Hubungan Pengetahuan dan Sikap Orang tua dengan Penggunaan Baby Walker Pada Bayi Usia 8-12 Bulan di Klinik Khadijah

Natasya Putri Suliasni, Nente Sugianti Hulu, Nika Ayu Adelia Br Sitepu, Debi Novita Siregar

Sari


ABSTRACT

 

Every family wants to give birth to healthy, intelligent children who will become the next generation who will be useful for their parents, nation and state. One effort to achieve this is by providing children with proper care which will help children achieve their optimal abilities, so parents must provide appropriate stimulation for their children so that the development of language, motor skills, socialization and independence of toddlers is appropriate to their age. Baby walkers are known as tools to help toddlers walk which are designed to be safe and independent. The knowledge and attitudes of working parents also influence children’s development, both having a positive and negative impact on the use of baby walkers for babies aged 8-12 months. Todetermine the relationship between parental knowledge and attitudes and the use of Baby Walkers in babies aged 8-12 months at the Khadijah Clinic in 2023. This research uses analytical observational research using correlation study research methods which aims to determine the relationship between people'sknowledge and attitudes. old age on walking ability in children aged 8-12 months.In this design a cross sectional approach is used. Data collection used questionnaires and interviews. The results of the chi-square test obtained ap value = 0.000 < 0.05, this shows that there is a relationship between parental knowledge and attitudes and the use of Baby Walkers in babies aged 8-12 months at the Khadijah Clinic in 2023.

 

Keywords: Knowledge, Attitude, Parent, Baby Walker, Baby

 

 

ABSTRAK

 

Setiap keluarga pasti ingin melahirkan anak yang sehat, cerdas dan menjadi generasi penerus yang berguna bagi orang tua, bangsa dan negara. Salah satu upaya untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memberikan pengasuhan yang tepat pada anak yang akan membantu anak mencapai kemampuan optimalnya, sehingga orang tua harus memberikan stimulasi yang tepat bagi anaknya agar perkembangan bahasa, motorik, sosialisasi dan kemandirian balita sesuai dengan usianya. Baby walker dikenal sebagai alat untuk membantu balita berjalan yang didesain agar aman dan mandiri. Pengetahuan dan sikap orang tua yang bekerja juga berpengaruh terhadap perkembangan anak, baik yang berdampak positif maupun negatif terhadap penggunaan baby walker pada balita usia 8-12 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap orang tua dengan penggunaan baby walker pada bayi usia 8-12 bulan di Klinik Khadijah pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan menggunakan metode penelitian studi korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap orang tua terhadap kemampuan berjalan pada anak usia 8-12 bulan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil uji chi-square diperoleh nilai p = 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dan sikap orang tua dengan penggunaan Baby Walker pada bayi usia 8-12 bulan di Klinik Khadijah tahun 2023.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Orang Tua, Baby Walker, Bayi


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Afnis, T. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Manajemen Stres Di Dukuh Tengah Desa Nambangrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Angelica, V., Stella, S., & Solehudin, S. (2024). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Dengan Tumbuh Kembang Anak. Journal Of Nursing Education And Practice, 3(3), 91-101.

ARIFAH, A. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Playdough Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Toddler (Usia 1-3 Tahun) (Doctoral Dissertation, STIKES BINA SEHAT PPNI).

Bening, T. P., & Ichsan, I. (2022). Analisis Penerapan Pengetahuan Orang Tua Dalam Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 853-862.

Hanum, P., Kamaliah, K., Purba, J., Karlina, K., Nasution, K. S., & Sitorus, K. (2024). Hubungan Ketepatan Penggunaan Baby Walker Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 12-18 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Langsa Kota. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4(1), 361-371.

Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 64. Https://Doi.Org/10.26714/Jkj.6.2.2018.64-70

Hiqma, F., Munir, Z., & Sholehah, B. (2023). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Ibu Berkarier Dan Tidak Berkarier Terhadap Tumbuh Kembang Anak Pada Usia Toddler. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(1), 305-314.

Jannah, R. Dan Pujiani. (2019). PengaruhBabyWalkerTerhadap Usia Berjalan Anak Toddler, Prosiding Seminas, 1(2)

Kementerian Kesehatan RI. (2016). PedomanPelaksanaanStimulasi,Deteksi,DanIntervensiTumbuh Kembang Anak. Jakarta

Melinda, A. (2022). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Tentang Karies Gigi Pada Orang Tua Kelas I Di SDN 3 Girimukti Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya).

Notoatmodjo (2007). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Pursitasari, I., Wijaya, A., & Helfiyanti, Y. (2021). Efek Stimulasi Dini Menggunakan Baby Walker Dan Balance Bike Pada Perkembangan Motorik Anak. Jurnal Bahana Kesehatan Masyarakat (Bahana Of Journal Public Health), 5(2), 72-77.

Safrudin, S., Masitoh, S., & Batlajeri, J. (2023). Faktor-Faktor Yang BerhubunganDenganKemampuanBerjalan Batita Di Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 8-15.

Sari, R. (2020). Hubungan Pengetahun,SikapDanPendidikan Ibu Tentang Stimulasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-5 Tahun Di Puskesmas Lamasi. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 6(2), 17-25. 25

Surhayat, Yayat. (2021). Hubungan Antara Sikap, Minat, Dan PerilakuManusia.Https://Nanopdf.Com/Download/Hubungan-Antara-Sikap-Minat-Dan_Pdf Diakses 27 Mei 2021

Wahyuni, C. (2018). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Tentang Stimulasi Dini Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 1-3 Tahun Di Kelurahan Balowerti Kota Kediri. Journal For Quality In Women’s Health, 1(2): 35–42. Doi: 10.30994/Jqwh.V1i2.15

Yuniar, D. P. (2022). Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini. Bayfa Cendekia Indonesia.

Zaldym.(2010). Peran Dan Fungsi Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Google: Http://Zaldym.Wordpres.Com/2010/07/17/Peran-Dan- Fungsi-Orang-Tua-Dalam-Mengembangkan-Kecerdasan-Emosional-Anak//. Diakses: 17/10/2010

Zukunft, B. (1993). Senam Bayi Modern Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, Hal. 62- 65 Activa




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i8.15179

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler