Studi Fenomenologi: Pengalaman Perawat dalam Menegakkan Diagnosis Keperwatan Berdasarkan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia
Sari
ABSTRACT
Diagnosis enforcement is an important aspect of the practice of nursing. Nursing diagnosis have been applied at a number of hospitals and other health facilities, but the knowledge of nurses regarding diagnostic indicators for diagnostic enforcement, and diagnosis enforcement is not difficult. The SDKI as a guideline for the formulation of nursing diagnosis has been implemented since 2017, but in reality, the implementation of nursing diagnosis based on SDKI is not optimal yet. The purpose of the research is to explore the experiences of nurses in enforcing their nursing diagnosis based on SDKI. Through a qualitative study with a phenomenological approach, using purposive sampling techniques and total of 14 participants. The results of this study led to four themes namely: new challenges, making it easier for nurses, obstacles of SDKI use, form of support for the implementation of SDKI. The result of this study conluded that the use of SDKI makes it easier to the determination of nursing diagnoses. The hospital committee should conduct in-house training on nursing care plans in accordance with the Indonesian Standard of Nursing Diagnosis.
Keywords: Experience of Nurse, SDKI, Nursing Diagnosis
ABSTRAK
Penegakan diagnosis merupakan aspek penting dalam praktik keperawatan. SDKI sebagai pedoman perumusan diagnosis keperawatan telah diberlakukan sejak tahun 2017, akan tetapi pada kenyataannya saat ini penerapan diagnosis keperawatan berdasarkan SDKI belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi pengalaman perawat dalam menegakkan diagnosis keperawatan berdasarkan SDKI, Melalui studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, menggunakan tehnik purposive sampling dan jumlah 14 partisipan. Hasil penelitian ini memunculkan empat tema yaitu: tantangan baru, memudahkan perawat, kendala penggunaan SDKI, bentuk dukungan penerapan SDKI. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan SDKI memudahkan dalam penentuan diagnosis keperawatan. Komite rumah sakit perlu melakukan inhouse training tentang nursing care plan yang disesuaikan dengan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia.
Kata Kunci: Diagnosis Keperawatan, Pengalaman Perawat, SDKI
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Awaliyani, V. A., Pranatha, A., & Wulan, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Buku Sdki, Slki Dan Siki Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perawat Dalam Membuat Dokumentasi Keperawatan Berbasis Sdki, Slki Dan Siki Di Rumah Sakit Kmc Kuningan Tahun 2021. Journal of Nursing Practice and Education, 2(1), 22–32. https://doi.org/10.34305/jnpe.v2i1.334
Carpenito, L. J. (n.d.). Buku Saku Diagnosa Keperawatan. EGC.
D Siregar, M Pakpahan, LB Togatorop, E. M. (2021). Pengantar Proses Keperawatan: Konsep, Teori dan Aplikasi. Yayasan Kita Menulis.
DeLaune, S., Ladner, P. (2011). Fundamentals of nursing: Standards and practice (4th Ed.). Delmar.
Dermawan, D. (2012). Proses Keperawatan Penerapan Konsep & Kerangka Kerja. Gosyen Publishing.
John W. Creswell. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Memilih di antara Lima Pendekatan (Edisi 3). Pustaka Pelajar.
Meidianta, A. C., & Milkhatun. (2020). Hubungan antara Pelatihan Proses Keperawatan dengan Pengetahuan Perawat tentang Penerapan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia di RSUD Samarinda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2), 647–651. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1020/377
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (2009). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 144. Sekretariat Negara RI.
Muhlisin, A. (2011). Dokumentasi Keperawatan. Gosyen Publishing.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.
Patricia A. Potter, A. G. P. (2009). Fundamental Keperawatan (Edisi 7, B). Salemba Medika.
PPNI. (2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia.
Rosiana, L. (2022). Hubungan pengetahuan dokumentasi asuhan keperawatan berdasarkan 3S (SDKI,SLI,SIKI) dengan kemampuan penerapan dokumentasi asuhan keperawatan pada mahasiswa Ners di Universitas dr. Soebandi Jember.
Sulistyawati, W., & Susmiati, S. (2020). The Implementation Of 3S (SDKI, SIKI, SLKI) to The Quality Of Nursing Care Documentation In Hospital’s Inpatient Rooms. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 1323–1328. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.468
Supratti, S., & Ashriady, A. (2018). Pendokumentasian Standar Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Mamuju. Jurnal Kesehatan Manarang, 2(1), 44. https://doi.org/10.33490/jkm.v2i1.13
Suwignyo. (2007). Pengaruh Manajemen Asuhan Keperawatan dan Motivasi Berprestasi. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i9.14897
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler