Pengaruh Implementasi Budaya Patient Safety Terhadap Efektifitas Pencegahan Adverse Event
Sari
ABSTRACT
Patient safety is a framework of organized activities to reduce the occurrence of avoidable harms and mitigate their impact when they occur. Many factors influence the prevention of adverse events in hospital patients. Hospitals must implement a service based on patient safety by every health worker to maintain and improve the quality of nursing care. This research aims to determine effectivenessimplementation of patient safety culture on the effectiveness of preventing unwanted events (adverse events).The method used in this research is Generalized Linear Model Repeated Measure (GLM-RM) which is used to analyze the effectiveness ofimplementation of patient safety culture on the effectiveness of preventing adverse events in inpatient settingsin the control and intervention groups. From the results of the generalized linear model repeated measure (GLM-RM), a comparison of the prevention of adverse events in the intervention group and the control group after the implementation of patient safety culture was obtained with a mean difference =66.8 with a p-value = 0.000. The results of the General Linear Model Repeated Measure showed that Mauchly's test of sphericity showed a significance value of 0,00, and the test of between-subjects effects showed that there was a difference in the prevention of adverse events with a p-value = 0.000 between the two groups. Based on the estimated parameter test, there is a difference in the prevention of adverse events from time to time with a p- value = 0.000.The conclusion from this research is that there is effectivenessimplementation of patient safety culture on the effectiveness of preventing adverse events in inpatient care.
Keywords: Adverse Event, Patient Safety Culture
ABSTRAK
Keselamatan pasien adalah kerangka kerja kegiatan terorganisir untuk mengurangi terjadinya bahaya yang dapat dihindari dan mengurangi dampaknya ketika hal itu terjadi. Banyak faktor yang mempengaruhi pencegahan kejadian tidak diharapkan (adverse event) pada pasien di rumah sakit. Rumah sakit harus menerapkan suatu pelayanan berbasiskan keselamatan pasien oleh setiap tenaga kesehatan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas implementasi budaya patient safety terhadap efektifitas pencegahan kejadian tidak diinginkan (adverse event). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Generalized Linear Model Repeated Measure (GLM-RM) yang dimana untuk menganalisia efektifitas implementasi budaya patient safety terhadap efektifitas pencegahan kejadian tidak diinginkan (adverse event) di Rawat Inap pada kelompok kontrol dan intervensi. Dari hasil generalized linear model repeated measure (GLM-RM) didapatkan perbandingan pencegahan kejadian tidak diharapkan (adverse event) pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol sesudah penerapan budaya patient safety dengan nilai mean difference=66,8 dengan p-value=0,000. Hasil General Linier Model Repeated Measure didapatkan nilai mauchly’s test of sphericity didapatkan nilai signifikansi 0,000, dan uji test of between –subjects effects didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan pencegahan kejadian tidak diharapkan (adverse event) dengan nilai p-value=0,000 antara kedua kelompok. Berdasarkan uji parameter estimates, terdapat perbedaan pencegahan kejadian tidak diharapkan (adverse event) dari waktu ke waktu dengan nilai p-value =0,000. Kesimpulannya dari penelitian ini adalah terdapat efektifitas implementasi budaya patient safety terhadap efektifitas pencegahan kejadian tidak diinginkan (adverse event) di Rawat Inap.
Kata Kunci: Adverse Event, Budaya Patient Safety
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Anwar, S., Salsabila, I., Sofyan, R., & Amna, Z. (2019). Laki-Laki Atau Perempuan, Siapa Yang Lebih Cerdas Dalam Proses Belajar ? Sebuah Bukti Dari Pendekatan Analisis Survival. Jurnal Psikologi, 18(2), 281–
Ayu, W. Dewi. (2022). Supervisi Keperawatan (Dilengkapi Dengan Hasil Penelitian Dan Pelatihan Tentang Supervisi Klinik Keperawatan). Lovrinz Publishing.
Azizzah, H., Arafa, M., Prima, N. L., Alifah, N., & Sugiharto, B. (2021). Critical Thinking Skills Of Male And Female Students Senior High School In Ipa Program Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Laki-Laki Dan Perempuan. Jurnal Phenomenon, 11(2), 157–168.
Buhari, B., Octavia, D., & Sari, R. M. (2018). Budaya Keselamatan Pasien Rumah Sakit Dalam Perspektif Keperawatan. Zahir Publishing.
Commission, T. J. (2017). Sentinel Alert Event. Www.Jointcommission.Org
Hadi, I. (2016). Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Deepublish.
Hospital. Jurnal Keperawatan Indonesia, 23(January), 119–127. Https://Doi.Org/10.7454/Jki.V23i2.1088
Https://Doi.Org/10.35799/Dc.6.2.2017.17023
Hutagalung, A. O. (2008). Pencegahan Terjadinya Bahaya Dan Adverse Event Oleh Pasien Dan Keluarga.
Hidayati, R. N. (2021). Analisis Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien Oleh Perawat Di Rumah Sakit (Skripsi Literature Review) (Doctoral Dissertation, Stikes Yayasan Rs Dr. Soetomo Surabaya).
Ikhlas, M., & Pratama, K. (2021). Penerapan Budaya Keselamatan Pasien Sebagai Upaya Pencegahan Adverse Event : Literature
International Review Of Patient Safety Measures In Radiotherapy Practice. Https://Doi.Org/10.1016/J.Radonc.
Ismainar, H. (2015). Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Deepublish.
Jamilatuzzahro, Eko Caraka, Rezzy Dan Herliansyah, R. (2018). Aplikasi Generalized Linear Model Pada R. Innosain.
Kinerja Dalam Pendokumentasian Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan, 14(September), 631–638.
Lampung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35974/Jsk.V 6i1.2280
Mulyana, D. S. (2013). Analisis Penyebab Insiden Keselamatan Pasien Oleh Perawat Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit X Jakarta. Universitas Indonesia, 3.
National Academies Of Sciences,Engineering, And M. (2018). Crossing The Global Quality Chasm: Improving Health Care Worldwide. Washington (Dc). The National Academies Press.
Novitasari, S. A. E. (2020). Tingkat Keluhan Kelelahan Subyektif Perawat Pada Waktu Kerja Siang Dan Malam (Studi Di Instalasi Rawat Inap Rsud Nganjuk).
Nursalam. (2013). Adiputra Et Al., (Edisi Keti).Salemba Medika.
Nursalam. (2020). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 5. Salemba Medika.
Nurumal, M. S., Sabran, N. M., Hazariah, S., Hamid, A., Kamil, M., & Hasan, C. (2020). Nurses ’ Awareness On Patient Safety Culture In A Newly Established University
Polat, Ş., & Terzi, B. (2021). Relationships Between Perceived Support Types And The Job Satisfaction Levels Of Nurses. Perspectives In Psychiatric Care, 57(3), 1202–1211. Https://Doi.Org/10.1111/Ppc.12675
Priyono. (2018). Meode Penelitian Kuantitatif (Vol. 4, Issue 1). Zifatama.
Pujiarti, P., & Idealistiana, L. (2023). The Influence Of Long Work And Nurse Workload On Burnout. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 9(4), 355–360.
Review Institut Ilmu Kesehatan Dan Teknologi Muhammadiyah Palembang , Sumatera Selatan , Indonesia. Jurnal Keperawatan Merdeka, 1(November), 169– 182.
Romi Begiata. (2012). Pengaruh Budaya Keselamatan Pasien, Gaya Kepemimpinan, Tim Kerja.
Sakit, K. K. P. R. (2015). Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (Ikp)(Patient Safety Incident Report). Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit, 25.
Santi, R., & Suleeman, J. (2017). Perbedaan Regulasi Emosi Perempuan Dan Laki-Laki Di Perguruan Tinggi. Pshycology. Https://Doi.Org/Doi:10.7454/Jps.2017.4
Shafiq, M, B., D, N., C, L., & Lj, D. (2019). An
Siagian, E. (2020). Penerapan Budaya Keselamatan Pasien Oleh Perawat Di Rumah Sakit Bandar
Salawati, L. (2020). Penerapan Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Averrous: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 6(1), 98-107.
Slawomirski, A, A., & N, K. (2017). The Economics Of Patient Safety: Strengthening A Value-Based Approach To Reducing Patient Harm At National Level. Http://Www.Oecd.Org/Els/Health- Systems/The-Economics-Of-Patient-Safety- March-2017
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tampil, Y., Komaliq, H., & Langi, Y. (2017). Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa Fmipa Universitas Sam Ratulangi Manado. D’cartesian, 6(2), 56.
Utomo, S. Dan K. (2020). Hubungan Penegtahuan Perawat Dengan Penerapan Metode Keperawatan Tim Primer Di Ruang Rawat Inap Rsud Sultan Imanudin Pangkalan Bun.
Wardhani, V. (2017). Manajemen Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Universitas Brawijaya Press.
Who. (2019). Rockville (Md): Agency For Healthcare Research And Quality. Systems Approach. In: Patient Safety Network [Website]. Https://Psnet.Ahrq.Gov/Primers/Primer/21
Who. (2023). Patient Safety. Https://Www.Who.Int/Health-Topics/Patient- Safety#Tab=Tab_1
Woodward, S. (2022). Patient Safety Now Applying Concepts, Theories, And Ideas For Creating A Safe Environmen. Taylor & Francis.
Wulandari, D. K., Putri, N. R., & Situmeang, L. (2022). Manajemen Patient Safety Keperawatan. Get Press.
Zahlimar. (2023). Hubungan Motivasi Perawat Dengan Kinerja Kelengkapan Pendokumentasianasuhan Keperawatan Di Istalasi Rawat Inaprsud H. Hanafie Muara Bungo. Jurnal Ners, 7(1), 106–109.
Zipperer, L. (2014). Patient Safety Perspectives On Evidence, Information And Knowledge Transfer. Ashgate Publishing Limited.
Zipperer, L. (2016). Patient Safety Perspectives On Evidence, Information And Knowledge Transfer. Taylor & Francis.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i6.14356
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler