Penerapan Sistem Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di RSUD Waluyo Jati
Sari
ABSTRACT
The first service that is directly related to patients is the registration service. The quality of health services can be improved to achieve optimal health. The effectiveness of patient registration services is one of the main indicators of improving the quality of hospital services. Therefore, patient registration services in hospitals and the factors that influence them are of interest to researchers. Customers who receive fast service do not have to wait long, which indicates high quality service. Substandard service at the registration counter can contribute to low customer satisfaction.9 The outpatient registration process at each health facility varies within the service system based on the institution's internal policies. However, there are still several obstacles in the outpatient registration process at the hospital, and some patients still do not fully understand the procedure. This study aims to provide a comprehensive overview of the outpatient registration services at Waluyo Jati Kraksaan Regional Hospital. At RSUD Waluyo Jati Kraksaan, a qualitative research approach was used through a series of direct observations and interviews. This research reveals that the outpatient registration system at RSUD Waluyo Jati Kraksaan operates both directly and indirectly. Several problems arose during the service process, including patients forgetting to bring identification.
Keywords: Registration, Service, Outpatient
ABSTRAK
Layanan pertama yang berhubungan langsung dengan pasien adalah layanan registrasi. Mutu pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Efektivitas pelayanan registrasi pasien merupakan salah satu indikator utama peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Oleh karena itu pelayanan pendaftaran pasien di rumah sakit serta faktor-faktor yang mempengaruhinya menjadi menarik bagi peneliti. Pelanggan yang mendapat pelayanan cepat tidak perlu menunggu lama, yang menandakan pelayanan berkualitas tinggi. Pelayanan yang kurang lancar di loket pendaftaran dapat berkontribusi terhadap rendahnya kepuasan pelanggan.9 Proses pendaftaran rawat jalan di setiap fasilitas kesehatan berbeda-beda dalam sistem pelayanan berdasarkan kebijakan internal institusi. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam proses pendaftaran rawat jalan di rumah sakit, dan sebagian pasien masih belum memahami sepenuhnya prosedurnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai pelayanan pendaftaran rawat jalan RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, pendekatan penelitian kualitatif digunakan melalui serangkaian observasi langsung dan wawancara. Penelitian ini mengungkapkan bahwa sistem registrasi rawat jalan RSUD Waluyo Jati Kraksaan beroperasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa permasalahan muncul selama proses pelayanan, antara lain pasien lupa membawa identitas.
Kata Kunci: Pendaftaran, Pelayanan, Rawat Jalan
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Agustina, M. D. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun (Doctoral Dissertation, Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun).
Butarbutar, M. H., Sanjana, I. W. E., Ose, M. I., Purnamayanti, N. K. D., Yusniawati, Y. N. P., Ismail, Y., & Rahmanti, A. (2023). Keperawatan Gawat Darurat. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Elliyanti, P., & Badoriasari, P. S. (2022). Tinjauan Sistem Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Ernaldi Bahar Provinsi Sumatera Selatan. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(3), 394-399.
Erlangga, G., & Anis, I. M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Uji Kendaraan Bermotor (Kir)(Studi Kasus: Dinas erhubungan Kabupaten Kudus) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Rahmawati, K. N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Medis, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Kebumen (Master's Thesis, Universitas Islam Indonesia).
Febriani, F. (2022). Hubungan Faktor Emosi, Fasilitas, Harga, Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Dalam Pelayanan Antenatal Care (Anc) Di Praktek Mandiri Bidan Ruswanti S. St Kota Bogor Tahun 2022 (Doctoral Dissertation, Universitas Indonesia Maju).
Handayany, G. N. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian Dan Kepuasan Pasien. Media Nusa Creative (Mnc Publishing).Haringan, G. M. R., Djalil, R. H., & Luneto, S. I. (2024). Hubungan Waiting Time Dan Length Of Stay Dengan Kepuasan Pasien Di Ruangan Intalasi Gawat Darurat Di Rsu Gmim Pancaran Kasih Manado. Protein: Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan., 2(1), 69-82.
Muslihudin, M. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan Uml. Penerbit Andi.
Rachmayanti, L. (2017). Gambaran Pelaksanaan Sistem Pelayanan Pasien Rujukan Rawat Jalan Pelayanan Tingkat Ii Pada Peserta Bpjs Di Rsai Bandung Tahun 2017 (Bachelor's Thesis, Uin Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 2017).
Ramadhani, Z. R. (2023). Laporan Kuliah Kerja Magang (Kkm) Kemudahan Layanan Yang Didapatkan Melalui Aplikasi Mobile Jkn Di Bpjs Kesehatan Kabupaten Jombang.
Salad, M. (2020). Pelayanan Pihak Rumah Sakit Swasta Terhadap Pasien Miskin Di Kota Lhokseumawe. Asia-Pacific Journal Of Public Policy, 6(1), 59-78.
Siahaan, A. A., Meliala, S. B., & Surbakti, A. N. (2024). Pelatihan Pelayanan Pendaftaran Online Dengan Aplikasi Whattapp Pada Pasien Di Rs Vina Estetika Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Arta, 5(2), 78-82.
Situmorang, M., Rahmawati, R., & Farhansyah, F. (2023). Gambaran Umum Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rs Santa Elisabeth Batam Kota. J-Remi: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 4(2), 45-51.
Soewardini, H. M. D., Lestari, R., Chamidah, D., Roosinda, F. W., Giri, K. R. P., Ramadhana, N., ... & Darmawan, G. (2021). Kajian Lintas Perspektif Ilmu Tentang Pandemi Covid 19. Penerbit Qiara Media.
Sudarsana, I. K. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(01), 1-14.
Suryadi, A. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penetapan Pelayanan Kunjungan Pasien Rawat Inap Dan Rawat Jalan Pada Unit Gawat Darurat.
Suryawinata, M. (2019). Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. Umsida Press, 1-144.
Walakandou, R. J. R., Ratag, G. A. E., & Korompis, G. E. C. (2021). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Waktu Tunggu Pasien Dalam Masa Pandemik Covid 19 Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit. Indonesian Journal Of Public Health And Community Medicine, 2(3), 046-057.
Wanita, I. K. Q. A. (2022). Gambaran Sistem Informasi Administrasi Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Prof. Dr. Ma Hanafiah Sm. Batusangkar (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat).
Wibowo, C. B. S. (2020). Inovasi “6 In 1” Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya (Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga).
Zamzami, F., Nusa, N. D., & Faiz, I. A. (2021). Sistem Informasi Ak
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i12.16136
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler