Efektifitas Media Video Animasi dalam Peningkatan Pengetahuan tentang HIV pada Siswa/I di SMPN 24 Bekasi
Sari
ABSTRACT
HIV/AIDS is the biggest health problem found almost all over the world. The lack of information about HIV AIDS in adolescents can lead to promiscuity that leads to the transmission of HIV/AIDS infectious diseases, so it is necessary to provide information to help adolescents understand and realize how dangerous HIV/AIDS is. To find out the effectiveness of animated videos on increasing knowledge about HIV AIDS in students of SMPN 24 Bekasi. This study uses a quantitative research design with an experimental quasy research design of one group pretest post test design. The sample in this study is 80 students of SMPN 24 Bekasi. Data was obtained using a questionnaire and analyzed using the Paired Sample T-Test. The study showed that there was an effect of the effectiveness of anisami videos on increasing knowledge about HIV AIDS in students of SMPN 24 Bekasi with a p-value of 0.000 (<0.05). HIV/AIDS is the biggest health problem found almost all over the world. The lack of information about HIV AIDS in adolescents can lead to promiscuity that leads to the transmission of HIV/AIDS infectious diseases, so it is necessary to provide information to help adolescents understand and realize how dangerous HIV/AIDS is. To find out the effectiveness of animated videos on increasing knowledge about HIV AIDS in students of SMPN 24 Bekasi. This study uses a quantitative research design with an experimental quasy research design of one group pretest post test design. The sample in this study is 80 students of SMPN 24 Bekasi. Data was obtained using a questionnaire and analyzed using the Paired Sample T-Test. The study showed that there was an effect of the effectiveness of anisami videos on increasing knowledge about HIV AIDS in students of SMPN 24 Bekasi with a p-value of 0.000 (<0.05). Therefore, it can be concluded that the effectiveness of animated video media in increasing knowledge about HIV in students at SMPN 24 Bekasi in 2024, therefore, it is hoped that it can be used as an alternative choice of health education media for providing information in conveying education about adolescent sex.
Keywords: HIV AIDS, Knowledge, Animated Videos
ABSTRAK
HIV/AIDS merupakan masalah kesehatan terbesar yang terdapat hampir diseluruh dunia. Kurangnya informasi tentang HIV AIDS pada remaja dapat menjerumuskan pada pergaulan bebas yang mengarah terhadap penularan penyakit menular HIV/AIDS, sehingga perlu dilakukan pemberian informasi untuk membantu agar remaja memahami dan menyadari seberapa berbahayanya HIV/AIDS. Untuk mengetahui efektivitas video animasi terhadap peningkatan pengetahuan tentang HIV AIDS pada siswa/i SMPN 24 Bekasi. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain penelitian quasy eksperiment one group pretest post test desain. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa/i SMPN 24 Bekasi sebanyak 80 orang siswa. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Penelitian menunjukkan adanya pengaruh efektivitas video anisami terhadap peningkatan pengetahuan tentang HIV AIDS pada siswa/i SMPN 24 Bekasi dengan p-value 0,000 (<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya Efektifitas Media Video Animasi Dalam Peningkatan Pengetahuan Tentang HIV Pada Siswa/i Di SMPN 24 Bekasi Tahun 2024, oleh karena itu, diharapkan dapat dijadikan pilihan alternatif media edukasi kesehatan untuk pemberian informasi dalam menyampaikan edukasi tentang seks remaja.
Kata Kunci: HIV/AIDS, Pengetahuan, Video Animasi
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ananda Ismail, I., Febriyanti, A., Alif, D., Namira, A., Wicaksono, S., Nadeak, R. S., Ramadhan, T. D., Yusral, A., & Ardhana, W. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Pencegahan Hiv / Aids Pada Remaja. International Journal Of Academic Health And Medical Research, 6(5), 46–51. Www.Ijeais.Org/Ijahmr
Andi, H. (2019). Hiv/Aids Di Indonesia: Fenomena Gunung Es Dan Peranan Pelayanan Kesehatan Primer. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional(Nationalpublichealth Journal), 3(5), 236-240.
Angela, M., Sianturi, S. R., & Supardi, S. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Pencegahan Hiv/Aids Pada Siswa Smpn 251 Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 3(2), 67–72. Https://Doi.Org/10.22435/Jp Ppk.V3i2.1943
Anggraini, D. T., Triana, N. Y., & Wirakhmi, I. Netra. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv/Aids Di Smp Negeri 1 Bojongsari. Jurnal Inovasi Penelitian (Jip), 3(7), 7083–7090.
Anggraini, D. T., Triana, N. Y., & Wirakhmi, I. N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv/Aids Di Smp Negeri 1 Bojongsari. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 7083-7090.
Aspiawati, A. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Hiv/Aids.(Doctoraldissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. (2020). Profil Kesehatan Jawa Barat. Https://Diskes.Jabarprov.Go.Id/Informasipublik/Profil
Hapsari, A. F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Hiv/Aids Di Sma Negeri 1 Gamping.
Iskandar, I. F., R., M., & P., M. (2022). Perbedaan Tingkat Pengetahuan Antara Metode Ceramah Dan Penggunaan Video Animasi Dalam Penyuluhan Kesehatan Hiv/Aids Pada Siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 31–44.
Kamila, A., & Ismail, A. (2020). Edukasi Hiv/Aids “Gerakan 1000 Remaja Millenial Peduli Odha”(Gerserha) Di Ma Al-Mukhtariyah Kabupaten Bandung Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 201-208.
Kementerian Kesehatan Ri. (2020). Infodatin Hiv Aids.” Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 1–8.
Kementrian Kesehatan Indonesia. (2018). Laporan Perkembangan Hiv/Aids. Jakarta: Kementrian Kesehatan Indonesia.
Mashuri.(2020). Efektifitaspenggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkanpengetahuantentang Hiv/Aids. Jambura J Heal Sci Res. Published Online 2020.Doi:10.35971/Jjhsr.V1i2.2398
Mubayyina, F. (2020). Pengaruh Pendidikankesehatanterhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Kelas X Dan Xi Tentang Penularan Hiv/Aids Di Sma Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 1–12.
Nurdianti, R., Rahmawati, A., & Nuryani, W. D. (2023). Efektivitas Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Hiv/Aids. Mahesa: Malahayati Health Student Journal, 3(9), 2691-2702.
Pusat Data Dan Informasi, Kementerian Kesehatan Ri 92 (2020).Https://Doi.Org/10.4324/9781315700724-16
Ratnawati. (2019). Sosiologi & Antropologi Kesehatan Dalam Perspektif Ilmu Keperawatann(: Pustaka Riham (Ed.)).
Sovia. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Penyakit Hiv/Aids. Skirpsi. Jurusan Keperawatan, Poltekkes Kemenkes
Suharti, S., & Daryono, D. (2020). Efektifitas Video Berdialek Bahasa Jambi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Penyakit Hiv/Aids Pada Remaja Di Sman 8 Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 418-423.
Tarigan, E. R. (2018). Efektifitas Promosi Kesehatan Dengan Media Leaflet Dan Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Hiv/Aids Di Sma Negeri 1 Berastagi. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i3.16765
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler