Edukasi Bahaya Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Perilaku Emosional Anak di Desa Sinarjaya Kecamatan Sobang Kabupaten Lebak Tahun 2024
Sari
ABSTRACT
In the current digital era, the use of gadgets or electronic devices such as smartphones, tablets and computers has become an integral part of everyday life. However, excessive or uncontrolled use of gadgets in children can have a negative impact on their development, especially in terms of emotional behavior. To determine the influence of education on the dangers of using gadgets on behavioral development on the development of children's emotional behavior in Sinarjaya Village, Sobang District, Lebak Regency in 2024. researchers used a check list sheet (questionnaire) to parents with the aim of finding out knowledge about the dangers of using gadgets and the development of children's emotional behavior based on SDIDTK guidelines. The research method uses a correlational analytical design with a cross sectional approach. The analysis carried out was univariate and bivariate analysis with the help of the SPSS computer program. statistical test using Spermman's Rho shows a Sig value. (2-tailed), namely 0.001<0.05, so it can be concluded that there is an influence of education on the dangers of using gadgets on the development of children's emotional behavior. The correlation coefficient obtained was +0.404, indicating a strong influence and positive pattern, meaning that the higher the mother's knowledge about the dangers of gadgets on the development of children's emotional behavior, the higher the level of emotional behavior disorders in children. It is hoped that all health workers will pay attention to providing information about handling gadget use in children
Keywords: Education, Gadget Use, Development of Emotional Behavior
ABSTRAK
Elektronik seperti smartphone, tablet, dan komputer telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan atau tidak terkontrol pada anak-anak dapat memiliki dampak negatif pada perkembangan mereka, terutama dalam hal perilaku emosional. Untuk Mengetahui Pengaruh Edukasi Bahaya Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Terhadap Perkembangan Perilaku Emosional Anak Di Desa Sinarjaya Kecamatan Sobang Kabupaten Lebak Tahun 2024. Peneliti menggunakan lembar check list (angket/kuesioner) kepada orangtua dengan tujuan mengetahui pengetahuan tentang bahaya penggunaan gadge dan perkembangan perilaku emosional anak berdasarkan pedoman SDIDTK. Metode penelitian menggunakan desain analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. analisis yang dilakukan yaitu analisis univariate dan bivariate dengan dibantu progam computer SPSS. uji statistik menggunakan Sperman’s Rho menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.001<0.05 sehingga dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Edukasi Bahaya Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Emosional Anak . Koefisien korelasi didapatkan nilai +0.404 menunjukkan pengaruh kuat dan berpola positif artinya semakin tinggi pengetahuan ibu tentang bahaya gadget terhadap perkembangan perilaku emosional anak maka semakin tinggi tidak mengalami gangguan perilaku emosional pada anak. Diharapkan pada seluruh tenaga kesehatan untuk memperhatikan menginformasikan tentang dengan memberikan penyuluhan tentang penanganan penggunaan gadget pada anak
Kata Kunci: Edukasi, Penggunaan Gadget, Perkembangan Perilaku Emosional
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Badriyah, L. (2020.). Penilaian Perkembangan Sosial Emosional, Moral Agama Anak Usia Dini Tk Aba 40 Brengkok Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19.
Chusna, P. A., & Al-Muslihun, S. (2018). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.
Chusna, P. A., & Al-Muslihun, S. (2021). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.
Diah Saputri, A., & Ayuning Pambudi, D. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini.
Elsi Rahmadani, Marlin Sutrisna, & Ravika Ramlis. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Prasekolah. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(4), 448–454. Https://Doi.Org/10.54259/Sehatrakyat.V1i4.1182
Handayani, L., Kusuma, M., Kesehatan Pengasuhan Anak Dan Kebutuhan Dan Bahaya, E., Sekar Wijaya, C., & Kusuma Dewi, M. (2020). Edukasi Pola Asuh Dan Bahaya Penggunaan Gadget. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ubb (Vol. 7, Issue 1).
Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2020). Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Vol. 1, Issue 5).
Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. El-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162-180.
Jasmidalis, D. A. S., Purnamasari, O., & Zulhaini, L. (2023). Edukasi Gadget Ramah Anak Usia Dini Bagi Orang Tua. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V4i1.149
Kemenkes. Ri.2022. Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Ri
Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Index
Nita, Y., Puswati, D., Devita, Y., Selfianti Program Studi, D. S., Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru, I., Tamtama, J., & Baru, L. (2023 ). Edukasi Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Kesehatan Mata Anak. Http://Jurnal.Globalhealthsciencegroup.Com/Index.Php/Psnpkm
Nuramdiani, D., (2023). Edukasi Bahaya Radiasi Elektromagnetik Dari Penggunaan Gadget Berlebih Pada Anak Dan Remaja. 7(3).
Octaviana, E., & Asih, S. W. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Paud Darul Aman Kabupaten Temanggung. Https://Journal.Amorfati.Id/Index.Php/Jipsi
Puspa Widya Lubis, S., Rahmiza Muzanna, S., Zaki, A., Askia, D., (2022). Edukasi Dampak Penggunaan Gadget Bagi Anak-Anak Gampong Lambunot Kabupaten Aceh Besar Pendidikan Ppkn, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Abulyatama Aceh, Indonesia 6). 6. Www.Youtu
Rahmi, P. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Dan Emosinal Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 19-44.
Rahmiati, Basri Aramico, Eddy Azwar (2022) Hubungan Perkembangan Karakter Anak Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Usia 3-6 Tahun Di Desa Bener Pepanyi Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah Tahun 2022 Https://Www.Pusdikra-Publishing.Com/Index.Php/Jkes/Article/View/894
Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. 7(3), 1236–1241. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i3.1379
Septi Anggraeni, “Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa Sdn Kebun Bunga 6 Banjarmasin,” Faletehan Health Journal, 6(2), 2019, 64-68.
Siti Romlah, L., Nur Azizah, N., Purnama, R., Sholihah, A., Raden Intan (2022). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Dimasa Pandemi Covid-19 Dalam Dunia Pendidikan (Vol. 3).
Situmorang, E. L., Agustin, D., Dayanto Butar-Butar, R., Siantajani, Y., Dewi, L., Telaumbanua, F., Yanti Waruwu, R., Teologi, P., Real Batam, S., Pk-Aud, P., & Batam, R. (2020). Edukasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial, Emosional Pada Anak Usia Dini. In Realcoster: Real Community Service Center Journal (Vol. 4, Issue 1).
Yanizon, A., Rofiqah, T., & Ramdani, R. (2019). Upaya Pencegahan Pengaruh Gadget Pada Anak Melalui Kegiatan Penyuluhan Dan Sosialisasi Dampak Gadget Kepada Ibu-Ibu Kelurahan Tanjung Uma. Minda Baharu, 3(2), 133. Https://Doi.Org/10.33373/Jmb.V3i2.2065
Yuhandra, E., Akhmaddhian, S., Fathanudien, A., & Tendiyanto, T. (2022.). Penyuluhan Hukum Tentang Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Gadget Dan Media Sosial. In Jurnal Pengabdian Masyarakat.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i2.16637
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler