Faktor yang Memengaruhi Keterlambatan Klaim Asuransi pada Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Rantau Prapat

Andini Mentari Tarigan, Dyna Safitri Rakhelmi Rangkuti, Rima Melinda Sembiring, Fadilla Rahmadanisya

Sari


ABSTRACT

 

Hospital claims for health insurance are claims for compensation for services provided by the hospital through its workforce, including doctors, nurses, pharmacists and others, for services provided to health insurance participants who seek treatment or are treated in hospital. As a result of the author's observations, the insurance claim collection process is delayed if the medical resume is incomplete. Rantau Prapat Regional Hospital's financial unit provides a time limit for completing a medical resume, namely 6 days. Sometimes the completion of a medical resume exceeds the deadline determined by the financial unit. The aim of this research is to find out the factors that influence delays in insurance claims for outpatient services at Rantau Prapat Regional Hospital This type of research is quantitative with analytical survey design using a crossectional approach. The population of this study was all insurance claim officers as many as 20 people with a sample of 20 people taken using total sampling techniques. Data analysis using univariate and bivariate analysis with chi-square test statistics The results showed that human resources had a p value = 0.000 < α = 0.05, file completeness had a p value = 0.005 < α = 0.05 and infrastructure facilities had a p value = 0.005 < α = 0.05. This means that human resources, completeness of files and infrastructure have an influence on the delay in insurance claims in outpatient services. The conclusion of the study is the influence of human resources, completeness of files and infrastructure on the delay in insurance claims in outpatient services. It is recommended by the hospital to increase the number of human resources according to needs and increase the provision of infrastructure facilities in preventing delays in insurance claims 

Keywords: Delay, Insurance Claim, Outpatient

 

 

ABSTRAK

 

Klaim rumah sakit terhadap asuransi kesehatan adalah tuntutan imbalan atas jasa yang diberikan rumah sakit melalui tenaga kerjanya baik dokter, perawat apoteker, dan lainnya atas pelayanan yang diberikan kepada peserta asuransi kesehatan yang berobat atau dirawat di rumah sakit. Hasil observasi penulis, proses penagihan klaim asuransi terlambat bila pembuatan resume medis tidak lengkap. Dari unit keuangan RSUD Rantau Prapat, memberikan batas waktu untuk menyelesaian resume medis yaitu selama 6 hari. Terkadang selesainya resume medis melewati batas waktu yang ditentukan oleh unit keuangan tersebut.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui faktor yang memengaruhi keterlambatan klaim asuransi pada pelayanan rawat jalan di RSUD Rantau Prapat Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain survei analitik menggunakan pendekatan crossectional. Populasi penelitian ini seluruh petugas klaim asuransi sebanyak 20 orang dengan sampel 20 orang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan statistik uji chi-square Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya manusia memiliki nilai p = 0,000 < α = 0,05, kelengkapan berkas memiliki nilai p = 0,005 < α = 0,05 dan sarana prasarana memiliki nilai p = 0,005 < α = 0,05. Artinya sumber daya manusia, kelengkapan berkas dan sarana prasarana memiliki pengaruh terhadap keterlambatan klaim asuransi pada pelayanan rawat jalan.  Kesimpulan penelitian ada pengaruh sumber daya manusia, kelengkapan berkas dan sarana prasarana terhadap keterlambatan klaim asuransi pada pelayanan rawat jalan. Disarankan pihak rumah sakit rumah sakit untuk menambah jumlah sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan dan meningkatkan penyediaan sarana prasarana dalam mencegah keterlambatan klaim asuransi.

 

Kata Kunci: Keterlambatan, Klaim Asuransi, Rawat Jalan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Artanto, Antonius EP. (2018). “Faktor-Faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Periode Januari-Maret 2016.” Jurnal Administrasi Rumah Sakit 4(2): 122–34.

Aulia, Fadhilah Nurul. (2021). Literature Review Tinjauan Faktor Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan. Makassar: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakkukang Makassar Program Studi D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Badan Pusat Statistik. (2020). “Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas).”

Ilyas, Yaslis. (2018). Asuransi Kesehatan-Review Utilisasi, Manajemen Klaim Dan Fraud Kecurangan Asuransi Kesehatan. Jakarta: UI Press.

Kemenkes RI. (2004). “Undang Undang RI Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Nasional.”

———. (2011). “Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.”

———. (2018). “Pegangan Sosial Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Sistem Jaminan Nasional.”

Megawati, Linda. (2018). “Faktor-Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Persyaratan Klaim BPJS Pasien Rawat Inap Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.” J-Kes 1(1).

Muhammad, I. (2015). Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. ed. Rineka Cipta. Jakarta.

Perpres RI. (2018). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan. Jakarta: Peraturan Presiden Republik Indonesia.

Priyanto. (2017). Faktor Penyebab Dan Dampak Keterlambatan Pembuatan Surat Keterangan Medis Untuk Klaim Asuransi Di RSUD Panebahan Senopati Bantul. Yogyakarta: Skripsi Universitas Gadjah Mada.

Putri, Nevy Kusumaning Ayu. (2019). “Faktor Penyebab Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat Inap.” 5(2): 134–43.

Rohman, Hendra, Aris Wintolo, and Endang Susilowati. (2021). “Analysis Pending Claim Payments the Indonesian National Health Insurance System in Vedika System Nur Hidayah Hospital Yogyakarta.” Jurnal Wiyata 8: 72–83.

Sari, Diah Sekar, Ermi Girsang, and Sri Lestari Ramadhani. (2019). “Faktor Penyebab Keterlambatan Penyerahan Klaim BPJS Di RSUD KH. Daud Arif Kab. Tanjab Barat.” Scientia Journal 8(1): 348–54.

Sumarsono, Sonny. (2018). Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Ketenagakerjaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widyaningrum, Linda, and Astri Sri Wariyanti. (2021). “Faktor-Faktor Keterlambatan Klaim BPJS.” Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas): 14–18.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i5.14379

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler