Analisis Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien IGD di RS Vina Estetika Medan
Sari
ABSTRACT
Patient safety is defined as a service that aims not to injure and harm patients or as a system in which hospitals make patient care safer. The target of compliance with patient identification correctly, effective communication with SBAR procedures, compliance by officers in maintaining hand hygiene, and compliance with identification of patients at risk of falling are still below 100%. The purpose of this study is to analyze the Implementation of the Emergency Room Patient Safety Program at the Vina Aesthetic Hospital Medan in 2021. This type of research is using descriptive descriptive with naturalistic nature. The data obtained through interviews with several main informants and additional informants, namely ER patients with the Triangulation method, can be concluded: Input (HR, every nurse or implementer in the ER has carried out patient safety well), Process (Patient Safety has been carried out in accordance with SOPs by applying maximum patient identification), Output (ER patient, feels that the identification has been carried out properly). The conclusion in this study is that the implementation of patient safety in the emergency room has been carried out following the patient safety SOP as much as possible.
Keywords: Patient Safety, Nurse, Hospital
ABSTRAK
Keselamatan pasien (patient safety) didefinisikan sebagai layanan yang bertujuan untuk tidak menciderai dan merugikan pasien ataupun sebagai suatu sistem yang dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman. Sasaran kepatuhan identifikasi pasien secara benar, komunikasi efektif dengan prosedur SBAR, kepatuhan petugas dalam menjaga kebersihan tangan, dan kepatuhan identifikasi pasien yang beresiko jatuh pencapaiannya masih berada dibawah 100%. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien IGD di RS Vina Estetika Medan Tahun 2021. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan kalitatif deskrftif dengan sifat naturalistik. Data diperoleh melalui wawancara beberapa informan utama dan informan tambahan yaitu pasien IGD dengan metode Triangulasi dapat disimpulkan: Input (SDM, setiap perawat atau pelaksana di IGD sudah melakukan pelaksanaan keselamatan pasien dengan baik), Process (Keselamatan Pasien yang sudah dilakukan dengan sesuai SOP dengan menerapkan identifikasi pasien secara maksimal), Output (Pasien Ruang IGD, merasa sudah dilakukan identifikasi dengan baik). Keseimpulan dalam penelitian ini bahwa pelaksanaan safety patient di ruang IGD sudah terlaksana mengikuti SOP keselamatan pasien semaksimal mungkin.
Kata Kunci: Keselamatan Pasien, Perawat, Rumah Sakit
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aditama, T. (2007). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Amir, H. A. P. S. A. H. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Nunukan Kalimantan Utara Periode Bpjs Tahun 2016.
Anggita Pasaribu, Rebecca Ivana. 2018. Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien (Patient Safety) Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2018. 141000075.Pdf. Diakses Pada 28 April 2020.
Ardila Bakhtiar, Ayu. 2021. Efektivitas Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto. Http://Repository.Unhas.Ac.Id/Id/Eprint/6416/2/E011171506_Skripsi%201-2.Pdf. Diakses Pada Tanggal 5 Desember 2021
Cahyono, A. (2015). Hubungan Karakteristik Dan Tingkat Pengetahuan Perawat Terhadap Pengelolaan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Widya, 1(1), 97-99.
Hamurwani, Siti. Denny, Hanifa Maher. Lestantyo, Daru. 2021. Analisis Implementasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Masa Pandemic Covid-19 Bagi Karyawan Di Rumah Sakit X Kabupaten Karanganyar. Https://Ejournal.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jmki/Article/View/35376/20010. Diakses Pada Tanggal 28 Novembe 2021
Hasibuan, S.P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Iskandar, E. (2017). Tata Kelola Dan Kepatuhan Penerapan Standar Patient Safety Penyakit Stroke Di Rumah Sakit Dr. Kanujoso Djatiwibowo Tahun 2015. Jurnal Arsi, 3(3), 169-180.
Jeseica, Nova Amelia. 2020. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Perawat Dengan Pelaksanaaan
Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit : Pendekatan Systematic Review. Http://Repository2.Unw.Ac.Id/1507/1/Nova%20amelia%20jesica_Artikel%20-%20nova%20amelia%20jesica.Pdf. Diakses Pada 18 November 2021
Jesicca Lubis, Agnes. 2020. Meningkatkan Keselamatan Pasien Dirumah Sakit, Terkait Dengan Masa Masa Pandemi Covid-19. File:///C:/Users/User/Downloads/Agnes%20jessica%20lubis%20_%20meningkatkan%20keselamatan%20pasien%20di%20rumah%20sakit,%20terkait%20dengan%20masa%20masa%20pandemi%20covid-19.Pdf. Diakses Pada 05 Desember 2021.
Kamisutara, M., Artaya, I. P., Purworusmiardi, T., & Purwanto, G. (2017). Penerapan Teknologi Informasi Pada Kondisi Early Warning Dalam Meminimalkan Tingkat Kematian Ibu Hamil Dan Bayi.
Komite Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi. 2020. Https://Rsud.Purworejokab.Go.Id/Ppid/Wp-Content/Uploads/2020/09/Program-Kerja-Ppi-Covid-19.Pdf. Diakses Pada Tanggal 28 November 2021
Permenkes 1988. Https://Www.Scribd.Com/Document/332947238/Permenkes-Nomor-159b-Tahun-1988-Tentang-Rumah-Sakit-Pdf Diakses Pada 20 Desember 2021
Permenkes. 2010. 4 Pmk No. 147 Ttg Perizinan Rumah Sakit.Pdf. Http://Bprs.Kemkes.Go.Id/V1/Uploads/Pdffiles/Peraturan/4%20pmk%20no.%20147%20ttg%20perizinan%20rumah%20sakit.Pdf. Diakses Pada 20 Desember 2021
Ramadhani, B. W. (2017). Peran Public Relations Dalam Membangun Current Image Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih (Bachelor's Thesis, Uin Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi).
Siagian, A. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Pt. Bumi Aksara.
Undang-Undang No. 44 Tahun 2009. Https://Jdih.Jabarprov.Go.Id/Page/Eksekusi_Download/Uu44-2009.Pdf. Diakses Pada 19 Desember 2021
Valentina, V. (2018). Pelaksanaan Standar Ketepatan Identifikasi Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Sinar Husni Medan Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 2(2), 327-333.
Yanhua, C., & Watson, R. (2011). A Review Of Clinical Competence Assesment In Nursing. Nurse Education Today, 31(8), 832.836. Doi:10.1016/J.Nedt.2011.05.003.
Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus Desain & Metode, Pt. Raja Grafindo Persada, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i11.15729
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler