Syahputri 2022 Analisa Deteksi Dini Dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 139–146.

Khairul Putriana, E. A. (2019). Hubungan Durasi Dan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di Tk Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019, 1-9.

Mayasari, S. &. (2018). Jurnal Endurance. Pengawasan Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak , 1-8.

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pls, 6.

Murtini Dkk. (2023). Gambaran Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Taman Kanak Kanak Pratiwi Beteng Dan Ba Aisyiyah Mranggen 2, 1-9.

Oktaviyani, R. D., & Suri, O. I. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan, 10(2), 112. Https://Doi.Org/10.35730/Jk.V10i2.406

Park, G. R. , M. G. W. , & Y. D. H. (2014). The-Moderation-Effect-Of-Smart-Phone-Addiction-In-Relationship-Between-Self-Leadership-And-Innovative-Behavior.

Safitri, D. (2018). Hubungan Pemberian Asi Ekslusif Dengan Perkembangan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Bayi Usia 6-12 Bulan Di Puskesmas Sewon Ii Kabupaten Bantul Tahun 2017. (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Safitri, I. (2023). Pengaruh Smartphone Terhadap Perkembangan Personal Sosial Usia Anak Di Sdn2 Sumber Katon Lampung Tengah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14866–14874.

Sapardi, V. S. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Paud/Tk Islam Budi Mulia, 1-

Sumitro Ahmad, F., Akifa Sudirman, A., Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo Alamat, P., Mansoer Pateda Nodesa, J. H., Tim, P., & Telaga Biru, K. (2023). Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Irama Jaya Desa Ulapato A. Journal Of Educational Innovation And Public Health, 1(2).

Tien Asmara Palintan. (2020). Membangun Kecerdasan Emosi Dan Sosial Anak Usia Dini.

Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=Id&Lr=&Id=V9oweaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pp1&Dq=Membangun+Kecerdasan+Emosi+Dan+Sosial+Anak+Usia+Dini&Ots=Xp0ntztyp&Sig=E1typkjsmiazkwrppohc8kz4l74&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Membangun%20kecerdasan%20emosi%20dan%20sosial%20anak%20usia%20dini&F=False




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i4.14227

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler