Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Pada Anak Prasekolah Yang Mengalami Kecemasan Hospitalisasi

Luthfiana Amalia, Irdawati Irdawati, Rosalia Dian Arsita Putri

Sari


ABSTRACT

 

Hospitalization of children is a procedure that requires children to be in health services to receive medical treatment until their condition recovers and they are allowed to go home. The reaction of preschool-aged children during the treatment period is anxiety. Anxiety occurs because the child feels a traumatic situation because he is separated from his daily environment. Coloring play therapy is an effective game option for children to play during their hospital stay. Applying coloring play therapy to reduce anxiety in children who are hospitalized. This case study uses a nursing care approach by applying coloring play therapy for 30 minutes given to three preschool age children who experienced anxiety due to hospitalization as measured using the Faces Anxiety Scale (FAS). Coloring play therapy was proven to reduce the anxiety scale in pre-school children due to hospitalization. Play therapy intervention can reduce anxiety in children undergoing hospitalization so that children become cooperative in receiving nursing actions

 

Keywords : Coloring play therapy, Anxiety, Preschool Children

 

ABSTRAK

 

Hospitalisasi pada anak merupakan prosedur yang mengharuskan anak berada di pelayanan kesehatan untuk mendapat perawatan medis hingga kondisi pulih dan diperbolehkan pulang. Reaksi anak usia preschool selama masa perawatan adalah kecemasan, kecemasan terjadi karena anak merasakan situasi traumatis karena terpisah dari lingkungan sehari-hari. Terapi bermain mewarnai menjadi salah satu pilihan permainan yang efektif untuk dilakukan anak saat masa perawatan di rumah sakit. Menerapkan terapi bermain mewarnai untuk mengurangis kecemasan pada anak yang mengalami hospitalisasi. Studi kasus ini menggunakan  pendekatan asuhan keperawatan dengan menerapkan terapi bermain mewarnai selama 30 menit yang diberika pada tiga anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi yang diukur menggunakan Faces Anxiety Scale (FAS). Terapi bermain mewarnai terbukti menurunkan skala kecemasan pada anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi. Intervensi terapi bermain dapat menurunkan kecemasan pada anak  yang menjalani hospitalisasi sehingga anak menjadi kooperatif menerima tindakan keperawatan

 

Kata kunci: Terapi Bermain mewarnai, Kecemasan, Anak Prasekolah


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aeni, Q., & Camalin, D. K. (2020). Motivasi Perawat Dalam Menerapkan Manajemen Nyeri di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan, 12(4), 573–580.

Dewanti, B. A., Ki, J., Dewantara, H., & 10 Kentingan, N. (2023). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Pada Anak Prasekolah Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar Maryatun Universitas ’Aisyiyah Surakarta. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kesehatan (JURRIKES), 2(2), 14–25. https://doi.org/10.55606/jurrikes.v2i2.1671

Godino-Iáñez, M. J., Martos-Cabrera, M. B., Suleiman-Martos, N., Gómez-Urquiza, J. L., Vargas-Román, K., Membrive-Jiménez, M. J., & Albendín-García, L. (2020). Play therapy as an intervention in hospitalized children: A systematic review. In Healthcare (Switzerland) (Vol. 8, Issue 3). https://doi.org/10.3390/healthcare8030239

Kristlyna, E., & Yudiarso, A. (2022). Efektivitas Play Therapy dalam Menurunkan Kecemasan pada Pasien Anak di Rumah Sakit Ananta Yudiarso. 11(2), 155–164. http://dx.doi.org/10.17977/um023v11i22022p155-164

Listiana, R., Kustriyani, M., & Sakti Widyaningsih, T. (2021). Caring Perawat dengan Stres Hospitalisasi pada Anak Pra Sekolah di Ruang Rawat Inap Anak. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 2(2), 63–70. https://doi.org/10.22437/jini.v2i2.15464

Madu, Y. G., Abdu, S., Papidunan, O., & Lawalata, Y. N. (2021). Terapi bermain mewarnai gambar terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah di Ruang Perawatan Anak Rumah Sakit. Nursing Care and Health Technology Journal, 19, 1–6. http://ojs.nchat.id/index.php/nchat/article/view/24

Mariyam, M., Sulistyawati, E., & Pohan, V. Y. (2022). Optimalisasi Pelaksanaan Program Terapi Bermain Pada Anak di Rumah Sakit. SALUTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1. https://doi.org/10.26714/sjpkm.v2i2.10975

Munir, Z. (2023). Efektivitas terapi bermain: melukis dan mewarnai terhadap penurunan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak. Journal of Nursing Practice and Education, 3(2), 220–229. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i2.802

Nurwijayanti, A. M., & Iqomh, M. K. B. (2018). Intervensi Keperawatan Anak Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Kecamatan Weleri Dalam Upaya Pencapaian Tumbuh Kembang. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8(03), 479–486. https://doi.org/10.33221/jiiki.v8i03.132

Pardede, J. A., & Simangunsong, M. M. (2020). Family Support With The Level of Preschool Children Anxiety in the Intravenous Installation. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 223. https://doi.org/10.26714/jkj.8.3.2020.223-234

Patantan, R. I., Romantika, I. W., Narmawan, N., & Andas, A. M. (2022). Hubungan Pengalaman dan Lama Rawat dengan Kecemasan pada Anak yang Menjalani Hospitalisasi di Ruang Rawat Inap RS Benyamin Guluh Kolaka. Jurnal Surya Medika, 8(3), 263–267. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i3.4520

Pawiliyah, P., & Marlenis, L. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Mendongeng dengan Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 271–280. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.788

Prasetyo, S. I., Imamah, I. N., & Yulianti, R. (2023). Penerapan Play Therapy Coloring Terhadap Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Pada Pasien Anak Usia Prasekolah Di Rsud Karanganyar. Jurnal Ilmu Kesehatan Mandira Cendikia, 2(8), 118–123. https://journal-mandiracendikia.com/jbmc

Raudenska, J., Gumančík, J., Raudenský, M., Pasqualucci, A., Moka, E., Varrassi, G., Paladini, A., & Javurkova, A. (2023). Cognitive-Behavioral Play Therapy and COVID-19 Pandemic Trauma in Preschool Children. Cureus, 15(8). https://doi.org/10.7759/cureus.44249

Sabela, F., & Rofiqoh, S. (2021). Gambaran Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 642–647. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.728

Safira, N., Irdawati, & Purnamadewi, S. (2023). Terapi Bermain Puzzle dalam Menurunkan Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi. Semnaskep, 1, 1–9.

Sarinengsih, Y., Kusmawati, D., & Safariah, T. D. (2019). Tingkat Kecemasan Saat Hospitalisasi Pada Pasien Anak Usia Prasekolah ( 3-6 Tahun ) Di Ruang Safir Santosa Hospital Bandung Kopo. 181–188.

Tahir, C., & Arniyanti, A. (2023). Application of Play Therapy to Children’s Anxiety Levels Due to Hospitalization. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(1), 33–39. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i1.860

Tanziha, I., Utomo, H., Mu’arofatunnisa, I. A., Fitriani, N., & Lukitasari, I. (2020). Profil Anak Indonesia. In S. Angraini (Ed.), Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Vanny, T. N. P., Agustin, W. R., & Rizqiea, N. S. (2020). Gambaran Ketakutan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 7(2), 13–17. https://doi.org/10.33867/jka.v7i2.209




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i8.14551

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler