Gaya Kepemimpinan Penanggung Jawab Unit Terhadap Response Time Ambulans DKI Jakarta

Sukmawansyah Alfian, Kurniati Tri, Widakdo Giri, Widiastuti Eni, Suatmaji Suatmaji

Sari


ABSTRACT

 

Healthcare is becoming an increasingly important need for people in today's modern era. The quality and speed of nursing services provided is crucial, such as ambulance calls especially in emergency situations. An effective leadership style that are upheld by the leader (unit person in charge) can motivate and guide nurses to achieve the targets set, as well as improve their performance in providing quality services to patients. The aim of this research is to determine the correlation between the person in charge of the ambulance unit leadership style and the ambulance response time in Pusat Krisis Dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah Provinsi Dki Jakarta, North Jakarta Region. This research uses quantitative methods with an observational analytical design with a cross-sectional approach. The sample in this study was 76 operational nurses from 11 ambulance units in the North Jakarta area. Based on the age of the ambulance nursing personnel, they are in the age group > 25 years. Based on gender, the majority are male. The response time achievement identification is in the "Achieved (≤ 30 minutes)" category. The results of this research state that there is a significant correlation between leadership style and the Response time of the Ambulance.

 

Keywords: Ambulance, Leadership Style, Response Time

 

 

ABSTRAK

 

Pelayanan kesehatan menjadi kebutuhan yang semakin penting bagi masyarakat di era modern saat ini. Kualitas dan kecepatan pelayanan keperawatan yang diberikan sangatlah krusial, terutama dalam situasi darurat seperti panggilan ambulans. Gaya kepemimpinan yang efektif yang dijunjung tinggi oleh pemimpin (penanggung jawab unit) dapat memotivasi dan membimbing perawat untuk mencapai target yang ditetapkan, termasuk dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pasien.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi atau hubungan dari gaya kepemimpinan penanggung jawab unit ambulans terhadap response time ambulans di Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Wilayah Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Observasional analitik pendekatan Cross sectional. Sampel  dalam penelitian ini adalah 76 perawat pelaksana dari 11 unit ambulans wilayah Jakarta Utara. Berdasarkan usia petugas perawat ambulans berada pada kelompok usia dewasa awal, Berdasarkan jenis kelamin mayoritas laki-laki, Identifikasi capaian response time berada pada kategori “Tercapai (≤ 30 menit)” dengan rata-rata waktu capaian 19 menit. Penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara gaya kepemimpinan dengan Response time ambulans.

 

Kata Kunci: Ambulans, Gaya Kepemimpinan, Response Time


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ady Purwoto, A. D. E. Y. P. (2022). Menerapkan Konsep dan Teori Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan Secara Nyata Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Keperawatan Pada Instalasi Ruang Khusus Di RSUD Kab. Tangerang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3375–3380

Alumni1, A., Albinali2, H., Saadah1, A., & Altumairi, A. (2020). Pengaruh Waktu Respons Ambulans terhadap Kelangsungan Hidup Setelah Serangan Jantung di Luar Rumah Sakit Sumber Data dan Pengukuran Metode. 421–426.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hania, U. P., Budiharto, I., & Yulanda, N. A. (2020). Literature Review: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Response Time Perawat pada Penanganan IGD. ProNers, 5(2).

Holmén, J., Herlitz, J., Ricksten, S. E., Strömsöe, A., Hagberg, E., Axelsson, C., & Rawshani, A. (2020). Shortening ambulance response time increases survival in out-of-hospital cardiac arrest. Journal of the American Heart Association, 9(21). https://doi.org/10.1161/JAHA.120.017048

Istizhada, A. E. N. (2019). Gambaran Response Time dan Laman Triage di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Baladhika Husada Jember.

Jánošíková, Ľ., Jankovič, P., Kvet, M., & Zajacová, F. (2021). Coverage versus response time objectives in ambulance location. International Journal of Health Geographics, 20(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s12942-021-00285-x

Kale, Johanis D., John EHJ FoEh, and Simon Sia Niha. (2023). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Mediasi (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia)." Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 4.3: 622-630.

Kemala, A. S. (2023). Hubungan Response Time Dengan Stabilisasi Hemodinamik Pasien Syok Di Instalasi Gawat Darurat Rsi Sultan Agung Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Komaria, N. (2022). Studi Literatur: Response time Pada Pre Hospital Care. 7–14.

Maatilu, V., Mulyadi, N., & Malara, R. (2014). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Response Time Perawat pada Penanganan Pasien Gawat Darurat di IGD RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 2(2).

Marlina Andriani, Sri hayulita, R. N. S. et al. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Instalasi Rawat Inap A & C Rumah Sakit Stroke Nasional Kota Bukittinggi. 6(1), 21-27.

Nivalinda, D., Hartini, I., & Santoso, A. (2022). Pengaruh Motivasi Perawat Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Terhadap Penerapan Budaya Keselamatan Pasien. Jurnal Managemen Keperawatan, 1(2), 138–145.

Nurlina, D. (2018). Faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien instalasi gawat darurat Rumah Sakit TNI AD Tk Iv 02.07. 04 Bandar Lampung tahun 2017 (Doctoral dissertation, Institut Kesehatan Helvetia Medan).

Nurrahma, V. A., Setiyawan, & Fitriyani, N. (2021). Hubungan Respon Time Dengan Mutu Pelayanan Igd Di Rs Amal Sehat Sragen. 1–15

Pratiwi, M. (2019). Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pelayanan Keperawatan Melalui Kepemimpinan Mutu Kepala Ruangan Di Rsud Raden Mattaher Jambi. 8(1), 48–57

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi guru dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru SMAN 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144-160.

Putra, A. A. (2019). Hubungan Antara Waktu Tanggap Perawat Dengan Survive Pasien Gawat Darurat Di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakukkang Makassar.

Rahayu, M, T., Wahyuni, T, D., & Sulasmini. (2019). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Kabupaten Malang. Jurnal Publikasi, 3(1), 1-8.

Rifzal, F. (2018). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Haji Medan (Doctoral dissertation, Institut Kesehatan Helvetia).

Sahir, S. H. (2022). Metodelogi Penelitian. KBM Indonesia.

Sugianto, M. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Yang Dapat Meningkatkan Kepuasan Kerja Perawat.

Thoha, & Susilo. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i6.14355

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler