Intensitas Penggunaan Gadget pada Siswa SMP Swasta di Lubuk Pakam
Sari
ABSTRACT
Intensity of gadget use is the level of gadget use in humans which is thought to be influenced by several characteristics, namely characteristics related to self Alone and the environment. This research was conducted on junior high school children. Intensity of gadget use among junior high school children in Lubuk Pakam school students This research method use is descriptive. The research results show the of the 48 respondents who used gadgets the highest was in the medium category as much as 89.6% (43 respondents). After conducting research, the results showed that the intensity of gadget use in teenagers (junior high school) was highest in the moderate category, so it was suggested that parents need to monitor the duration of gadget use in children to prevent addiction and reduce other negative impacts.
Keywords: Intensity Of Gadget Use, Adolescent
ABSTRAK
Intensitas penggunaan gadget merupakan tingkat penggunaan gadget pada manusia yang diduga dipengaruhi oleh beberapa karakteristik yaitu karakteristik yang berkaitan dengan diri sendiri dan lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada anak SMP. Intensitas penggunaan gadget pada siswa SMP di sekolah Lubuk Pakam. Penggunaan metode penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari 48 responden yang menggunakan gadget paling tinggi berada pada kategori sedang sebanyak 89,6% (43 responden). Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa intensitas penggunaan gadget pada remaja (SMP) paling tinggi berada pada kategori sedang, sehingga disarankan agar orang tua perlu memantau durasi penggunaan gadget pada anak untuk mencegah kecanduan dan mengurangi dampak negatif lainnya.
Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Gadget, Remaja
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Akbari, S. (2019). Dampak Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah & Komunikasi Uin Ar-Raniry ).
Ati, N. U., & Abidin, A. Z. (2019). Gadget Dan Mahasiswa (Studi Tentang Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Mahasiswa Di Universitas Brawijaya). Respon Publik, 13(3), 21-29.
Dalimunthe, S. F., Simanjorang, V. B., Pulungan, R. A., & Domianda, P. (2024). Trend Penggunaan Media Sosial Dalam Interaksi Sosial Remaja. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 2(5), 152-158.
Deswita, Dkk. (2023). Sosialisasi Perkembangan Pola Pikir Remaja Di Era Globalisasi Dan Teknologi. Journal Of Social Outreach, 2, No.1.
Fitriana, A. A. ( 2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, Volume 05 Nomor 02, Issn:2548-4044.
Frances Jumoke Oloidi, P. A. ( (2022) ). Academic Burnout Among Undergraduate History Students Effect Of An Intervention. Medicine, 101:7 .
Hastri Rosiyanti, Rahmita Nurul Muthmainnah. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 No. 2, 2614-8234.
Hyangsewu Pandu, Dkk. (2021). Efek Penggunaan Gadget Terhadap Social Behavior Mahasiswa Dalam Dimensi Globalisasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14 (2), 127-136.
Hyangsewu, P., Islamy, M. R. F., Parhan, M., & Nugraha, R. H. (2021). Efek Penggunaan Gadget Terhadap Social Behavior Mahasiswa Dalam Dimensi Globalisasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 127-136.
Kurnia, I. (August 2015). Intensitas Penggunaan Smartphone Dan Perilaku Komunikasi (Studi Pada Pengguna Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Telkom). Article In Jurnal Sosioteknologi , Volume 14, Nomor 2 See Discussions, Stats, And Author Profiles For This Publication At: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/307528945.
Masnaini, M. (2021). Komunikasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Pada Peserta Didik Akibat Penggunaan Gadget Di Madrasah Aliyah Ma’had Ddi Pangkajene Kabupaten Sidrap (Doctoral Dissertation, Iain Parepare).
Mumbaasithoh, L., Ulya, F. M. A., & Rahmat, K. B. (2021). Kontrol Diri Dan Kecanduan Gadget Pada Siswa Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33-42.
Nurmala, I. (2020). Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental Dan Sosial:(Model Intervensi Health Educator For Youth). Airlangga University Press.
Pandu Hyangsewu, M. R. ( 2021). Efek Penggunaan Gadget Terhadap Social Behavior Mahasiswa Dalam Dimensi Globalisasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan,, 127-136 Available Online At: Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpip.
Rahman, M. H., Kencana, R., & Nurfaizah, S. P. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi Paud. Edu Publisher.
Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Jp2sd), 5(September 2017), 722–731. Https://Doi.Org/10.22219/Jp2sd.Vol5.No2.722-731
Safitri, D. R., & Rahdiana, N. (2024). Sosialisasi Edukasi Bahaya Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Pendidikan Desa Yang Berkualitas Di Sd Negri 01 Kertasari Rengasdengkok. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 3(1), 1-8.
Simanjuntak, J., & Wulandari, I. S. M. (2022). Gangguan Emosi Dan Perilaku Remaja Akibat Kecanduan Gadget. Malahayati Nursing Journal, 4(4), 1057-1065.
Suhartanti, L. (2016). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Narcissistic Personality Disorder Pada Pengguna Instagram Di Sma N 1 Seyegan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(8).
Ulfah, M. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-Anak Dari Bahaya Digital?. Edu Publisher.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i11.15373
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler