Aplikasi “W-Triangle” Efektif Meningkatkan Pengetahuan Underwear Rules Pada Anak Usia Sekolah
Sari
ABSTRACT
School age children are children aged 7 - 12 years who are at a stage of development both cognitively, physically, morally and socio-emotionally. This stage begins with the child's entry into the school environment and the child's relationships with other people. According to KPAI data, the highest cases of sexual violence in 2021 were recorded including 536 cases of sexual abuse (62%), 285 cases of rape/coitus, 29 cases of same-sex sexual abuse (3%), 9 cases of same-sex sexual intercourse (1%). ). Providing educational education is facilitated with the help of media that makes understanding easier, including text (booklets), images (posters), sound (radio), audio visuals (video), other media can be objects such as mock ups. One of them uses device technology in the form of an application. The aim of this research is to determine the difference in the influence of education using digital booklet media and the "w-triangle" application on knowledge of underwear rules in school-aged children at SDN Angke 05 Pagi, West Jakarta. This research design uses a two-group pretest-posttest design without control. The sample for this research was taken using proportionate stratified random sampling with a total of 70 children divided into 35 children in the digital booklet education group and the "w-triangle" application. The research results showed that there was a difference in the effect of intervention using digital booklet media and the "w-triangle" application on knowledge of underwear rules with p value = 0.001 (p>0.005). There is a confounding factor that provides the "w-triangle" application on changes in children's knowledge, namely the environment, with p value = 0.012 (p<0.005). Based on the research results, it is suggested that application media can be recommended as an educational medium in pediatric nursing services to prevent sexual violence in school-aged children.
Keywords: School Age Children, "W-Triangle" Application, Digital Booklet, Knowledge Of Underwear Rules.
ABSTRAK
Anak usia sekolah adalah anak dengan rentang usia 7 -12 tahun berada pada tahap perkembangan baik secara kongnitif, fisik, moral, maupun sosio-emosional. Pada tahap ini dimulai dengan masuknya anak ke lingkungan sekolah dan hubungan anak dengan orang lain. Menurut data KPAI menjelaskan kasus tertinggi kekerasan seksual di tahun 2021 tercatat diantaranya pencabulan sebanyak 536 kasus (62%), pemerkosaan/persetubuhan 285 kasus (33%), pencabulan sesama jenis 29 kasus (3%), persetubuhan sesama jenis 9 kasus (1%). Pemberian edukasi pendidikan difasilitasi dengan bantuan media yang mempermudah pemahaman diantaranya seperti teks (booklet), gambar (poster), suara (radio), audio visual (video), media lainnya dapat berupa objek seperti model tiruan (mock up). Salah satu di antaranya menggunakan teknologi gawai yang berupa aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh edukasi menggunakan media booklet digital dan aplikasi“w-triangle” terhadap pengetahuan underwear rules pada anak usia sekolah di SDN Angke 05 Pagi Jakarta Barat. Desain penelitian ini menggunakan two-group pretest-posttest design without control. Sampel penelitian ini di ambil dengan cara proportionate stratified random sampling dengan jumlah 70 yang dibagi menjadi 35 anak pada kelompok edukasi booklet digital dan aplikasi “w-triangle”. Hasil penelitian didapatkan ada perbedaan pengaruh intervensi menggunakan media booklet digital dan aplikasi “w-triangle” terhadap pengetahuan underwear rules dengan p value = 0.001 (p>0.005). Ada pengaruh faktor confounding pemberian aplikasi “w-triangle” terhadap perubahan pengetahuan anak yaitu lingkungan dengan p value = 0.012 (p<0.005). Berdasarkan hasil penelitian disarankan media aplikasi dapat direkomendasikan sebagai salah satu media edukasi dalam pelayanan keperawatan anak guna mencegah kekerasan seksual pada anak usia sekolah.
Kata Kunci: Anak Usia Sekolah, Aplikasi “W-Triangle“, Booklet Digital, Pengetahuan Underwear Rules.
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Alligood, M. R. (2006). the nature of knowledge needed for nursing practice. nursing theory, 3-15.
Alligood, M.R., Tomey, A.M. (2014). nursing theorists and their work. mosby.
Ambarwati, K. (2018). Efektivitas booklet sebagai media promosi terhadap peningkatan pengetahuan tentang kekerasan seksual pada anak. Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Anggraeni, L. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan orang tua terhadap pendidikan seksual pada anak usia dini di sekolah dasar kartika VIII-5 Jakarta selatan tahun 2014. Golden age: jurnal pendidikan anak usia dini, 1(2).
Anis, Muhamad. (2018). Pembinaan anak tanpa kekerasan menurut undang-undang no. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak (Studi Kasus di Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar). Jurnal Al-Qadau. Vol .5. No. 1.
Armini, M, W. (2020). Meningkatkan self efficacy ibu hamil dalam pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif melalui edukasi dengan metode demo-demo di desa batu bulan kangin. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat (JPMS), 2(2). https://doi.org/10.33992/ms.v2i2.1008
Arsa, N. M. R. A., Ujianti, P. R., & Astawan, I. G. (2021). Media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman seksual pada anak kelompok b taman kanak-kanak. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 156-164.
Azizah, N. N., Niam, F., & Prastowo, A. Y. (2022). Pengembangan media pembelajaran booklet materi benda di sekitar kelas 3 untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar. Patria Eduacational Journal (PEJ), 2(1), 60–69. https://doi.org/10.28926/pej.v2i1.96
Batlajery, J., Maryanah, M., Masitoh, S., Raidanti, D. D., & Wahidin, W. (2023). Perbedaan edukasi dengan media video animasi dan media leaflet terhadap pengetahuan tentang edukasi seks untuk pencegahan kekerasan seksual. Jurnal JKFT, 8(2), 24-31.
Beri, E. S., & Sutini, T. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi “si pesek”(stop tindakan pelecehan seksual) terhadap pengetahuan tentang personal safety skill pada anak usia prasekolah di TK Manba’ul Huda Bekasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(2), 199-207.
Bjørnsen, H. N., Espnes, G. A., Eilertsen, M. E. B., Ringdal, R., & Moksnes, U.K. (2019). the relationship between positive mental health literacy and mental well-bein
Dahlia, S., Yusran, S., & Tosepu, R. (2022). Analisis faktor penyebab perilaku pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur di Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan. Ilmiah Ilmu Keparawatan, 13(3), 169–179.
Damayanti, M., Anni, C. T., & Mugiarso, H. (2018). Layanan informasi dengan media gambar untuk meningkatkan pemahaman sex education siswa. indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 7(1), 37–44. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Dermawan, V. I., Sukaesih, N. S., & Lindayani, E. (2023). Pengaruh Pendidikan Seksual Dengan Media Puzzle Telur Pintar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1086-1092.
Dewisnawati, D., Stang, S., & Salmah, A. U. (2016). Hubungan karakteristik dengan perilaku seksual anak jalanan di kota makassar. media kesehatan masyarakat Indonesia, 12(1), 47-53.
Dian Andesta Bujari (2018). analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar, tahun 2018.Jurnal Pendidikan.
Diana, I. (2014). Klasifikasi kekerasan seksual pada anak. Jurnal Metodik Didaktik Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang.
Erlinda, 2014. Upaya peningkatan anak dari bahaya kekerasan, pelecehan dan eksploitasi. Komisioner KPAI, Jakarta.
Gustina, E. & Djannah, S.N. (2015). Sumber informasi dan pengetahuan tentang menstrual hygiene pada remaja putri. 10 (2): 147-152.
Harahap, A. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan pembelajaran berbasis TIK di SD IT Al-Khoiriyah dalam penerapan berbasis online. shanun: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 44-49.
Hasanah, A., Rahayu, S. R., & Kuswardinah, A. (2019). The effect of parenting, teacher’s role, and peers on children’s personal safety skills in tangerang. Public Health Perspective Journal, 4(3), 164–170.
Ilmiah, J. P. (2022). Edukasi seks berbasis permainan puzzle untuk meningkatkan. 14(36), 49–61.
Istiqomah Aprilaz. (2016). Perbandingan efektivitas antara metode video dan ivo diana, (2014). klasifikasi kekerasan seksual pada anak. jurnal metodik didaktik universitas pendidikan indonesia kampus serang.
Justicia, R. 2016. Program underwear rules untuk mencegah kekerasan seksual pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 09, 217-232.
KPAI. (2020). Siaran Pers Siaran Pers (Vol. 519, pp. 6–8).
Lestari, D. A., & Awaru, A. O. T. (2020). Dampak pengetahuan seksual terhadap perilaku seks remaja di kecamatan manggala kota makassar. jurnal sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan,21.https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13885
Lestari, M. (2017). Hak anak untuk mendapatkan perlindungan berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan. UIR Law Review, 1(02), 183–190.
Maharani, L. N., Sanyata, S., & Pascasarjana, P. (2019). Media pendidikan seks di sekolah dasar: Mana yang lebih baik. 1(2), 117–124.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., Yulia Citra, A., Schulz, N. D., د ,غسان., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Mutnawasitoh, A. R., Rahmawatie, D., Budi, R., Noorratri, E. D., & Surakarta, U. A. (2021). Pencegahan pelecehan seksual anak usia dini dengan buku cerita bergambar abstrak latar belakang: children sexual abuse (csa) merupakan bentuk kepedulian orang tua dan masyarakat , mengingat fenomena yang terjadi tahunnya . orang tua berperan penting da. 19, 31–42.
Nurani, Yuliani. (2013). Konsep dasar anak usia dini, Jakarta: Pt Indeks. Nurbaya, S., & Qasim, M. (2018). Penerapan pendidikan seks (underwear rules) terhadap pencegahan kekerasan seksual pada anak dan orang tua di sd negeri 52 welonge kabupaten soppeng. media kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 13(2), 19. https://doi.org/10.32382/ medkes.v13i2.612.
Retnaningsih, R. (2016) “Hubungan pengetahuan dan sikap tentang alat pelindung telinga dengan penggunaannya pada pekerja di Pt. X,” Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 1(1), hal. 67. doi: 10.21111/jihoh.v1i1.607
Russell, D., Higgins, D., & Posso, A. (2020). Preventing child sexual abuse: A systematic review of interventions and their efficacy in developing countries. Child abuse & neglect, 102, 104395.
Ruwaida, H. (2019). Proses kognitif dalam taksonomi bloom revisi: analisis kemampuan mencipta (c6) pada pembelajaran fikih di mi miftahul anwar desa banua lawas. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51-76.
Saleha, N., Delfina, R., Yustisia, N., Aprilatutini, T., Nurlaili, N., & Sardaniah, S. (2021). Sosialisasi program undewear rules untuk meningkatkan keterampilan melindungi diri pada anak prasekolah. media karya kesehatan, 4(2), 206–217. https://doi.org/10.24198/mkk.v4i2.32275.
Saleha, N., Sardaniah, Nurlailli, & Aprilatutini, T. (2022). Created mother for able technology and to protect children from sexual abuse with the “Hai Dia” application. procedia of social sciences and Humanities, 3(c), 574–579. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.112.
Schoeppe, S., Alley, S., Rebar, A. L., Hayman, M., Bray, N. A., Van Lippevelde, W., ... & Vandelanotte, C. (2017). Apps to improve diet, physical activity and sedentary behaviour in children and adolescents: a review of quality, features and behaviour change techniques. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14, 1-10.
Shadrina, A. N. (2019). Analisis pengaruh pemberian media leaflet dan video terhadap pengetahuan, sikap, dan norma subjektif tentang gizi seimbang pada Siswa SMP Negeri 177 dan 161 di Jakarta Selatan tahun 2019= Analysis of the effect of leaflet and video media with knowledge, attitude, and subjective norms on balanced nutrition in 177 and 161 Public Middle School in South Jakarta in 2019.
Solehati, T., Septiani, R. F., Muliani, R., Nurhasanah, S. A., Afriani, S. N., Nuraini, S., Fauziah, S., Pratiwi, S. D., Alam, S. P., Hermayanti, Y., Kosasih, C. E., & Mediani, H. S. (2022). Intervensi bagi orang tua dalam mencegah kekerasan seksual anak di indonesia: scoping review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2201–2214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1914.
Wawan, A Dan Dewi, M. (2010). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
World Helath Organization. (2023, July). Violence Againts Children. Retrieved Juli 16, 2023
Wulandari, R., Renny, Y. A., & Maharani, A. (n.d.). pengaruh edukasi melalui booklet tentang kekerasan seksual terhadap tingkat pengetahuan remaja putri di man 2 ketapang the effect of education with booklets about sexual violence on the level of knowledge at adolescents at man 2 ketapang
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i9.15347
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler