Hubungan Implementasi Patient-Centered Care (PCC) dengan Kepuasaan Pasien Rawat Inap di RSU Martha Friska Brayan Medan
Sari
ABSTRACT
The preliminary survey revealed that 60% of patients still feel that they are not fully involved in the care process, possibly due to factors such as lack of information provided to the patients, limited time available for healthcare providers, and insufficient therapeutic communication. Moreover, 70% of patients feel that their care is not smoothly coordinated, possibly due to lack of coordination among healthcare providers, inadequate documentation (medical records), and insufficient patient information. The research utilized a quantitative research design, based on the positivist philosophy, to examine a specific population at Martha Friska Hospital in Medan. The population size was unknown, and the sample size was determined using the Lemeshow formula, resulting in 96 individuals. Data collection involved distributing questionnaires to inpatients to assess the impact of patient-centered care on satisfaction levels. Bivariate analysis, specifically the Chi Square test. The study conducted at RSU Martha Friska Brayan Medan in 2024 assessed the implementation of patient-centered care and its impact on inpatient satisfaction. The analysis revealed significant relationships between various aspects of patient-centered care and patient satisfaction. These findings highlight the importance of specific elements of patient-centered care in enhancing overall patient satisfaction. The research findings show that the aspects of patient-centered care (PCC) related to inpatient satisfaction at RSU Martha Friska Brayan Medan are respecting patient choices and judgment, emotional support, physical comfort, and information and education. However, factors such as continuity and transition, service coordination, and involvement of family and friends are not associated with patient satisfaction. Recommendations for RSU Martha Friska Brayan Medan to improve inpatient services include respecting patients' choices, providing physical comfort, emotional support, and health education to patients.
Keywords: Implementation, PCC, Patient Satisfaction, Hospital
ABSTRAK
Survei pendahuluan mengungkapkan bahwa 60% pasien masih merasa bahwa mereka tidak sepenuhnya terlibat dalam proses perawatan, mungkin karena faktor-faktor seperti kurangnya informasi yang diberikan kepada pasien, terbatasnya waktu yang tersedia untuk penyedia layanan kesehatan, dan komunikasi terapeutik yang tidak memadai. Selain itu, 70% pasien merasa bahwa perawatan mereka tidak terkoordinasi dengan lancar, mungkin karena kurangnya koordinasi di antara penyedia layanan kesehatan, dokumentasi (rekam medis) yang tidak memadai, dan informasi pasien yang tidak memadai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, berdasarkan filosofi positivis, untuk memeriksa populasi tertentu di Rumah Sakit Martha Friska di Medan. Ukuran populasi tidak diketahui, dan ukuran sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow, menghasilkan 96 individu. Pengumpulan data melibatkan penyebaran kuesioner kepada pasien rawat inap untuk menilai dampak perawatan yang berpusat pada pasien pada tingkat kepuasan. Analisis bivariat, khususnya uji Chi Square. Studi yang dilakukan di RSU Martha Friska Brayan Medan pada tahun 2024 menilai implementasi perawatan yang berpusat pada pasien dan dampaknya terhadap kepuasan rawat inap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek patient-centered care (PCC) terkait kepuasan rawat inap di RSU Martha Friska Brayan Medan adalah menghargai pilihan dan penilaian pasien, dukungan emosional, kenyamanan fisik, serta informasi dan edukasi. Namun, faktor-faktor seperti kontinuitas dan transisi, koordinasi layanan, dan keterlibatan keluarga dan teman-teman tidak terkait dengan kepuasan pasien. Rekomendasi RSU Martha Friska Brayan Medan untuk meningkatkan pelayanan rawat inap antara lain menghormati pilihan pasien, memberikan kenyamanan fisik, dukungan emosional, dan edukasi kesehatan kepada pasien.
Kata Kunci: Implementasi, PCC, Kepuasaan Pasien, Rumah Sakit.
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Badar, M. (2022, Juni). Manajemen Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Kaizen, 1-9.
Deciliawati, S. (2019). Hubungan Implementasi Patient Centered Care (Pcc) Dengan Insiden Keselamatan Pasien Di Ruang Intensive Care Unit (Icu) Rsal Dr. Mintohardjo Jakarta Pusat. Mintohardjo Jakarta Pusat. Upn Veteran Jakarta.
Fauzan, A., & Widodo, H. (2019). Hubungan Pelaksanaan Patient Centered Care Dengan Pengalaman Klien Rawat Inap Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidaan Dan Keperawatan, 505-518.
Friscila, I., Wijaksono, M. A., & Rizali, M. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Dalam Pemberian Discharge Planning Menggunakan Prinsip Patient Centered Care Di Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 13(2), 313-325.
Handayani, F. (2019). Hubungan Komunikasi Dan Reward Dengan Penerapan Patient Centered Care Di Instalasi Rawat Inap. Journal Of Borneo Holistic Health, 125-134.
Ilham, M. A. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Patient Center Care Terhadap Kepuasaan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rsu Mitra Medika Medan. Health And Science Journal Muhammadiyah, 58-66.
Marti, E., Andriani, S., & Letari, R. (2015). Studi Fenomenologi Penerapan Prinsip Patient Centered Care Pada Saat Proses Resusitasi Di Igd Rsud Saiful Anwar Malang. The Indonesian Journal Of Health Science, 73-89.
Nurdianna, F. (2017). Pelaksanaan Promosi Kesehatan Di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Promkes, 5(2), 217-231.
Pamungkas, F., Hariyanti, T., Prwastiningtyas, E., & Juhariah, S. (2016). Pengalaman Pasien Dirawat Inap Di Rumah Sakit Sebagai Upaya Penyusunan Strategi Pemasaran. Jam : Junal Aplikasi Manajemen, 109-119. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.18202/Jam23026332.14.1.12
Presiden Republik Indonesia. (2023). Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Rachma, A. H., & Kamil, H. (2019). Pelaksanaan Patient Centered Care Di Rumah Sakit Umum Kota Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 10(1), 1-10.
Riskiyah, R., Hariyanti, T., & Juhariah, S. (2017). Pengalaman Pasien Rawat Inap Terhadap Penerapan Patient Centered Care Di Rs Umm. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 358-363.
Riyanto, S., & Harmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Sleman: Penerbit Deepublish.
Rusmawati, A., Kristina, T. N., & Sujianto, U. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perawat Dalam Menerapkan Patient Centered Care (Pcc) Di Rumah Sakit (Studi Di Rsud Dr. Harjono Ponorogo Dan Rsud Dr. Iskak Tulungagung (Doctoral Dissertation, Diponegoro University).
S, F., Brady, G. S., & Derby. (2008). Patient Centered Care Improvement Guide 1. Oxford: Picker Institute.
Sekarini, R. (2018). Pengalaman Pasien Rawat Inap Pada Penerapan Patient Centered Care Di Rumah Sakit Estomihi Medan Tahun 2018. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Swandewi, R. N. M. D. A. (2024). Hubungan Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Petugas Ifrs Dengan Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Di Depo Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Mangusada (Doctoral Dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kauntitatif Dan Kualitatif Fan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiede, M., Akweongo, P., & Mcintyre, D. (2007). Exploring The Dimensions Of Access. Dalam The Economics Of Health Equity (Hal. 103-123). Cape Town: Cambridge University Press.
Windarti, S., Samad, M. A., Ngkolu, N. W., & Annisa, N. (2022). Pengaruh Penerapan Patient Centerde Care Terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar Tahun 2022. Pama Public Helath And Medicine Journal, 6-23.
Wiwi, S. W., & Samad , M. A. (2023). Pengaruh Penerapan Patient Centered Care Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar Tahun 2022. Public Health And Medicine Journal, 6-23.
Yulia, M. (2023). Hubungan Pelaksanaan Patient Centered Care (Pcc) Dengan Kepuasaan Pasien Rawat Inap. Jurnal Health Sains.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i11.15927
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler