Analisa Kecelakaan di Perusahaan Jasa Pertambangan PT XYZ di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur Menggunakan Generic Error Modeling System (GEMS)

Prasetya Arif Wibawa, Nur Ani, Dewi Puspito Sari

Sari


ABSTRACT

 

The coal mining industry is one of the industries that contributes to non-tax state income (PNBP) and is one type of industry that has a high risk of accidents. Accidents that occur cause many losses to both people and property. Accidents that occur are caused by various factors which include unsafe behavior and unsafe conditions, unsafe acts make the largest contribution as direct causes of accidents. This research aims to determine the human error aspect and its characteristics of accidents that occur at PT XYZ. This research uses a case study design with a quantitative approach with the aim of providing an overview of the human error problem in accidents that occurred during 2021 to 2023 at PT XYZ. The data used in this research is secondary data in the form of accident reports from 2021 to 2023. The results of the research are all accident data from 2021 to 2023 that occurred at PT XYZ. It was found that unsafe acts were 84.2% and unsafe conditions were 15.8%. Unsafe acts consist of human error 68.8% and Violations 31.2%. In cases of human error, it was found that Skill based error was 27.3%, Rule based error was 18.2% and Knowledge based error was 54.5%.

 

Keywords: Accident Analysis, Human Error, Unsafe Act

 

 

ABSTRAK

 

Industri pertambangan batubara merupakan salah satu industri yang turut berkontribusi dalam menyumbang pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dan salah satu jenis industn yang memiliki resiko kecelakaan yang tinggi Kecelakaan yang terjadi banyak menimbulkan kerugian baik pada manusia maupun harta benda. Kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh berbagai faktor yang meliputi perilaku tidak aman maupun kondisi yang tidak aman, unsafe act memberikan kontribusi terbesar sebagai penyebab langsung dari terjadinya kecelakaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek human error dan karateristiknya terhadap kecelakaan yang terjadi di PT XYZ. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus (case study) dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan memberikan gambaran masalah human error pada kecelakaan yang terjadi selama tahun 2021 sampai dengan tahun 2023 di PT XYZ. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan kecelakaan selama tahun 2021 sampai tahun 2023. Hasil penelitian adalah terhadap seluruh data kecelakaan selama tahun 2021 sampai dengan tahun 2023 yang terjadi di PT XYZ. diperoleh bahwa unsafe act sebesar 84.2% dan unsafe condition sebesar 15.8%. Unsafe act terdiri dari human error 68.8% dan Violations sebesar 31.2%. Terhadap kasus human error di peroleh bahwa Skill based error 27.3%, Rule based error 18.2% dan Knowledge based error 54.5%.

 

Kata Kunci: Analisa Kecelakaan, Human Error, Unsafe Act


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alifia, R. Z., Barkah, C. S., Sukoco, I., & Auliana, L. (2022). Literature Review : Peran Iklan dalam Membangun Kesadaran Merek. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan, 3(3), 1025–1030.

Alwahono. (2008). Analisa Kecelakaan Trailler Di Tambang Batubara PT Adaro Indonesia Dengan Menggunakan Generic Error Modelling System (GEMS).

Bird, F. E., Germain, G. L., & Clark, M. D. (1990). Practical loss control leadership. International Loss Control Institute Loganville, GA.

Gunawan, J. M., & Laturette, K. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance, Reputasi Underwriter Dan ROA Terhadap Underpricing Tahun 2016-2019.

Hanafi, M. M., & Halim, A. (2009). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta”. UPP STIM YKPN.

Harahap, F. A. (2012). Reliability Assessment Sebagai Upaya Pengurangan Human Error Dalam Penerapan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Skripsi Universitas Indonesia Depok.

Heinrich, H. W. (1980). Industrial prevention: A safety management approach. New York (US): McGraw-Hill.

Hollnagel, E. (1993). Requirements for dynamic modelling of man-machine interaction. Nuclear Engineering and Design, 144(2), 375–384.

Jaelani, A. (2020). Pengaruh Religiusitas, Pengendalian Internal, dan Budaya Organisasi terhadap Pencegahan Fraud dengan Dimoderasi oleh Work-Family Conflict. Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta.

Nugraha, F. R., & Indah Pratiwi, S. T. (2022). Analisis Human Error Dengan Menggunakan Metode Sherpa Dan Heart Pada Proses Pengolahan Batu Kaoulin Dan Calcium Carbonat (Studi Kasus: Pt Putri Indah Pertiwi) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nurhayati, R., Ma'rufi, I., & Hartanti, R. I. (2017). Penilaian Human Error Probability dengan Metode Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART)(Studi di Departemen Finishing PT. Eratex Djaja, Tbk) Assessment of Human Error Probability with Human Error Assessment and Reduction Technique Method. Pustaka Kesehatan, 5(3), 565-571.

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi kesalahan matematika siswa SMP berdasarkan tahapan kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77-100.

Reason, J. (1990). Human error. Cambridge university press.

Sakti, G. P., & Puspitosari, H. (2022). Tanggung Gugat PPIU Terhadap Batalnya Perjalanan Ibadah Umrah Akibat Pandemi Covid-19. Widya Yuridika: Jurnal Hukum, 5(1), 63–74.

Rohmawan, F., & Restuputri, D. P. (2016). Penggunaan Metode Heart Dan JSA Sebagai Upaya Pengurangan Human Error Pada Kecelakaan Kerja Di Departemen Produksi. Jurnal Teknik Industri, 17(1), 1-11.

Retnadila, V., & Indah Pratiwi, S. T. (2019). Analisis Human Error dengan Menggunakan Metode Sherpa dan Heart Pada Proses Produksi Sohun (Studi Kasus: UD. Jaya Grup Daleman) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Smith, M. J., Karsh, B.-T., Carayon, P., & Conway, F. T. (2003). Controlling occupational safety and health hazards.

Tarwaka, M. (2008). Implementasi K3 di Tempat Kerja, Surakarta. Harapan Press.

Tubis, A., Werbińska-Wojciechowska, S., & Wroblewski, A. (2020). Risk assessment methods in mining industry—a systematic review. Applied Sciences, 10(15), 5172.

Wiegmann, D. A., & Shappell, S. A. (2001). A human error analysis of commercial aviation accidents using the human factors analysis and classification system (HFACS).




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i5.14667

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler