Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepemilikan Aplikasi Mobile JKN pada Peserta BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Rawat Inap Ujan Mas

Wulan Angraini, Yesa Putri Pratama, Riska Yanuarti, Emi Kosvianti, Henni Febriawati

Sari


ABSTRACT

 

National health insurance provides individuals with health benefits and protection to meet their basic health needs. Health insurance is provided by the government through the Social Security Administering Agency (BPJS), consisting of BPJS Employment and BPJS Health. In order to increase the efficiency of providing health services, BPJS Health introduced the JKN application. This application represents the latest technological advances aimed at increasing individual convenience in accessing services and information at high costs. The aim of the research is to test or validate research hypotheses that answer research problems, while this particular research methodology can be classified as observational research, where researchers make their own observations of variables without any treatment. The research methodology used was a cross-sectional quantitative design with a chi-square test sample of 106 people. Research findings show that there is a significant correlation between knowledge (P Value=0.000), however, there is no significant correlation between gender (P Value=0.568) and ownership of the JKN mobile application. So it can be concluded that knowledge has a relationship, while gender has no relationship with ownership of the JKN mobile application on BPJS Health participants in the UPT Ujan Mas Inpatient Health Center working are.

 

Keywords: BPJS, Health Services, Mobile JKN

 

 

ABSTRAK

 

Asuransi kesehatan nasional memberi individu manfaat maupun perlindungan kesehatan untuk terpenuhinya kebutuhan kesehatan mendasar mereka. Jaminan kesehatan diselenggarakan oleh pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terdiri dari BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan. Guna meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan memperkenalkan aplikasi JKN. Aplikasi ini mewakili kemajuan teknologi terkini yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan individu dalam mengakses layanan dan informasi dengan biaya mahal. Tujuan penelitian ialah menguji maupun memvalidasi hipotesis penelitian yang menjawab permasalahan penelitian, sedangkan metodologi penelitian khusus ini dapat digolongkan sebagai penelitian observasional, dimana peneliti melakukan observasi sendiri terhadap variabel tanpa adanya perlakuan apapun. Metodologi penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif cross-sectional dengan sampel uji chi-square sebanyak 106 orang. Temuan penelitian menunjukkan adanya hasil korelasi yang signifikan antara pengetahuan (P Value=0,000) namun, tidak terdapat korelasi yang signifikan antara jenis kelamin (P Value=0,568) dengan kepemilikan aplikasi mobile JKN. Maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan memiliki hubungan, sedangkan jenis kelamin tidak memiliki hubungan dengan kepemilikan aplikasi mobile JKN pada peseta BPJS Kesehatan di wilayah kerja UPT Puskesmas Rawat Inap Ujan Mas.

 

Kata Kunci: BPJS, Layanan Kesehatan, Mobile JKN

 


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Amruddin, Priyanda, R., Agustina, Tri Siwi Ariantini, N. S., Lia, N. G. A. R., Aslindar, Dwi Astarani Ningsih, Kori Puspita Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka.

Arini, F. D. W. I. (2022). Oleh : Fenny Dwi Arini 0801171095.

Asyrofi, D., & Ariutama, I. (2019). Deficit Of Health Social Security Fund In National Health Insurance Program: A Case Study Of Bpjs Kesehatan. Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 11(2), 116–130. Https://Doi.Org/10.17977/Um002v11i22019p116

Darmawan, D., Issalillah, F., Khayru, R. K., Herdiyana, A. R. A., Putra, A. R., Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2022). Bpjs Patients Satisfaction Analysis Towards Service Quality Of Public Health Center In Surabaya. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 18(4), 124–131. Https://Doi.Org/10.30597/Mkmi.V18i4.19773

Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.

Febriawati, H., & Angraini, W. (2023). Original Article ( Prolanis ) On Metabolic Control And Renal Function Of Type 2 Diabetes Mellitus Patients In Public Health Center. 23(2), 20–27.

Febriawati, H., & Yandrizal. (2019). Manajemen Dan Peran Puskesmas Sebagai Gatekeeper. Gosyen Publishing.

Imandiar, Y. P. (2023). 97,19% Warga Bengkulu Terdaftar Bpjs Kesehatan. Detiknews. Https://News.Detik.Com/Berita/D-6706830/97-19-Warga-Bengkulu-Terdaftar-Bpjs-Kesehatan

Kementrian Kesehatan Ri. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Penggunaan Jasa Pelayanan Kesehatan Dan Dukungan Biaya Operasional Pelayanan Kesehatan Dalam Pemanfaatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehat. 315, 1–29.

Lestari, R. T. P., Susilowati, T., & Hermawati. (2020). Hubungan Pengetahuan Siaga Gempa Bumi Dan Sikap Siswa Terhadap Kesiapsiagaan Di Sd Negeri 2 Cepokosawit. Gaster, 18(2), 172–185.

Lestary, R. M. I. (2021). Perilaku Konsumtif Ditinjau Dri Jenis Kelamin Dan Tingkat Ekonomi Orang Tua Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Nur Annisa, Dharma Surya Pradana, & Wildan Suharso. (2020). Evaluasi Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Kota Malang Ditinjau Dari Aspek Usability. Jurnal Repositor, 2(12), 1689–1699.

Nursabila, A., & Prasastin, O. V. (2023). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jkn Di Bpjs Kesehatan Kabupaten Wonogiri. 1–11.

Putri, D. A., & Maharani, C. (2023). Analysis Of Service Quality Jkn Mobile Application Toward Participants Satisfaction Of The Health Social Security Implementing Agency ( Bpjs ) Tegal Regency Analisis Kualitas Layanan Aplikasi Mobile Jkn Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta Bpjs Kesehatan Kan.

Rinjani, R., & Sari, N. (2022). Analisis Penerapan Aplikasi Mobile Jkn Terhadap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Subulussalam. Publika : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(2), 209–223. Https://Doi.Org/10.25299/Jiap.2022.Vol8(2).10491

Rohmatullailah, D., Agustina, D., Rahmansyah, F., Trisna, N. K., Anasta, N., Fauziyyah, R., Citra Awinda, R., Rahman, S. H., Hida, U. Z., Asy, Y., Hartono Program Studi Ilmu Kesehatan Maskarakat, B., & Kesehatan Masyarakat, F. (2021). Peningkatan Pengetahuan Tentang Jkn Dengan Sosialisasi Dan Pembentukan Kader Jkn Kota Bogor. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 1(2), 110–118.

Salim, D. L. F. (2020). Aksesibilitas Pembiayaan Kesehatan Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional. Lex Et Societatis, 8(4), 104–114. Https://Doi.Org/10.35796/Les.V8i4.30915

Suhadi, Jumakil, & Irma. (2022). Aplikasi Mobile Jkn Untuk Memudahkan Akses Pelayanan Bpjs. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 13(2), 262–267.

Wulandari, A., Sudarman, & Ikhsan. (2019). Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemeberian Layanan Kepada Masyarakat : Aplikasi Mobile Jkn Innovation Of Health Bpjs In Giving Services To The Community : Jkn Mobile Applications. Jurnal Public Policy, 5(2), 98–107.

Yanuarti, R., Oktavidiati, E., Febriawati, H., & Oktarianita, O. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Pasien Umum. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.31539/Jka.V3i1.2311




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i11.15072

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor