Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Dampak Penggunaan Gadget pada Bayi Usia 6-24 Bulan di Kelurahan Pulo Brayan
Sari
ABSTRACT
The child's growth and development process is influenced by internal and external factors. Giving gadgets to children is an external factor that is supported by socio-economics and parental parenting. Gadgets have a direct impact on children's spoken language development and social independence. (Deddy et.al, 2020). Knowledge about the dangers of using devices is very important for parents. The mother's attitude towards using gadgets is one of the factors that can influence behavior. A good attitude towards using gadgets does not guarantee a good attitude in giving gadgets to children (Warsiyah, 2020). The aim of this research is to determine the knowledge and attitudes of mothers regarding the impact of using gadgets on babies aged 6-24 months. This research used qualitative, with a case study approach. This research was conducted in Pulo Brayan Village, Medan Barat District. The population in this study was 30 people. The research data collection technique is using observation sheets and questionnaires for maternal knowledge and attitudes. Gadget use was measured using interviews and observations of respondents. The statistical test used is the Chi-Square Test. The results of the Chi-Square Test obtained a value of P Value= 0.000, namely (<0.05) Ha was accepted Ho was rejected where the mother's knowledge in the agree category experienced the impact of using gadgets in the gadget dependency category as many as 20 people (62.5%), in the health problems category as many as 7 people (21.8%), and the category of decreased concentration was 2 people (6.2%). This shows that there is a significant relationship between maternal knowledge and attitudes and the impact of gadget use on babies aged 6-24 months.
Keywords: Knowledge; Attitude; Use of Gadgets
ABSTRAK
Proses tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Pemberian gawai kepada anak merupakan salah satu faktor eksternal yang didukung oleh sosial ekonomi dan pola asuh orang tua. Gadget mempunyai dampak langsung terhadap perkembangan bahasa lisan dan kemandirian sosial anak. (Deddy et.al, 2020). Pengetahuan tentang bahaya penggunaan perangkat sangat penting bagi orang tua. Adapun sikap ibu terhadap penggunaan gadget adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku. Sikap yang baik terhadap penggunaan gadget tidak menjamin terjadinya sikap yang baik dalam memberikan gadget pada anak (Warsiyah, 2020). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan sikap ibu tentang dampak penggunaan gedget pada bayi usia 6-24 Bulan. Dalam membuat penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan pendekatan studi kasus (case study). Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Pulo Brayan Kota Kecamatan Medan Barat. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik Pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan lembar observasi dan kuesioner untuk Pengetahuan dan Sikap Ibu. Penggunaan Gadget diukur menggunakan wawancara dan Observasi terhadap responden. Uji statistik yang digunakan adalah Uji Chi-Square. Hasil Uji Chi-Square diperoleh nilai P Value= 0,000 yakni (<0,05) Ha diterima Ho ditolak dimana pengetahuan Ibu dalam kategori setuju yang mengalami dampak penggunaan gadget kategori ketergantungan gadget sebanyak 20 orang (62,5%), kategori gangguan kesehatan sebanyak 7 orang (21,8%), dan kategori penurunan konsentrasi sebanyak 2 orang (6,2%). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan pengetahuan dan sikap ibu dengan dampak penggunaan gadget pada bayi usia 6-24 bulan.
Kata Kunci : Pengetahuan; Sikap; Penggunaan Gadget
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu publishing.
Fajrah, S. (2022). PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANG TUA TENTANG BAHAYA PENGGUNAAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN OTAK BALITA USIA 3-5 TAHUN DI DESA BAMBALEMO KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Jurnal Ilmiah Kesmas-IJ, 22(2), 7-13
Handoko, H. T. (2020). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Keterlambatan Perkembangan Bicara dan Bahasa pada Anak Usia 3-6 Tahun di TK Desa Kaliuling Lumajang
Hasibuan, S. J. (2022). Pengaruh Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Pada Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Visi Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 4(3), 74-78.
Janah, A. I., & Diana, R. (2023). Dampak Negatif Gadget pada Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 21-28.
KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF PADA ANAK DI PEDESAAN (Studi pada Anak Usia 10-12 Tahun di SD Negeri 1 Bulurejo Kecamatan Gading Rejo).
Khoirunnisa, A., Jannah, N. M., Nisa, T. K., & Prihatiningsih, R. (2023, August). Analisis Tingkat Penggunaan Handphone pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Malang-Turen. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 1941-1951).
Lani, T., Lestari, P., & Has, E. M. M. (2019). Sikap Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 10(3), 235-238.
Maharani, R., Solfiah, Y., & Nurlita, N. (2023). Hubungan Pengasuhan Digital Dengan Intensitas Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelurahan Sidomulyo Timur Kota Pekanbaru. Journal on Education, 6(1), 4499-4508.
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2022). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 31-47.
Putri, N. R. D. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Pekembangan Sosial Emosional Anak di Era Pandemi Covid 19 di Paud Al-Falah Tanggerang Selatan.
RIA, H. S. (2023). PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE FREE FIRE TERHADAP
Statista, 2020. Penggunaan Smartphone di Indonesia. Cetakan Databoks. Jakarta : PT Katadata Indonesia.
Suryani, Y., Palupi, R., Kusuma, A., & Kusuma, A. Majalah Kesehatan Indonesia.
Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital?. Edu Publisher.
Wahyudi, H., & Sari, N. A. (2022). Gambaran prilaku sosial anak usia prasekolah: Description of the social behavior of preschoolers. Bali Medika Jurnal, 9(2), 127-137.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i8.14989
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler